hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Granit Xhaka, Kedatangan yang Melegakan

Granit Xhaka, Kedatangan yang Melegakan
Granit Xhaka merampungkan saga transfer ke Arsenal, Rabu (25/05/2016). Sumber foto: Dailymail

#GunnerGranit, hashtag ini menjadi trending topic media sosial Twitter pada hari Rabu, 25 Mei 2016, setelah gelandang Borussia Moenchengladbach, Granit Xhaka, resmi dipinang Arsenal dengan durasi kontrak maksimal, 5 tahun, dengan nilai transfer berkisar antara 30-35 juta poundsterling. Saga transfer ini tentu saja melegakan semua elemen di tubuh Arsenal terutama para fans setianya, karena sudah sering dalam banyak tahun sebelum ini, nama-nama besar yang dihubungkan dengan The Gunners hampir selalu kandas di tengah jalan. Menilik banyaknya gelandang Arsenal yang pergi meninggalkan klub untuk kompetisi musim depan, kedatangan Xhaka ibarat baterai baru yang akan terus menyuplai tenaga Arsenal mengarungi musim baru.

Aksi Xhaka bersama Gladbach. Sumber: Mirror
Sebagus Apa Seorang Granit Xhaka?

Kedatangan Xhaka termasuk sangat dielu-elukan, terutama tentu saja oleh para Gooners, julukan pendukung Arsenal. Benarkah dia sebagus itu? Dua pemain datang ke Premier League dari Bundesliga Jerman dalam waktu yang hampir bersamaan, namun nama Xhaka memang sedikit lebih familiar di telinga para penggemar sepakbola ketimbang Loris Karius. Tak aneh, karena Xhaka turut ikut andil mengantarkan negaranya Swiss mencapai babak 16 besar Piala Dunia 2014 lalu.

Granit Xhaka dikenal karena figure presence-nya di lapangan tengah yang cukup menonjol. Tipikal pemain muda yang memiliki energi besar dan ditunjang body balance nan tangguh. Tak hanya itu, visinya terhadap permainan juga amat tajam, yang disempurnakan dengan kelihaiannya memberikan umpan-umpan terukur dan mematikan. Banyak orang yang bilang bahwa Xhaka adalah perpaduan sempurna antara Bastian Schweinsteiger dengan Xabi Alonso. Silakan Anda bayangkan betapa menariknya sosok Xhaka ini.

Sesi foto Xhaka berseragam Arsenal. Sumber: Dailymail
Secara sekilas, kedatangan Xhaka akan merevolusi lini tengah Arsenal menjadi lebih powerful namun sekaligus tetap cantik dan elegan. Xhaka bisa berduet dengan Santi Cazorla yang mulai sembuh dan menciptakan angin tornado dahsyat bagi pertahanan lawan. Jika Santi masih belum bisa tampil, masih ada Mohamed Elneny, yang sejatinya bertipe sama, untuk membangun serangan dari sisi dalam sekaligus menjadi benteng pertahanan pertama yang kokoh, yang akan memudahkan para pemain depan Arsenal leluasa menyerang. Elneny cedera? Tak usah khawatir. Dalam keadaan paling buruk, Xhaka bisa disandingkan dengan Francis Coquelin, yang akan menciptakan duet destroyer untuk merusak ritme permainan lawan. Hei, kami tidak melebih-lebihkan, memang seperti itulah kualitas seorang Granit Xhaka.

Apa Kata Mereka?

"Xhaka adalah seorang pemimpin. Dia memang tidak selalu bertindak benar, bagaimanapun juga dia masih muda. Tapi dia selalu bertanggungjawab. Itulah sebabnya dia akan selalu menjadi kapten tim saya" - Andre Schubert, pelatih Borussia Moenchengladbach.

"Granit memiliki ambisi besar dan kepercayaan diri tinggi untuk mencapai level tertinggi dalam karirnya. Kendati demikian, hal itu tidak lantas membuatnya menjadi sosok yang angkuh. Justru sebaliknya, dalam sudut pandang sosial, dia selalu menghormati teman di klub yang lebih senior. Itu sudah lebih dari cukup untuk menggambarkan intelegensi sosialnya yang tinggi. Dia tidak suka konflik dan sangat bertanggung jawab" - Vladimir Petkovic, pelatih Swiss.

"Xherdan Shaqiri adalah talenta terbaik Swiss saat ini... setelah Xhaka" - Thorsten Fink, eks pelatih Basel (klub profesional pertama sekaligus akademi dimana Xhaka menimba ilmu)


Dengan dipastikan akan hengkangnya 3 pilar lini tengah Arsenal musim depan, Tomas Rosicky, Mathieu Flamini dan juga Mikel Arteta yang pensiun, kedatangan Granit Xhaka jelas bak hujan di padang tandus, melegakan.
Share This :