hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Loris Karius, Deputi atau Suksesor?

Loris Karius, Deputi atau Suksesor?
Loris Karius sukses ditransfer Liverpool dari Mainz. Dipercaya fans sebagai pengganti Mignolet. Sumber: Dailymail

Liverpool resmi mendapatkan kiper Mainz berusia 23 tahun berkebangsaan Jerman, Loris Karius, dengan mahar transfer sebesar 4,7 juta poundsterling. Karuan saja, kedatangan Karius langsung dibanding-bandingkan dengan kiper utama The Reds musim lalu, Simon Mignolet. Meski Mignolet bisa dibilang tampil cukup bagus sepanjang musim 2015/2016 lalu, tidak sedikit fans yang kesal terhadap kiper ke-2 Belgia itu karena cukup sering melakukan blunder-blunder fatal. Menurut catatan statistik yang dibuat Squawka, Mignolet setidaknya melakukan 4 kali personal error yang berakibat Liverpool kehilangan 8 poin, alias andai blunder-blunder itu tak dilakukan, The Reds bisa saja menembus zona Champions League musim depan! Wah..., bisa dibayangkan betapa kesalnya para fans The Reds dan mungkin juga Juergen Klopp dengan situasi tersebut.

Loris Karius menciptakan 9 clean sheets musim 2015/2016
Siapa itu Loris Karius?

Saya cukup yakin, bagi penggemar sepakbola umum yang tidak terlalu mengistimewakan Bundesliga, nama Loris Karius pastilah masih asing. Meski saat ini sepakbola Jerman tengah dilimpahi talenta-talenta berbakat khususnya di sektor kiper, fans bola umum pastilah lebih mengenal nama-nama semacam Manuel Neuer, Bernd Leno, ataupun Marc-Andre ter Stegen. Karius? Karius who?

Tak banyak yang tahu, Loris Karius ternyata pernah menghabiskan masa remajanya di tim junior Manchester City, menjadikannya satu dari sedikit pemain Jerman yang pernah menimba ilmu di Inggris. Sayangnya saat itu pihak City menilai Karius tidak terlalu bagus atau tidak memenuhi kriteria yang mereka harapkan. Jadilah Karius 'dipulangkan' ke Jerman untuk kemudian membela Mainz. Di Mainz ternyata Karius dapat berkembang dengan pesat. Di usia 19 tahun ia sudah sanggup menembus tim utama dan terus menjadi andalan sejak saat itu. Musim lalu, Karius menjadi satu dari 7 pemain Bundesliga yang selalu turun sebagai starter alias tak tergantikan! Meski secara statistik sebenarnya tidak lebih baik dari Mignolet, namun banyak yang percaya perkembangannya akan menggila di bawah asuhan Klopp.



Statistik perbandingan Simon Mignolet vs Loris Karius. Sumber foto: The Telegraph

Selain data statistik di atas, Loris Karius juga dikenal para koleganya di Mainz sebagai sosok yang cukup galak saat mengatur barisan pertahanan. Yep, tepat sekali, tipe pemain seperti inilah yang biasanya mampu memberikan rasa aman di jantung pertahanan sebuah tim, sesuatu yang jelas amat dibutuhkan Liverpool saat ini. Karius juga dikenal sebagai pribadi yang tenang terutama saat tim menghadapi tekanan. Lagi-lagi, pada poin ini Karius boleh dibilang unggul atas Mignolet karena kiper utama The Reds musim lalu itu justru sering blunder di saat timnya tengah tertekan.

Dengan segala keunggulan itu apakah Karius sudah pasti akan menggantikan Mignolet sebagai penjaga gawang utama Liverpool musim depan? Belum tentu. Seperti dapat Anda lihat dari infografik di bawah ini, Mignolet ternyata memiliki distribusi sukses yang lebih baik daripada Karius.

Karius vs Mignolet versi Squawka

Sekarang keputusan ada di tangan Klopp sepenuhnya. Akan diplot sebagai apakah Loris Karius musim depan? Menjadi suksesor Mignolet dan memercayakan sepenuhnya gawang The Reds pada pemuda Jerman ini, ataukah menjadi deputi Mignolet mengingat ini adalah pengalaman pertamanya di Premier League? Kami rasa peluangnya akan 50:50 karena Mignolet pun, seperti kata Klopp sendiri, masih bisa terus berkembang dan tentunya lebih berpengalaman. Kami pikir jumlah keduanya muncul di starting line-up akan berimbang. Bagaimana pendapat Anda?
Share This :