hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Mahkota La Liga, Milik Siapa?

Mahkota La Liga, Milik Siapa?
Para pemain Barcelona berusaha menjauhkan kenangan pahit. Sumber foto: Goal

Jelang pekan terakhir musim 2015/2016 ini, rupanya La Liga menjadi satu-satunya dari 5 Liga Teratas Eropa yang belum memunculkan jawaranya. Barcelona dan rival abadi mereka, Real Madrid, mesti terus berjibaku sampai pekan terakhir malam nanti untuk menentukan siapa yang terbaik. Anak-anak Catalan memimpin perburuan gelar juara ini dengan keunggulan 1 poin atas Madrid, dan sebuah kenangan buruk yang berpeluang merusak pesta yang telah disiapkan.

Kenangan buruk itu terjadi 2 musim lalu, dimana di stadion yang sama yang akan mereka kunjungi malam nanti, El Stadio Los Carmenes, kandang milik Granada, Barcelona yang tentu saja jauh diunggulkan saat itu, ternyata malah kalah dengan skor 1-0. Akibatnya pun sangat buruk. Blaugrana disalip Atletico Madrid yang kemudian terus mampu menjaga performanya hingga menjadi yang terbaik musim itu. Secara keseluruhan pun ternyata Granada memang sulit ditaklukkan oleh Barca. Dari 4 pertemuan terakhir di Los Carmenes, Leo Messi dkk hanya sekali saja sanggup menang lebih dari selisih 1 gol, tidak seperti kebanyakan tim papan bawah lain yang begitu mudahnya dihancurkan raksasa Catalan ini.

Kendati demikian, Granada tidak memiliki kepentingan apa-apa pada pertandingan ini. Secara matematis mereka sudah aman dari jangkauan degradasi gara-gara kemenangan fantastis yang berhasil diraih pekan lalu di kandang Sevilla. Andai pekan terakhir La Liga adalah pekan lalu, bisa dipastikan Barcelona akan mendapatkan masalah.

Madrid siap terus mengejar kemenangan meski tahu nasibnya ditentukan pertandingan lain. Sumber: Goal

Pada medio tahun 2010-an ke bawah, Deportivo La Coruna, tim yang akan menjadi lawan Real Madrid di pertandingan terakhir malam ini, sejatinya adalah lawan yang sangat menakutkan bagi Los Merengues. Pemegang mahkota La Liga terbanyak ini hampir selalu kalah di Stadion Riazor, kandang Super Depor. Beruntung bagi Madrid, memasuki medio tahun 2010-an ke atas, Deportivo yang sempat mengalami kebangkrutan, bukan lagi lawan yang sama.

Setelah berhasil melewati krisis finansial dan akhirnya kembali ke kasta tertinggi Liga Spanyol, wajah baru Deportivo La Coruna justru sering menjadi bulan-bulanan para raksasa La Liga ketimbang menyulitkan mereka seperti sebelum-sebelumnya. Riazor bukan lagi tempat yang angker, setidaknya bagi Madrid. Dari 4 pertemuan terakhir setelah medio tahun 2010 ke atas, Madrid sudah melesakkan 13 gol di Riazor alias rata-rata lebih dari 3 gol per partai. Bagi Madrid, ini jelas pertandingan (yang seharusnya) mudah untuk berharap melewati Barcelona di pekan terakhir ini.



- Prediksi -

Dengan kenyataan bahwa Granada sudah tidak memiliki kepentingan apa-apa selain mencoba mempermalukan Barcelona, sulit rasanya mengharapkan pasukan Catalan akan gagal meraih titel ke-6 nya dari 8 musim terakhir atau ke-24 sepanjang masa. Kendali ada di tangan pasukan Luis Enrique sekarang dan Real Madrid membutuhkan keajaiban yang luar biasa besar. 

Granada vs Barcelona : 0-3
Deportivo La Coruna vs Real Madrid : 1-4
Share This :