hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Striker Debutan dan Peluang Inggris di Euro 2016

Striker Debutan dan Peluang Inggris di Euro 2016
Harry Kane dan Jamie Vardy saat mengalahkan Turki (Friendly), Minggu (22/05/2016). Sumber: Bleacherreport

Pasukan The Three Lions berhasil memetik hasil positif pada laga persahabatan melawan Turki yang dihelat kemarin malam, Minggu, 22 Mei 2016. Duet striker baru Inggris dan sekaligus pasangan yang diplot menjadi duet andalan di Euro 2016 di Perancis Bulan Juni mendatang, Harry Kane dan Jamie Vardy, berhasil melesakkan masing-masing 1 gol untuk membawa tuan rumah menang tipis 2-1 atas tamunya, Turki.
Meski gol milik Kane berbau offside dan penyerang andalan Tottenham Hotspur itu sempat gagal melakukan tendangan penalti, kemenangan ini tentu patut disyukuri sebagai modal berharga sebelum lepas landas ke Perancis.

Highlights Inggris vs Turki

Harry Kane, Jamie Vardy dan Marcus Rashford (jika jadi dibawa ke Perancis), akan menjadi striker Inggris yang berstatus debutan bagi Three Lions di turnamen besar. Berdasarkan catatan yang dibuat oleh Squawka, sejatinya striker berstatus debutan Inggris memiliki histori cukup bagus untuk dapat membawa timnya tampil menawan minimal tidak malu-maluin.

Berikut adalah deretan 'penyerang hijau' yang pernah dimiliki Three Lions saat diterjunkan pertama kali di turnamen besar.

Theo Walcott. Sumber foto: The Guardian
1. Theo Walcott
Debut: Euro 2012

Sebenarnya Walcott sudah mendapatkan panggilan sejak Piala Dunia 2006. Namun penyerang milik Arsenal ini tak pernah diturunkan sekalipun di Jerman. Di Euro 2012, Walcott berhasil mencetak 1 gol dan 1 assist pada pertandingan penyisihan grup melawan Swedia, dimana akhirnya gol dan assist itu amat vital harganya karena mampu meloloskan Inggris ke babak selanjutnya. Sayang, gara-gara cedera dan tak banyak mendapatkan kesempatan tampil di Arsenal musim ini, Roy Hodgson memutuskan untuk tak mengajaknya ke Perancis.

Wayne Rooney, debut gemilangnya selama Euro 2004 menarik perhatian dunia. Sumber: The Guardian
2. Wayne Rooney
Debut: Euro 2004

Rooney masih berstatus pemain Everton ketika berangkat ke Portugal 2004. Tampil dalam total 4 pertandingan di turnamen tersebut, Rooney mampu melesakkan 4 gol dan sempat masuk dalam daftar pencetak gol termuda Euro. Banyak yang berandai-andai, saat itu andai saja Rooney tak cedera saat perempat final menghadapi tuan rumah Portugal (dimana akhirnya Inggris kalah lewat adu penalti), hasil akhir turnamen bisa saja lain. Meski penampilan bersama Manchester United musim ini tak begitu mengesankan, Rooney masih dipercaya menyandang ban kapten ke Perancis 2016.

Michael Owen. Sumber foto: The Telegraph
3. Michael Owen
Debut: World Cup 1998

Bagi penggemar Liga Inggris ataupun timnas Inggris, nama Michael Owen selamanya akan terpatri sebagai salah satu wonderkid yang pernah dimiliki Inggris. Menghadapi Argentina pada babak 16 besar, Owen menciptakan solo-run goal spektakuler, yang dinobatkan sebagai salah satu gol terbaik Piala Dunia saat itu. Gol Owen seakan memupus mimpi buruk Inggris atas aksi dewa Diego Maradona. Meski akhirnya Inggris kalah dalam Malvinas Derby tersebut, nama Owen sudah telanjur membekas di hati para suporter. Sayangnya Owen termasuk pemain berkaki kaca alias mudah cedera. Karirnya banyak terhambat karena kekurangannya itu. Owen pensiun pada 2013 saat berseragam Stoke City.

4. Teddy Sheringham
Debut: Euro 1996

Sheringham sudah berusia 30 tahun saat menjalani debut untuk Inggris, cukup terlambat meski kontribusinya tidak kecil dengan melesakkan 2 gol di turnamen tahun itu. Mungkin bisa disamakan dengan Jamie Vardy nanti karena striker Leicester City itu akan berusia 29 tahun saat melakukan debutnya di Perancis.
5. Alan Shearer
Debut: Euro 1992

Berstatus pemain Southampton, salah satu penyerang yang diakui sebagai yang terbaik di Inggris ini tak banyak menarik perhatian ketika melakukan debut di Euro 1992. Namanya baru benar-benar berkibar setelah pindah ke Blackburn Rovers dan akhirnya tampil bagus di Euro 1996.

Gary Lineker saat meraih Golden Boot di Piala Dunia 1986. Sumber foto: Liverpoolecho
6. Gary Lineker
Debut: World Cup 1986

Sampai saat ini, inilah striker debutan untuk timnas Inggris yang diamini banyak orang sebagai yang terbaik. Gary yang saat itu berstatus pemain Everton, melesakkan total 6 gol dan meraih Golden Boot sebagai penghargaan menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 1986. Ingat, dia hanya debutan saat itu! Menilik usia dan hype-nya saat ini, Harry Kane-lah memang orang yang paling diandalkan Inggris untuk dapat berbicara banyak di Euro 2016.


Berdasarkan catatan ini, Inggris yang pergi ke Perancis membawa (kemungkinan besar) 3 striker debutan sekaligus, punya harapan besar untuk berprestasi maksimal, prestasi yang amat jarang mampir ke rak lemari hasil kerja keras mereka. Menurut Anda, sejauh apa tim nasional Inggris dapat berbicara di Euro 2016? Ikuti polling-nya di bawah ini.

Sejauh Apa Pencapaian Inggris di Euro 2016?

Babak Grup
Perdelapan Final
Perempat Final
Semi Final
Finalis
Juara
Quiz Maker
Share This :
avatar
Anonymous

Rashford akan bersinar!

Delete 30 May 2016 at 17:18