hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Zidane Sang Pendobrak & Prediksi Juara UCL 2017!

Zidane Sang Pendobrak & Prediksi Juara UCL 2017!
Zidane dielu-elukan para pemain Real Madrid setelah yaraih titel UCL 2016. Sumber foto: Gazettaworld

Prediksi Juara Champions League 2017? Ehem, rasanya memang sedikit terlalu berlebihan membicarakan hal ini sekarang mengingat Real Madrid baru saja merayakan gelar ke-11 Liga Champions mereka beberapa jam yang lalu (Baca: Real Madrid Juara UCL 2016). Tapi ini sungguh mengasyikkan. Hitungan-hitungan ini muncul setelah kami mengetahui fakta bahwa Zinedine Zidane ternyata adalah orang berkebangsaan Perancis pertama yang sanggup memenangi Si Kuping Besar. Namun bukan itu yang akan menjadi ulasan kita kali ini, melainkan kenyataan bahwa Zidane hanyalah satu dari segelintir orang non-Spanish maupun non-Italian yang sanggup menjadi jawara Liga Champions dalam 1 dasawarsa terakhir.

Distribusi juara Liga Champions sejak 2001. Sumber data: Wikipedia

Ya, rupanya sejak awal milenium baru, pelatih berkebangsaan Spanyol dan Italia (masing-masing dengan 5 dan 4 gelar) cukup mendominasi distribusi juara ajang sepakbola paling bergengsi di ranah kompetisi Eropa dan bahkan dunia ini. Saat sukses mengantarkan Real Madrid ke tahta tertinggi di Benua Biru semalam, Zidane yang berkebangsaan Perancis secara tak langsung berhasil menjadi pendobrak dominasi Spanyol-Italia ini menyusul jalan yang telah dilalui oleh Jose Mourinho (Portugal), Frank Rijkaard (Belanda), Alex Ferguson (Skotlandia), serta duo asal Jerman, Ottmar Hitzfeld dan Jupp Heynckes.

Yang menarik, sejak 2001, belum ada pelatih dari negara yang sama menjadi kampiun pada dua edisi Liga Champions secara berurutan. Terakhir kali hal itu terjadi adalah pada musim kompetisi 1997 dimana Ottmar Hitzfeld berhasil mengantarkan Borussia Dortmund menjadi jawara, dan selang setahun kemudian Jupp Heynckes mampu membawa Real Madrid menjadi yang terbaik. Sedangkan untuk pelatih yang sama mampu menjadi juara lebih dari sekali secara beruntun, jaraknya malah lebih jauh lagi, tepatnya ketika Arrigo Sacchi melakukannya pada periode 1989-1990. Keduanya untuk AC Milan. Apakah itu berarti Real Madrid dan Zinedine Zidane tidak akan bisa juara lagi tahun depan? Kami tidak berani bilang begitu, namun berdasarkan hitungan-hitungan ini, maka ya, peluang Los Galacticos untuk kembali lagi jadi juara tahun depan cukup berat. Kecuali tentu saja jika tiba-tiba Zizou diberhentikan di tengah jalan seperti yang dialami Rafael Benitez musim ini, yang secara luar biasa seperti membenarkan prediksi asal-asalan ini, dimana andai Benitez tetap dipertahankan, peluang Madrid untuk juara tahun ini menjadi kecil karena sebagai orang Spanyol, Luis Enrique sudah melakukannya tahun lalu (lihat tabel di atas).

Ranieri dan Leicester bisa mengejutkan di UCL 2017
Lalu, kira-kira siapa juara Liga Champions edisi 2017? Well, pertama-tama mungkin kita bisa menyingkirkan nama Zidane dan tim besar lain yang memiliki manajer berkebangsaan Perancis. Paris St. Germain, Lyon dan Arsenal bisa dimasukkan dalam kategori ini, dengan Real Madrid sendiri mungkin adalah yang paling jauh pencapaiannya. Kedua, dominasi Spanyol-Italia mungkin akan kembali terulang, dengan kemungkinan pelatih asal Jerman kembali menyeruak. Ketiga, karena Zidane sebagai pendobrak sudah terjadi tahun ini, untuk terjadi lagi tahun depan (pelatih lain diluar Spanyol dan Italia) rasanya juga akan tipis peluangnya.

Dari sudut pandang ini, maka peluang juara terbesar akan dimiliki oleh Barcelona (Luis Enrique - Spanyol), Bayern Munchen (Carlo Ancelotti - Italia), Leicester City (Claudio Ranieri - Italia), Manchester City (Josep Guardiola - Spanyol),  Juventus (Massimiliano Allegri - Italia), Napoli (Maurizio Sarri - Italia), serta Sevilla (Unai Emery - Spanyol). Oke, mungkin terlalu berlebihan menyebut Leicester City akan menjadi juara di tahun pertama keikutsertaannya di ajang ini. Tapi hei, lihat bagaimana kisah cinderella mereka musim ini, rasanya tak ada yang tak mungkin bukan?☺

Menilik dari sudut pandang pengalaman, histori klub dan ataupun nama besar klub, maka beberapa pilihan di atas akan mengerucut menjadi 4 tim saja. Kami tidak berani bilang 4 tim ini akan melenggang sampai semi final karena ada kemungkinan keempatnya bisa saja sudah saling bertemu di babak-babak sebelumnya. Menurut kami, inilah 4 tim yang memiliki persentase paling besar untuk melenggang sampai gelanggang final.

Man. City, Munchen, Barcelona & Juventus adalah kandidat kuat Juara Liga Champions 2017

Dan jika mengikuti tren dimana sejak 2014 sang juara selalu klub yang ditangani oleh pelatih yang baru saja ditunjuk alias musim pertamanya bekerja, maka pilihannya kini hanya tinggal dua, Manchester City dan Bayern Munchen. Manchester City dengan Pep Guardiola-nya akan menjadi misteri musim depan baik di kancah lokal maupun Eropa. Pilihan paling aman, dengan segala kedalaman skuad pun dengan dominasi mereka di dunia sepakbola itu sendiri dalam beberapa tahun terakhir, maka prediksi kami, Juara Champions League musim 2016/2017 adalah Bayern Munchen.


Sekali lagi, ini hanyalah prediksi iseng-iseng saja ya guys. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Tidak ada yang mustahil jika andai tiba-tiba saja Munchen memecat Ancelotti misalnya, atau terjadi kejadian-kejadian diluar nalar lainnya seperti Leicester City musim ini yang 'mendadak' juara Liga Inggris. Seperti kata pepatah kuno, selama bola itu bundar, apapun bisa terjadi. Menurut Anda, siapakah Juara Liga Champions 2017 kelak? Silakan berikan pendapat di kolom komentar.
Share This :