hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Brazil 0-0 Ekuador : Alon-Alon Asal ... Nol-Nol

Brazil 0-0 Ekuador : Alon-Alon Asal ... Nol-Nol
Willian bertarung dengan kiper Ekuador, Esteban Dreer, dalam lanjutan Copa America Centenario. Sumber: Sidomi

Alon-alon asal Kelakon adalah pepatah Jawa yang sangat terkenal, menggambarkan suatu sifat manusia atau keadaan dimana sesuatu dikerjakan dengan hati-hati dan tidak tergesa-gesa, namun memberikan hasil yang pasti. Sejak peluit kick-off dibunyikan, Brazil menyuguhkan permainan dengan cita rasa seperti itu. Sabar dalam membangun serangan pun tidak panik saat diserang. Namun sayangnya pepatah itu tidak dijalankan dengan benar karena Phillipe Coutinho dkk hanya terus bermain alon-alon sepanjang pertandingan tanpa menuntaskannya menjadi kelakon (hasil). Tidak ada aksi-aksi klinikal yang seharusnya ditunjukkan para barisan penyerang. Semuanya mengalir dengan indah namun seperti tanpa tujuan dan jauh dari kata mematikan.

Pemain Ekuador bertahan dari gempuran Brazil
Di sisi lain, Ekuador sendiri seperti bukan tim asal Amerika Latin yang biasa bermain dengan keindahan. Mereka bermain seperti tipikal tim-tim dari Afrika, yang mengandalkan fisik yang kuat namun tanpa memiliki penyelesaian akhir yang bagus. Untungnya, atau sialnya bagi tim Samba, gaya bermain seperti yang dimiliki Ekuador inilah yang justru sering menyulitkan mereka. Benar saja, meski ball possesion Willian dkk mencapai lebih dari 65%, mereka kesulitan menembus gawang Ekuador yang dijaga Esteban Dreer. Pada babak kedua, Carlos Dunga menurunkan wonderkid Gabriel Barbosa, menggantikan penyerang Benfica, Jonas, yang kurang efektif. Pergantian ini akhirnya tidak menjadi signifikan karena permainan 'indah' brazil sejak awal laga seperti turut meninabobokan penyerang yang digadang-gadang sebagai penerus Neymar Jr. tersebut. (Baca juga: Brazil Mencari Jati Diri)

Pertandingan kedua Brazil 'hanya' akan menghadapi Haiti, yang beberapa jam sebelumnya berhasil dikalahkan Peru meski dengan skor tipis 0-1. Asal mampu menajamkan pola permainan yang sebenarnya sudah dibangun dengan baik, kemenangan seharusnya menjadi hasil yang semestinya.

Highlights Brazil vs Ekuador
 
Share This :