hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Duel Penentuan Babak Grup Euro 2016

Duel Penentuan Babak Grup Euro 2016
Dimitri Payet, bintangnya bersinar paling terang di babak grup Euro 2016. Sumber foto: UEFA

Mulai dini hari nanti hingga empat hari ke depan, Euro 2016 sudah akan mementaskan pertandingan final alias terakhir pada babak grup. Beberapa tim telah memastikan diri lolos ke fase knock out apapun hasil matchday 3 nanti, sementara beberapa lainnya harus menjalani pertarungan hidup mati sambil berharap saingan terdekat terjegal di pertandingan lain. Berikut adalah prediksi Bolaitubal.com terhadap game terakhir group stage.

- GRUP A -

Mengawali kompetisi dengan sedikit tak meyakinkan, tuan rumah Perancis akhirnya mampu melenggang mulus ke fase gugur setelah di pertandingan ke-2 mengalahkan Albania. Di pertandingan terakhir menghadapi Swiss, keduanya akan saling berjibaku untuk mengklaim posisi pemuncak grup. Meski sejauh ini penampilan tim ayam jantan tidak membuat kami terkesan, namun kami juga tak melihat Swiss memiliki kemampuan untuk meng-overtake sang tuan rumah. Di pertandingan lain, Rumania kami prediksi akan menang tipis atas Albania untuk menuntut posisi 3 terbaik. Jika skenario ini berjalan, tuan rumah Perancis akan memiliki jalur landai yang akan menuntun mereka pada singgasana juara.

- GRUP B -

Eric Dier saat mencetak gol lewat freekick di game perdana
Hitung-hitungan untuk grup B ini sedikit rumit. Setidaknya 3 tim masih berpeluang mengklaim posisi puncak. Slowakia yang di pertandingan kedua sukses membekuk Rusia, akan menjadi lawan menyulitkan untuk Inggris yang tentu saja lebih difavoritkan. Dilihat dari sudut pandang yang berbeda, game terakhir grup B juga akan menjadi duel antara negara-negara Britania Raya versus wakil-wakil Eropa Timur. Prediksi kami, Inggris dan Wales akan sanggup berada di atas Slowakia dan Rusia. Jika prediksi ini benar, jalan Inggris juga akan lebih mudah untuk sampai ke akhir turnamen. Namun tentu saja semua hal masih bisa terjadi. Melihat bagaimana tren Euro 2016 ini dimana gol-gol di menit-menit akhir sering terjadi dan krusial, bukan tidak mungkin 2 game terakhir di grup ini juga akan ditentukan dengan cara yang sama.

- GRUP C -

Joachim Loew, pelatih Jerman
Ada desas-desus kurang sedap menjelang pertandingan terakhir grup C antara Jerman vs Irlandia Utara. Saat melakoni laga kedua yang berakhir dengan skor kacamata melawan Polandia, ada tuduhan Jerman sengaja mencari hasil draw untuk menghindari posisi sebagai juara grup. Kok bisa? Tuduhan ini mengemuka karena andai Jerman memaksakan menjadi jawara grup, Toni Kroos dkk berpeluang lebih besar untuk bertemu Italia lebih cepat (Lihat Bagan & Update Skor Euro 2016). Bukan berarti takut, namun kenyataannya Jerman memang belum pernah menang atas Italia tiap kali berjumpa di turnamen resmi di bawah naungan FIFA. Tuduhan semacam ini jelas tak berdasar, namun demi kepentingan tertentu, Jerman bisa saja kembali tampil 'apa adanya' dan bertanding untuk hasil imbang melawan Irlandia Utara nanti. Di sisi lain, Polandia tentu akan lebih ngotot untuk mengalahkan Ukraina yang sudah pasti tersingkir. Jika 'naskah' ini berjalan, Polandia akan mengakuisisi posisi puncak dan Jerman ada di tempat kedua. Mungkinkah itu benar-benar terjadi?

- GRUP D -

Nolito, senjata rahasia tim matador. Sumber: UEFA
Dengan penampilan mengesankan saat merontokkan Turki, Spanyol sepertinya tak akan kesulitan menguasai grup D meski di pertandingan terakhir akan menghadapi Kroasia yang di atas kertas juga masih memiliki kesempatan untuk mengklaim posisi teratas grup. Republik Ceko yang di pertandingan kedua secara luar biasa mampu memaksakan hasil imbang kontra Kroasia meski tertinggal 2 gol, seharusnya dapat memetik kemenangan di game pamungkas karena yang dihadapi hanya tim terbawah grup D, Turki. Namun berita terbaru yang menyebutkan bahwa bintang terbaik mereka, Tomas Rosicky, mengalami cedera, bisa saja akan mengganggu persiapan tim ini. Sejak pemain veteran tersebut masih menjadi pilar paling penting bagi Ceko, bukan tidak mungkin 2 tim terbawah grup ini hanya akan menjadi penonton setelah pertandingan terakhir grup.

- GRUP E -

Gianluigi Buffon, kiper legendaris Italia. Sumber : UEFA
Setelah dihancurkan Belgia 3 gol tanpa balas, sulit rasanya mengharapkan Republik Irlandia dapat membuat kejutan dengan menumbangkan Italia. Pertandingan maha seru justru akan terjadi antara Swedia yang akan menghadapi Belgia yang tengah on-fire. Jika Swedia memenangkan pertandingan, kedua tim masih memiliki peluang untuk lolos bersama, namun jika Belgia menang, jatah posisi 3 terbaik sudah pasti juga tidak akan didapatkan grup ini. Dan jika menilik performa hingga saat ini, Swedia lebih pantas kalah sejak kartu as mereka, Zlatan Ibrahimovic, tidak pernah berada dalam kondisi terbaik sejak awal kompetisi.

- GRUP F -

Cristiano Ronaldo frustasi terhadap perkembangan timnya
Empat tim yang terdaftar di grup F semuanya masih memiliki kesempatan yang sama untuk lolos ke fase gugur, menjadikan grup ini sekilas tampak seperti grup neraka karena kekuatan tiap kontestannya berimbang. Namun alih-alih menyebut grup F ini sebagai grup neraka, saya lebih senang menyebut grup ini sebagai grup absurd. Setiap game yang tersaji juga jauh dari kata mengesankan kalau tidak mau disebut membosankan. Hungaria dan Islandia, dua tim yang sejak awal kompetisi hanya diberi peluang 150/1 untuk dapat berprestasi tinggi di turnamen ini, nyatanya malah sanggup berada di atas Portugal dan Austria, dua tim lainnya yang tentu saja di atas kertas lebih baik. Pertandingan terakhir benar-benar akan krusial. Kami prediksi Portugal akan sanggup menang tipis atas Hungaria, sedangkan hasil draw kami perkirakan akan menjadi hasil akhir game antara Islandia vs Austria.

Klasemen sementara Euro 2016 sampai Matchday 2
data klasemen diambil dari predictoplanet

Itulah prediksi duel penentuan babak grup Euro 2016 versi kami. Jika Anda memiliki pandangan yang berbeda, kami akan senang mengetahuinya untuk Anda curahkan di kolom komentar. ☺
Share This :