hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Eric Bailly, Mutiara Terpendam atau Tuntutan Transfer Semata

Eric Bailly, Mutiara Terpendam atau Tuntutan Transfer Semata
Eric Bailly resmi bergabung dengan Manchester United dengan mahar transfer 30 juta pounds. Sumber: Telegraph

Sejak kedatangan Jose Mourinho ke Old Trafford, banyak spekulasi yang berkembang terkait pilihan skuad utama MU musim depan. Banyak nama yang diisukan bakal hengkang, seperti Juan Mata, yang notabene memiliki masa lalu yang kurang menyenangkan dengan sang gaffer Portugal, pun dengan banyaknya nama-nama besar yang dikaitkan bakal bergabung dengan sang Setan Merah. Pada Rabu (08/06/2016) waktu setempat, Manchester United secara resmi mengumumkan rekrutan pertamanya untuk musim depan, yakni seorang defender asal klub Villarreal berkebangsaan Pantai Gading berusia 22 tahun, Eric Bailly. MU harus merogoh kocek sebesar 30 juta pounds untuk mendatangkan Bailly dimana angka ini menyamai rekor transfer yang pernah dibuat salah satu bek terbaik di masanya, Rio Ferdinand. Karuan saja banyak kening mengernyit. Siapa itu Bailly? Apakah dia sebagus itu sampai MU berani membayar mahal? Ataukah ini hanya untuk memenuhi tuntutan transfer semata?

Bailly beraksi melawan Atl. Madrid. Sumber: Mirror
Siapakah Eric Bailly?

Eric Bailly jelas bukan siapa-siapa ketika menghabiskan musim pertamanya (2013/2014) di Eropa bersama tim primavera Espanyol di divisi Segunda Liga Spanyol. Setahun berselang, Bailly yang saat itu berusia 20 tahun mulai dipromosikan ke tim utama Espanyol dan tentu saja menjadi pengalaman pertamanya bermain di La Liga. Memasuki musim 2015/2016, Villarreal yang baru saja ditinggal Gabriel Paulista ke Arsenal, praktis membutuhkan pengganti yang menurut mereka sepadan. Bailly akhirnya direkrut dari Espanyol dengan bandrol 4 juta pounds meski sang defender muda hanya bermain 5 kali saja saat berbaju Espanyol senior. Namun kami pikir yang menjadi pertimbangan Villarreal saat itu bukanlah penampilannya bersama Espanyol, melainkan kenyataan bahwa bek yang dikenal dengan kecepatannya ini adalah bagian penting dari tim nasional Pantai Gading yang memenangkan Piala Afrika pada Januari 2015.

Apakah Eric Bailly Memang Istimewa?

Bailly secara total membuat 35 penampilan bersama The Yellow Submarine di semua ajang musim lalu. Dari angka itu, Villarreal dibawanya mengarungi 17 hasil clean sheet di La Liga, menjadikan pertahanan Villarreal diakui sebagai salah satu yang terbaik musim lalu. Bailly juga tercatat menjadi bagian penting dari Villarreal sebagai satu-satunya tim yang tak dapat ditumbangkan duo Madrid musim lalu. Ya, baik Real Madrid maupun Atletico Madrid, keduanya gagal menumbangkan The Yellow Submarine dalam masing-masing 2 kali kesempatan. Lebih istimewa lagi, Bailly pulalah yang menjadi heart of the defence Villarreal saat berhasil menjungkalkan Real Madrid di El Madrigal lewat kemenangan 1-0, membuat seorang Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale frustasi. Hasil ini juga membuat Rafael Benitez akhirnya kehilangan pekerjaannya.

Menurut catatan statistik yang dibuat oleh Squawka, fans MU mungkin harus bersyukur mereka kesulitan  merekrut John Stones dari Everton hingga mengalihkan perhatian ke Bailly. Statistik Bailly ternyata jauh lebih bagus dari bek masa depan Inggris tersebut. Meski catatan statistik seorang pemain yang bermain di ladang yang berbeda sejatinya tak dapat diperbandingkan, namun setidaknya ada gambaran yang membuat fans yakin bahwa klub kesayangan mereka melakukan langkah yang benar, meski sebenarnya harga 30 juta pounds memang sedikit tak masuk akal untuk seorang pemain yang bahkan minim publikasi.

Statistik perbandingan Bailly dengan Stones dan Varane, defender lain yang dikaitkan dengan MU. Squawka

Jika menilik track record seorang Jose Mourinho yang katanya sering menyia-nyiakan bakat muda di suatu klub, mungkin Anda harus memikirkannya kembali. Jose Mourinho-lah orang yang bertanggung jawab terhadap kebintangan John Terry di era kepemimpinan pertamanya di Chelsea dulu. Raphael Varane juga menjadi bek tangguh di era kepemimpinannya di Real Madrid. Terakhir, ada Kurt Zouma yang mampu bertransformasi menjadi bek yang versatile meski awalnya tidak dikenal, persis seperti situasi Bailly saat ini.

Jadi, apakah Eric Bailly benar-benar sebuah mutiara yang terpendam, ataukah hanya memenuhi tuntutan transfer semata karena MU tampak begitu putus asa untuk mendapatkan figur masa depan? Andai Eric Bailly dapat beradaptasi dengan cepat di Liga Inggris, maka ya, kami pikir kami setuju dengan ucapan Jose Mourinho sesaat setelah MU mendapatkan tanda tangan Bailly, bahwa pemuda ini bisa saja menjadi best defender in the world suatu saat nanti. Bagaimana menurut Anda?
Share This :