hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Everton dan Pria Belanda yang Diidam-idamkan

Everton dan Pria Belanda yang Diidam-idamkan
Ronald Koeman resmi meninggalkan Southampton dan berlabuh ke Everton. Sumber foto: dailymail

Seperti seorang anak kecil yang merengek-rengek meminta dibelikan mainan baru, begitulah Everton sesaat setelah memberhentikan manajer asal Spanyol-nya, Roberto Martinez, merengek-rengek untuk dilatih manajer asal Belanda. "Pokoknya Belanda", begitu mungkin bunyi rengekan bayi biru asal Merseyside itu. Bak gayung bersambut, Ronald Koeman, sang manajer Southampton, yang sepertinya sudah muak berada di dalam tim yang serba 'pelit', dengan segala keterbatasan ruang geraknya, menginginkan hidup yang lebih nyaman dengan gelimang harta yang melimpah. Tanpa sungkan-sungkan lagi, keduanya bak sepasang kekasih yang sudah telanjur diburu nafsu, saling mengerlingkan mata tanda mereka mau sama mau. Everton resmi mengikat Ronald Koeman, sang pria Belanda yang begitu mereka idam-idamkan, dengan iming-iming harta yang bebas dihambur-hamburkan di bursa transfer. Southampton yang pelit pun ditinggal begitu saja meski di bawah kendali Koeman menunjukkan stabilitas yang mengagumkan. Tak peduli, salah sendiri kamu pelit!

Koeman merayakan gol Soton. Sumber: The Sun
Sehebat Apa Seorang Ronald Koeman?

Jika dilihat dari sudut pandang dimana Soton, sebagai tim yang sering menjual pemain bintangnya ketimbang mendatangkannya, namun sanggup finish di posisi 6 musim lalu, lebih baik dari Liverpool, Chelsea dan atau West Ham United yang secara materi pemain lebih mentereng, maka ya, Ronald Koeman jelas adalah pelatih yang hebat. Aha! Finish di atas Liverpool, mungkin faktor itulah salah satunya yang membuat Everton begitu menginginkan mainan barunya ini.

Dua musim bersama The Saints, Koeman mencatat rekor 44 kemenangan dan 17 hasil imbang dari 91 pertandingan yang telah dijalani. Dengan persentase kemenangan mencapai lebih dari 48% persen, jelas jauh lebih baik daripada Martinez musim lalu yang hanya sanggup meraih 47 poin. Menilik materi pemain Everton dan Southampton yang kurang lebih mirip, plus dukungan finansial yang lebih baik, bukan tidak mungkin Koeman akan membawa Everton berprestasi lebih tinggi dari Southampton musim ini.

Well, sebenarnya Soton bukanlah tim kere. Namun agaknya Koeman tidak melihat tim ini memiliki ambisi yang dapat mengakomodasi hasratnya untuk merajai Premier League. The Toffees, di lain pihak, baru saja kedatangan seorang investor baru yang konon menjanjikan dana besar untuk membangun kembali kebesaran Everton, Farhad Moshiri. Sempat mempertimbangkan menarik Unai Emery (Baca : Emery Berpisah dengan Sevilla), Everton akhirnya mantap meminang Koeman setelah mempelajari betapa track record Koeman mungkin adalah yang paling dapat mereka andalkan.

official welcome page dari Everton untuk Ronald Koeman. Sumber: Evertonfc

Ronald Koeman adalah satu-satunya pelatih di dunia yang pernah melatih 3 klub besar Eredivisie, yakni Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven dan Feyernoord Rotherdam. Mampu selalu membuat Southampton finish di papan atas meski dengan skuad terbatas cukup menggambarkan betapa orang ini mungkin saja sanggup mengubah nasib The Toffees. Hampir mirip seperti tetangganya Liverpool, hari-hari kebesaran Everton di liga Inggris memang hanya terjadi di masa lalu, sebelum era Premier League bergulir. Mungkinkah era Koeman akan mengubah peruntungan mereka? Silakan berikan pendapat Anda.
Share This :