hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Italia 2-0 Spanyol : Jatuh ke Dalam Perangkap Genjutsu

Italia 2-0 Spanyol : Jatuh ke Dalam Perangkap Genjutsu
Gianluigi Buffon kembali melakukan selebrasi unik setelah mengalahkan Spanyol. Sumber foto: UEFA

Italia akhirnya berhasil memaksa Spanyol pulang lebih awal lewat sebuah kemenangan meyakinkan, 2-0. Kemenangan ini sebenarnya cukup dapat diperkirakan karena Italia sejauh ini memang mampu tampil lebih baik ketimbang Spanyol yang sedikit kurang padu di lini depan (Baca ulasan-ulasan kedua tim di pertandingan-pertandingan Euro 2016 sebelumnya).

Tim Spagetti memulai laga dengan energi penuh, namun Spanyol seperti tahu jika mereka meladeni permainan cepat Italia, mereka bisa habis bahkan sebelum peluit panjang berbunyi. Dengan cerdik David Silva dkk pun kemudian mencoba memperlambat tempo dan mengambil alih permainan. Untuk sesaat apa yang dilakukan oleh Spanyol terlihat seperti ilmu Genjutsu dari serial anime populer Naruto. Dengan ilmu tersebut, seseorang dapat terjebak dalam pengaruh (semacam) hipnotis atau ilusi yang bisa mencelakai diri mereka sendiri. Sial bagi Spanyol, meski telah berhasil mencegah Italia bermain cepat, mereka sendiri ternyata bahkan gagal mengancam gawang Gianluigi Buffon. Lebih sial lagi, nyatanya Italia tampak lebih menguasai ilmu genjutsu tersebut ketimbang Spanyol. Bak senjata makan tuan, perlahan tapi pasti, Spanyol justru jatuh masuk ke dalam perangkap genjutsu milik Italia.

Chiellini merayakan gol pertama Italia. Sumber: UEFA
Hasilnya, dalam tempo 10 menit pertama saja, gawang David de Gea sudah hampir jebol dua kali. Beruntung kiper Manchester United itu masih cukup sigap menghalau bola. Spanyol sendiri seperti kehabisan ide untuk membongkar ketatnya pertahanan Italia. Dan seperti yang seorang kawan saya katakan, ilmu tiki-taka tim Matador seperti hilang entah kemana. Sepanjang babak pertama, pasukan Vicente del Bosque untuk pertama kalinya kalah dalam penguasaan bola, oleh tim yang pada babak grup bahkan sering kalah dalam penguasaan bola! Benar-benar sebuah bencana. Dan seperti mengklimakskan kesia-siaan ini, satu freekick keras Eder yang tak dapat ditangkap dengan sempurna oleh De Gea berhasil disambar oleh Giorginio Chiellini. Gol! 1-0 untuk keunggulan tim Negeri Pizza.

Memasuki babak kedua, Nolito yang tak maksimal di sepanjang babak pertama digantikan oleh striker veteran Aritz Aduriz. Meski pergantian ini tak signifikan, namun Spanyol mulai dapat menguasai permainan. Ball Possession dengan cepat berbalik arah seperti yang seharusnya. Sampai menit ke-88, Italia terus ditekan namun sama sekali tak terlihat tertekan. Sejak awal Gli Azzuri memang seperti sudah menunggu momen-momen seperti ini. Meski beberapa peluang Spanyol sempat mengancam gawang Buffon, namun kualitas kiper milik Juventus itu seperti sudah diperkirakan akan lebih dari cukup untuk mengatasi serangan-serangan banteng Spanyol.

Para pemain Spanyol tertunduk lesu usai gol kedua Italia
Dan kesempatan di beberapa menit menjelang bubaran itu akhirnya datang juga. Diharuskan menyerang secara frontal karena sudah telanjur tertinggal gol lebih dulu, Spanyol akhirnya harus meninggalkan lubang yang besar di area pertahanan sendiri, sesuatu yang lagi-lagi sepertinya sudah diperkirakan oleh pasukan Antonio Conte. Lewat sebuah counter-break yang sebenarnya tak terlalu cepat, barisan pertahanan Spanyol dibuat kalang kabut oleh pergerakan Matteo Darmian dan Graziano Pelle. Hampir persis seperti proses gol Italia saat melawan Belgia di babak grup, Pelle menyudahi perlawanan Spanyol dengan sebuah tendangan voli cantik berkat umpan terukur Darmian yang tak lagi dapat dihadang De Gea. Perjalanan sang juara bertahan Euro pun resmi berakhir. Skor 2-0 cukup untuk mengantar Italia ke perempat final dan bertemu Jerman. Tak akan ada lagi cerita atau wacana Spanyol akan merengkuh gelar ketiga berturut-turut. La Furia Roja antiklimaks.

Highlights Italia vs Spanyol
Share This :