hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Jerman 2-0 Ukraina : Kemenangan yang Meninggalkan Cemas

Jerman 2-0 Ukraina : Kemenangan yang Meninggalkan Cemas
Skhodran Mustafi membuka kran gol Jerman lewat sebuah tandukan maut. Sumber: The Guardian

Salah satu tim unggulan teratas untuk menjuarai Euro 2016, Jerman, akhirnya berhasil memetik kemenangan 2-0 dalam sebuah laga yang amat mencemaskan nan mendebarkan. Jerman berhasil unggul di menit-menit awal, tepatnya pada menit ke-19, saat tandukan Shkodran Mustafi meluncur bak roket tanpa bisa diantisipasi kiper Ukraina, Andriy Pyatov. Gol kedua Jerman dicetak menjelang bubaran, yang kali ini dihasilkan oleh pemain pengganti, Bastian Schweinsteiger. Meski menang, penampilan Jerman sebagai juara bertahan Piala Dunia masih jauh dari kata memuaskan. IMHO.

Mengawali laga dengan style yang berkelas, Jerman benar-benar membuat Ukraina mati gaya. Di hadapan Sang Juara Dunia, tim yang mewakili benua Eropa bagian timur itu bagai kumpulan pemain bola dengan skill pas-pasan. Ukraina benar-benar out of class. Kalah jauh. Dalam hati, saya mengira Ukraina, dengan penampilan tanggung seperti ini, pastilah akan segera dibantai. Gol dari Mustafi yang menyambut tendangan bebas Toni Kroos pada akhirnya seperti hendak membenarkan dugaan saya. Namun ternyata saya keliru.

Schweni mempertegas keunggulan Jerman di akhir laga
Sejak kebobolan, Ukraina sepertinya segera belajar dari kesalahan. Mereka seperti langsung mengetahui apa yang menjadi kelemahan utama mereka. Skill. Ya, dengan skill individu yang tampak kalah beberapa tingkat dari para pemain Jerman, Ukraina segera mengubah caranya bermain. Taktik Sapu Lidi. Apa yang Anda pikirkan tentang sapu lidi? Sebatang lidi itu jelek, tidak menarik dan mudah patah. Itulah gambaran tim Ukraina di hadapan Jerman. Namun ketika sebatang lidi itu bersatu dengan banyak batang lidi lainnya membentuk sapu, maka lidi-lidi itu akan menjadi kuat, tidak mudah patah dan tentunya menjadi lebih berguna, atau dalam konteks sepakbola, lebih berbahaya.

Ya, sejak gol pertama Jerman, gaya menyerang Ukraina praktis berubah. Setidaknya 5 sampai 6 pemain Ukraina terus-menerus bergerombol di kotak penalti Jerman demi menciptakan gol balasan. Hasilnya adalah kecemasan demi kecemasan di kubu Uber Allez. Ukraina yang tadinya tampak sama sekali tak berbahaya, tiba-tiba saja seperti dapat membuat gol kapan saja. Sebatang lidi yang lemah itu telah berubah menjadi sapu lidi yang kuat dan membahayakan.

meme The Spider-Neuer
The Spider-Neuer

Beruntungnya, Jerman memiliki Manuel Neuer. Kiper milik Bayern Munchen ini berkali-kali menjadi penyelamat berkat refleknya yang luar biasa. Satu meme paling terkenal dari kiper yang acapkali merangkap sebagai defender ini, yang menggambarkannya memiliki 8 tangan ala seekor laba-laba, rasanya cukup untuk menggambarkan betapa hebatnya dia. Jerome Boateng juga patut mendapatkan kredit tersendiri karena satu penyelamatan pentingnya berhasil mencegah bola yang 99% masuk. Berkat aksi dua punggawa Munchen ini, Jerman lolos dari hasil yang tak diinginkan di pertandingan pembuka.

Kendati demikian, seperti yang saya sebutkan di awal tulisan ini, penampilan Jerman jelas masih jauh dari yang diharapkan. Meski pada pertandingan dini hari tadi Mesut Ozil dkk berhasil menciptakan rate passing sukses tertinggi dari seluruh peserta yang telah bertanding, namun PR paling besar yang mesti diperbaiki pasukan Joachim Loew adalah kelemahan mereka saat menghadapi set piece. Beberapa kali, Ukraina berhasil menciptakan peluang matang lewat set piece. Jika bukan karena penampilan gemilang Neuer, sangat mungkin hasil pertandingan ini akan lain.

Highlights Jerman vs Ukraina

Partai selanjutnya menghadapi Polandia dan Irlandia Utara, Jerman perlu mewaspadai kalau-kalau kedua tim itu mencontek gaya menyerang berjamaah milik Ukraina semalam, disamping tentu saja Jogi Loew mesti lebih dapat mengasah ketajaman goal getter milik mereka sendiri.
Share This :