hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Klasemen Akhir Grup D : Kroasia Sang Perusak Skema

Klasemen Akhir Grup D : Kroasia Sang Perusak Skema
Ivan Perisic memberi selamat kepada Nicola Kalinic yang menciptakan gol penyeimbang kedudukan. UEFA

Seperti yang pernah saya ungkapkan ketika Spanyol mengalahkan Republik Ceko di pertandingan perdana grup D beberapa saat lalu, gara-gara lawan yang lebih banyak bertahan ketimbang menyerang, pertahanan Spanyol jadi tak teruji. Benar saja, menghadapi Kroasia yang lebih berani fight ketimbang 2 lawan sebelumnya, Spanyol langsung menelan kekalahan perdana. Kroasia berhasil menumbangkan Spanyol dengan keuggulan 2-1 sekaligus mengklaim posisi puncak klasemen, menjadikan hitung-hitungan skema untuk babak 16 besar berantakan (Lihat Bagan & Update Skor Euro 2016). Hanya membutuhkan hasil seri agar mendapatkan lawan-lawan ringan di fase gugur, Spanyol malah kalah dan tergeser ke posisi 2. Hasil ini membuat Tim Matador langsung bertemu Italia di babak 16 besar. Rusak!

Silva saat mengambil tendangan bebas. Mirror
The Knight of Magic 21LVA

Spanyol sebenarnya mengawali laga dengan baik. Mereka tetap menguasai jalannya pertandingan seperti biasa dan menciptakan banyak peluang seperti biasa. Bahkan David Silva memamerkan sihir yang teramat istimewa. Sebuah reverse ball-nya yang ciamik dengan indah men-set up gol pertama Spanyol yang dicetak Alvaro Morata. Kalau boleh dibilang, hampir semua peluang yang didapat Spanyol di pertandingan semalam adalah hasil kreasi gelandang Manchester City tersebut. Silva dengan brilian menggantikan peran Andres Iniesta yang sepertinya tidak sepenuhnya fit. Dalam kasus ini, Vicente del Bosque mungkin juga patut dipersalahkan karena Iniesta tampak sekali butuh istirahat namun tetap dimainkan. Andai Spanyol memenangkan pertandingan atau cukup seri saja, sudah pasti Silva akan saya pilih sebagai man of the match.

Sayangnya hal itu tak terjadi. Meski bermain tanpa Luca Modric yang cedera, Kroasia masih susah untuk ditaklukkan. Ivan Perisic berhasil menjadi pengganti sempurna untuk gelandang Real Madrid tersebut sejak menjadi pemain paling mobile di lini tengah Kroasia semalam. Midfielder milik Inter Milan ini menciptakan satu assist untuk gol pertama Kroasia yang diciptakan Nicola Kalinic. Lalu sebagai menu pamungkasnya, dia sendiri akhirnya mencetak gol kedua sekaligus gol kemenangan timnya. Kroasia pun sukses menyandang status juara grup dan Perisic amat layak mendapatkan predikat MotM.

Highlights Kroasia vs Spanyol

Di tempat lain, Turki secara mengejutkan berhasil menumbangkan Republik Ceko dengan skor 0-2. Meski peluangnya kecil, Turki masih bisa lolos ke babak deathmatch tergantung hasil yang akan diperoleh tim peringkat 3 grup E dan grup F nanti malam.

Klasemen Akhir Grup D Euro 2016
Share This :