hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Klasemen Akhir Grup F : Dunia Mungkin Benar Akan Segera Kiamat

Klasemen Akhir Grup F : Dunia Mungkin Benar Akan Segera Kiamat
Ronaldo mencetak 2 gol namun tak mampu memenangkan timnya. Sumber : UEFA

"wong wadon nganggo panganggo lanang, iku pertandhane yen bakal nemoni wolak-walike zaman"

Sepenggal kalimat di atas adalah salah satu kalimat dari bait terakhir ramalan paling terkenal di tanah Jawa yang dibuat oleh Raja Jayabaya. Arti dari kalimat tersebut kurang lebih adalah wanita yang mengambil peran sebagai laki-laki, menggambarkan keadaan yang serba terbolak-balik, perubahan jaman yang dipercaya banyak orang sebagai hari kiamat. Jika ramalan tersebut disandingkan dengan pertandingan terakhir grup F Euro 2016, maka kiamat benar-benar telah terjadi saat 2 unggulan teratas grup ini, Portugal dan Austria, justru mendiami 2 posisi paling bawah di klasemen akhir, sementara 2 tim lain yang semula hanya akan dianggap sebagai penggembira, Hungaria dan Islandia, justru melaju mulus sebagai jawara dan runner up grup F.

Beruntung bagi Cristiano Ronaldo dkk, dengan selisih gol 0 (nol) dari 3 perrtandingan yang telah dijalani, Portugal yang ada di posisi ke-3 masih berhak maju ke babak selanjutnya. Ronaldo sendiri menjadi bintang penyelamat negaranya berkat 2 gol yang berhasil dicetaknya ke gawang Gabor Kiraly, sekaligus mencatatkan rekor pribadi menyamai jumlah gol milik legenda Perancis, Michel Platini, sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Euro dengan 9 gol. Tentu saja, dengan lolosnya Portugal ke fase knock-out, Ronaldo berkesempatan untuk menciptakan rekor baru.

Banyak yang bilang pertandingan antara Hungaria vs Portugal semalam adalah salah satu pertandingan terbaik Euro 2016 karena menghasilkan total 6 gol yang dibagi sama rata untuk kedua tim. Well ya mungkin memang seru, namun saya tidak melihat ada sentuhan kualitas tinggi di dalamnya. Jalannya pertandingan lebih mirip game antara Bournemouth vs Watford misalnya dimana kedua tim seperti terlihat bertarung untuk menghindari zona degradasi ketimbang memerebutkan posisi jawara. Seru, tapi tidak berkelas. Sorry to say, namun seperti yang saya bilang sebelumnya, grup F ini memang akan selalu saya sebut sebagai grup absurd ketimbang grup neraka (baca: Duel Penentuan Babak Grup Euro 2016).

The Mighty Magyars is Back?

Dengan lolos sebagai juara grup F, apakah ini tanda-tanda kebangkitan sepakbola Hungaria? Mungkin ya, mungkin tidak. Namun menilik bagaimana cara mereka lolos dari grup ini, saya pikir tidak. Belum. Balazs Dzsudzsak cs saya pikir belum dapat disebut sebagai the next golden generations of Hungary. Bagi Anda yang mungkin belum tahu, Hungaria adalah salah satu tim terbaik di dekade tahun '50-an. Julukan The Mighty Magyars disematkan setelah pada Piala Dunia 1954, Hungaria berhasil menyingkirkan nama-nama besar sepakbola masa itu seperti Uruguay, Inggris hingga Uni Soviet. Sayangnya, mereka gagal menjadi yang terbaik setelah di partai final kalah dari Jerman Barat. Kendati demikian, dengan rekor 42 kemenangan, 7 kali draws dan hanya sekali kalah dari kurun waktu 1950 hingga 1956, The Mighty Magyars tak pelak dinobatkan sebagai salah satu tim terbaik sepanjang masa. Bibit-bibit kebangkitan itu mungkin mulai tumbuh saat ini, namun untuk dapat menyamai level generasi emas terdahulu, saya pikir belum saatnya meski perkembangan tim ini menarik untuk terus disaksikan.

Highlights Hungaria vs Portugal

Di pertandingan lain, Islandia memastikan diri menjadi tim debutan terakhir yang juga lolos ke babak gugur. Bermain imbang selama lebih dari 90 menit, Gylfi Sigurdsson dkk berhasil melesakkan gol penentu di masa injury time. Hasil ini membuat Islandia lolos sebagai runner-up grup F. Magic! 

Klasemen Akhir Grup F Euro 2016
Share This :