hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Kolombia 2-1 Paraguay : Dua Wajah La Albirroja

Kolombia 2-1 Paraguay : Dua Wajah La Albirroja
James Rodriguez memimpin Kolombia lolos ke babak knock-out Copa America 2016. Sumber foto: Dailymail

Kolombia akhirnya berhasil menjadi tim pertama yang memastikan diri lolos ke babak gugur Copa America Centenario setelah mengalahkan Paraguay di pertandingan ke-2 grup A dengan skor 2-1. Apapun hasil pertandingan lainnya nanti, 2 kemenangan di 2 game awal James Rodriguez dkk. tidak akan bisa dikejar tim lainnya. Satu catatan penting kami pasca pertandingan ini bukanlah Kolombia yang tampil luar biasa, melainkan Paraguay yang bermain di bawah standar mereka. Terutama saat tiga perempat waktu di awal babak pertama.

Ya, terutama di sekitar 30 menit pertama permainan, kami melihat Paraguay bermain begitu buruknya. Alhasil, kami sejatinya tidak bisa menilai bagaimana Kolombia bermain. Ini seperti melihat kelompok anak usia kelas 10 yang bermain melawan kelompok anak usia kelas 6. Meski pada akhirnya kelompok anak usia kelas 10 memenangkan pertandingan, kami tidak bisa memuji mereka karena yang dilawannnya tidak ada di level usia yang sama. Kira-kira seperti itulah pertandingan Kolombia vs Paraguay ini. Saking buruknya permainan La Albirroja, Kolombia akhirnya jadi terlihat bagus. Sangat bagus.

Bacca mencetak gol pertama Kolombia. Dailymail
Los Cafeteros membuka keunggulan lewat tandukan Carlos Bacca menyambut sepak pojok James Rodriguez. Nama terakhir ini kemudian membuat Kolombia unggul 2-0 lewat sepakan kerasnya memanfaatkan lini belakang Paraguay yang kocar-kacir. Pada periode ini, Juan Cuadrado berkali-kali mempermainkan sisi kiri pertahanan lawan, seolah-olah winger yang masih tercatat milik Chelsea itu seperti memiliki kekuatan super.

Setelah gol kedua yang dicetak Rodriguez pada menit ke-30, barulah Paraguay seperti terbangun dari tidur panjangnya. Barulah mereka menjelma menjadi anak yang seusia dengan lawannya. La Albirroja benar-benar seperti memiliki dua wajah yang sama sekali berbeda.

Anda masih ingat tentang bagaimana skor 2-1 menggambarkan fakta di atas lapangan yang kami sebutkan beberapa waktu lalu? (Baca : Argentina vs Chile) Itulah yang benar-benar terjadi di pertandingan ini. Setelah unggul 2 gol, Kolombia agak sedikit menurunkan tempo, yang mana hal tersebut seperti memberi sinyal kepada Paraguay untuk mulai keluar menyerang. Kekuatan keduanya menjadi seimbang kini. David Ospina berkali-kali harus dibuat jatuh bangun berkat serangan sporadis Paraguay. Satu gol yang dianulir, satu tendangan bebas yang berhasil dihalau Ospina berkat reflek fantastisnya, dan satu free kick yang menerpa mistar gawang turut mewarnai peluang Paraguay yang berwajah ganda di babak pertama.

Victor Ayala mencetak gol spektakuler untuk Paraguay
Memasuki babak kedua, tempo permainan semakin meninggi. Paraguay berhasil memaksa Kolombia banyak bertahan. Pada babak ini David Ospina melakukan penyelamatan yang hampir mustahil. Kiper Arsenal itu berhasil menghalau bola hasil tandukan Oscar Romero yang 95% sepertinya akan gol. The Best save so far in the tournament!

Namun kegemilangan Ospina akhirnya runtuh juga di menit ke-71 tatkala tendangan geledek pemain pengganti, Victor Ayala, meluncur deras ke pojok kanan atas gawang Ospina. Suasana stadion pun makin riuh. Kedua tim mulai jual beli serangan dengan indahnya. Asyik menyerang, Paraguay malah harus kehilangan seorang pemainnya karena menerima kartu kuning kedua. Oscar Romero terpaksa diusir wasit karena melakukan pelanggaran yang sebenarnya agak tak perlu. Namun keunggulan jumlah pemain tak lantas membuat Kolombia mendominasi. Posisi unggul membuat mereka tak berani gegabah meski satu sepakan yang bisa saja mengakhiri perlawanan Paraguay lebih cepat, hanya menerpa mistar gawang. Kolombia akhirnya mengamankan kemenangan 2-1 dan berhak menjadi tim pertama yang lolos ke fase gugur. Sementara bagi Paraguay, mereka harus melalui pertarungan hidup mati di pertandingan terakhir melawan Amerika Serikat yang sementara duduk di posisi kedua klasemen grup A berkat kemenangan meyakinkan 4-0 atas Kosta Rika.

Highlights Kolombia vs Paraguay
Share This :