hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Man.City Resmi Mendapatkan Ilkay Gundogan

Man.City Resmi Mendapatkan Ilkay Gundogan
Ilkay Gundogan resmi diikat Manchester City dengan durasi kontrak 4 tahun. Sumber foto: Dailymail

Manchester City resmi mendapatkan tanda tangan dari Ilkay Gundogan pada hari ini, Kamis, 2 Juni 2016, dengan mahar transfer mencapai 21 juta poundsterling. Meski status Gundogan saat ini tengah cedera (hal yang membuatnya gagal pergi ke Euro Perancis), namun hal tersebut tak menghalangi City untuk tetap mencomotnya dari Borussia Dortmund karena menurut staf medis Gundogan sudah akan bisa dimainkan pada awal Bulan September mendatang. Kemungkinan besar, Gundogan akan mengisi peran Yaya Toure yang disinyalir akan pergi menyusul kisah ketidakcocokannya dengan Pep Guardiola di masa lalu.

Siapa Ilkay Gundogan? Apakah dia sehebat Yaya Toure?

Mulai menunjukkan bakat istimewanya sejak bermain bersama Nuernberg, Gundogan mulai dikenal dunia sejak menjadi salah satu kuartet "Rock & Roll" lapangan tengah Dortmund bersama dengan Shinji Kagawa, Mario Gotze dan juga Sven Bender pada masa kepelatihan Juergen Klopp.

Gundogan saat bersama Dortmund. Sumber: Skysports
Gundogan dikenal sebagai gelandang yang komplit, memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya. Bahkan salah satu kelebihannya yang menonjol adalah kemampuannya untuk mengkreasi peluang untuk timnya meski dalam keadaan tertekan. Kemampuan yang konon ia akui sendiri ia pelajari dari Klopp dan makin berkembang sejak Thomas Tuchel menanganinya musim lalu. Apakah Gundogan akan cocok bermain di Premier League? Well, ini pertanyaan yang gampang-gampang susah. Memang benar satu pemain yang bersinar di satu liga belum tentu dapat menunjukkan sinar yang sama di liga lain. Sebagai perbandingan, Nuri Sahin, pemain yang posisinya ia gantikan di Dortmund tatkala memilih bergabung dengan Liverpool, nyatanya malah gagal total. Kendati demikian, fans City tidak perlu khawatir, karena Guardiola, yang sudah tiga tahun menghadapi Dortmund saat menjabat sebagai pelatih kepala Bayern Munchen, tampaknya tahu benar bagaimana cara mengeluarkan kemampuan terbaik seorang Ilkay Gundogan.

Gundogan berfoto dengan jaket City di klinik perawatan
Sesaat setelah pengumuman resmi kepindahannya ke Inggris, Gundogan membuat pernyataan yang diunggah di situs resmi Manchester City. Berikut adalah petikannya.

"Ketika saya mengetahui City tertarik untuk mendatangkan saya, hati saya sudah menginginkannya. Dan tak kusangka semuanya berjalan amat cepat. Saya sangat mencintai Dortmund dan saya sangat berterima kasih untuk 5 tahun luar biasa yang saya habiskan di sana. Sekarang saya memiliki tantangan baru yakni meraih prestasi setinggi-tingginya bersama City. Kesempatan untuk dapat bekerjasama dengan pelatih seperti Pep Guardiola adalah sesuatu yang saya cari-cari selama ini, dan saya sungguh tersanjung menjadi rekrutan pertama klub ini untuk musim mendatang. Saya berjanji kepada seluruh fans City untuk memberikan kemampuan terbaik saya untuk memenangi baik Liga Primer maupun Champions League. Saya berharap kedatangan saya akan menjadi masa-masa yang mengasyikkan baik untuk klub maupun untuk diri saya sendiri."


Apa Kata Mereka Tentang Ilkay Gundogan?

"Saya tahu dia mengalami masa-masa sulit sesaat setelah kembali dari cedera beberapa saat lalu, satu tahun lalu kalau saya tidak salah ingat. Musim ini saya pikir dia sudah kembali ke performa terbaiknya seperti 2 tahun lalu. Dia pemain yang sangat berharga. Dia sangat lincah, pergerakannya sungguh mulus. Saya sangat senang mendapatkan dia sebagai pilihan, sayangnya itu tidak bisa dilakukan karena dia kembali cedera saat ini." - Joachim Loew.

"Yang paling penting adalah Gundogan tipe pemain yang mau belajar dan sangat cerdas. Dia juga memiliki sikap yang baik di dalam maupun di luar lapangan. Dia pemain yang sangat komplit, terutama kemampuan passing-nya yang amat bagus." - Juergen Klopp

Menurut Anda, Apakah Ilkay Gundogan akan menjadi rekrutan yang bagus untuk City? Ataukah pemain yang telah mengoleksi 16 caps untuk Jerman ini justru akan flop seperti pendahulunya, Nuri Sahin? Berikan pandangan Anda. ☺

Perbandingan statistik Gundogan dengan para midfielder City musim lalu. Sumber: Oulala
Share This :