hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Meksiko 3-1 Uruguay : Salah Nada Berujung Petaka

Meksiko 3-1 Uruguay : Salah Nada Berujung Petaka
Calon kuat juara Copa America, Uruguay, dihajar Meksiko 3-1. Sumber foto: The Guardian

Awalnya komentator pertandingan mengira ada masalah dengan efek suara di dalam stadion sehingga tak satupun pemain Uruguay yang terlihat menyanyikan lagu kebangsaannya. Namun ternyata itu bukan karena sound effect yang buruk, tapi memang panitia pertandingan yang salah memutar lagu kebangsaan Uruguay dengan lagu kebangsaan milik Chile! Alhasil suasana pun menjadi canggung untuk beberapa saat. Dan entah berhubungan atau tidak, atau memang hal itu menjadi semacam pertanda, Uruguay yang di pertandingan pembuka ini tak diperkuat penyerang terbaiknya, Luis Suarez, harus dipaksa menyerah dengan skor telak, 3-1. Kapten veteran Meksiko, Rafael Marquez, menjadi Man of the Match di pertandingan ini berkat aksinya mengamankan daerah pertahanan timnya sekaligus menciptakan gol indah yang meruntuhkan mental La Celeste.


Kedua tim mengawali laga dengan baik. In fact, sepanjang pertandingan baik Meksiko maupun Uruguay menyuguhkan permainan yang enak dilihat dan harus diakui inilah game Copa America Centenario pertama yang sangat saya nikmati. Sungguh sebuah suguhan tontonan yang menyenangkan. El Tri Colore, julukan Meksiko, yang sudah tak pernah kalah di laga internasional sejak pertengahan Juni 2015, unggul cepat lewat gol bunuh diri Alvaro Pereira tepatnya saat menit masih berada di angka ke-4. Suasana stadion pun segera meledak dengan koor 'Ole-ole' khas Meksiko, yang memang seperti sedang bermain di rumah sendiri. Sial bagi Pereira, gol bunuh dirinya ini adalah rekor gol bunuh diri tercepat dalam sejarah 100 tahun Copa America!

Fans Meksiko bergaya saat timnya menang. The Guardian
Meksiko praktis menguasai jalannya pertandingan babak pertama. Uruguay yang kesulitan menemukan celah di area pertahanan 'tuan rumah' pun akhirnya dipaksa bermain dengan taktik long ball. Dari taktik ini, satu peluang emas berhasil didapat Edinson Cavani saat penyerang milik Paris St. Germain tersebut tiba-tiba saja sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper El Tri, Alvredo Talavera. Nama terakhir ini pantas disebut sebagai pahlawan lainnya karena beberapa peluang emas Uruguay, termasuk peluang dari Cavani di atas, berhasil ia gagalkan. Menjelang akhir babak pertama, seperti sudah jatuh tertimpa tangga pula, Matias Vecino diusir wasit karena menerima 2 kali kartu kuning. Perjuangan Uruguay pun tampak makin berat untuk mengejar ketinggalan.

Tempo permainan berjalan makin naik di babak ke-2. Meksiko yang unggul jumlah pemain mencoba lebih menekan namun gagal membuat gol tambahan. Uruguay mendapat angin ketika gelandang Meksiko, Jose Guardado, juga diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua. Keadaan pun menjadi imbang 10 vs 10. Seakan tak menyia-nyiakan kesempatan, Diego Godin mampu menyamakan skor semenit setelah insiden kartu merah lewat tandukannya yang terarah, 1-1.

Disinilah pengalaman tak dapat dibohongi. Menjelang akhir laga, Rafael Marquez kembali membuat Meskiko memimpin dengan sebuah gol yang rasanya hanya bisa dibuat oleh seseorang yang sudah banyak makan asam garam. Sontekan keras Marquez meluncur manis di pojok kiri gawang Fernando Muslera. Bak kebakaran jenggot, Uruguay dengan frontal segera melakukan serangan bertubi-tubi. Namun nahas, pertahanan mereka menjadi terbuka. Hector Herrera menghukum kelalaian La Celeste dengan tandukan yang menutup pertandingan dengan skor 3-1. Uruguay yang sejatinya lebih diunggulkan untuk menjuarai Copa America Centenario ini akhirnya ditinggalkan dengan kepala tertunduk.

Highlights Meksiko vs Uruguay :

Pertandingan kedua Uruguay akan menghadapi Venezuela yang beberapa saat sebelumnya berhasil menang tipis 1-0 atas Jamaica. Jika menilik performa kedua tim, saya pikir Uruguay masih memiliki kesempatan cukup besar untuk dapat melaju ke babak selanjutnya. Mmm, asal nanti panitia memutar lagu kebangsaan yang benar ya. ☺
Share This :