hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Portugal 1-1 Islandia : Keberuntungan Pemula (?)

Portugal 1-1 Islandia : Keberuntungan Pemula (?)
Birkir Bjarnason menggagalkan kemenangan Portugal dengan sebuah unstoppable goal. Sumber: Mirror

Datang menjadi peserta Euro 2016 dengan status pertama kali tampil, Islandia, sebagai negara dengan populasi penduduk paling rendah di pagelaran ini, ternyata mampu tampil dengan semangat tinggi dan permainan yang cukup enak dilihat. Portugal mampu unggul lebih dulu lewat sontekan keras Nani pada pertengahan babak pertama. Namun keunggulan ini dibalas di awal babak kedua saat Birkir Bjarnason tanpa kawalan berarti menaklukkan kiper Rui Patricio. Melihat jalannya pertandingan, banyak orang pasti akan menyebut penampilan perdana Islandia ini sebagai keberuntungna pemula saja alias Beginner's Luck. Apakah Anda setuju?

Salah satu aksi penyelamatan Halldorsson
Dari satu sisi, ya, saya mungkin sedikit percaya bahwa satu poin yang berhasil diamankan Gilfy Sigurdsson dkk tidak dapat lepas dari kata keberuntungan. Tandukan Nani yang berhasil diblok dan tendangan Cristiano Ronaldo yang missed adalah sebagian dari beberapa peluang emas Portugal yang gagal dikonversikan menjadi gol. Meski terkesan beruntung, namun sebuah studi atau teori yang menyebutkan bahwa kiper Islandia, Hannes Halldorsson, yang sepanjang pertandingan memiliki reflek yang bagus bahkan sedikit di atas rata-rata kiper kebanyakan, konon didapat dari hasil latihan olahraga bola tangan, sebuah olahraga yang paling terkenal di Islandia selain sepakbola tentunya. Bahkan Islandia sendiri adalah negara adidaya untuk jenis olahraga yang satu ini. Memang sedikit berbau 'cocoklogi', namun hasil imbang melawan tim semacam Portugal jelas menjadi kredit tersendiri khususnya untuk Halldorsson yang tampil sangat baik di bawah mistar Islandia.

Ronaldo gagal memaksimalkan beberapa peluang emas
The Smiley Ronaldo

Melihat hasil akhir pada papan skor dan tidak ada nama Cristiano Ronaldo di sana, tentu akan timbul pertanyaan, Di mana Ronaldo? Meski tidak tampil buruk, namun memang superstar Portugal itu seperti lebih banyak tersenyum dan tebar pesona ketimbang menunjukkan aksi-aksi briliannya. Saya sendiri sebagai penggemar bintang milik Real Madrid itu cukup kecewa karena Ronaldo dalam pertandingan semalam banyak melewatkan peluang-peluang emas yang dengan levelnya yang sangat tinggi seharusnya dapat dimaksimalkan menjadi gol-gol yang mudah. Ronaldo seperti hanya bermain-main dan tidak serius. Mungkinkah dia kelelahan karena telah mengantarkan Real Madrid menjuarai Liga Champions akhir Mei lalu? Bisa jadi, meski itu juga bisa dianggap sebagai alasan pembenaran atas penampilan yang kurang menggigit.

Highlights Portugal vs Islandia

Meski hanya sanggup meraih satu poin, saya tidak melihat Portugal akan kesulitan menguasai grup F sejak penampilan Austria dan juga Hungaria di pertandingan lain ada dalam level yang lebih rendah. Untuk Islandia lebih sulit diprediksi karena dengan penampilan yang cukup bagus semalam dan faktor luck yang mungkin benar menaungi mereka, Islandia bisa saja mementahkan semua ramalan.
Share This :