hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Spanyol 3-0 Turki : Aggressive, Decisive, Wonderful

Spanyol 3-0 Turki : Aggressive, Decisive, Wonderful
Alvaro Morata mencetak gol pertama Spanyol setelah menerima umpan terukur Nolito. Sumber: Mirror

Spanyol akhirnya berhasil menyingkirkan mimpi buruk yang selama ini menghantui mereka, mimpi buruk tersingkir di babak grup Piala Dunia 2014. Meski membukukan kemenangan 1-0 di game perdana melawan Republik Ceko, penampilan Spanyol sejatinya masih jauh dari kata memuaskan. Baru di pertandingan kedua dini hari tadilah, akhirnya Tim Matador menunjukkan ciri khas permainan mereka yang enak dilihat sekaligus gelontoran gol yang menjadi pelengkap nan sedap.

Kedua tim memulai pertandingan dengan tempo cepat, menjadikan pertandingan ini sungguh enak disaksikan. Namun kegemilangan serangan Turki hanya berlangsung sesaat saja. Sejak Alvaro Morata berhasil menciptakan satu tembakan yang sukses diblok Volkan Babacan, Turki seperti kehilangan kreatifitas untuk memulai serangan. Kapten Arda Turan dan atau playmaker Hakan Calhanoglu semuanya seperti kehabisan akal untuk membongkar pertahanan Spanyol. Sekali lagi, David de Gea pun praktis hanya ongkang-ongkang kaki sepanjang pertandingan ini.

David de Gea tak banyak mendapat tekanan
Spanyol mengawali pesta golnya lewat tandukan Morata. Penyerang milik Juventus itu menyambut umpan crossing Nolito dari sisi kanan pertahanan Turki dan mengarahkan bola ke sisi jauh kiper Babacan. Setelah membuat assist, Nolito gantian menjebol gawang Turki setelah menerima umpan lambung Cesc Fabregas. Bola umpan sempat dihadang Mehmet Topal, namun hasil clearance yang tak sempurna membuat Nolito dengan mudah menyontek bola masuk ke dalam gawang. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Turki yang tertinggal 2 gol sama sekali tak menunjukkan tanda-tanda ingin segera mencetak gol balasan. Situasi ini dimanfaatkan Spanyol dengan tetap mendominasi jalannya pertandingan. Lewat sebuah serangan yang dibangun Andres Iniesta, Jordi Alba berhasil merangsek masuk ke area pertahanan Turki untuk kemudian memberikan umpan matang kepada Morata yang berdiri bebas. Tanpa ampun, striker yang sempat dibuang Real Madrid itu kembali mencetak gol keduanya di turnamen ini. Meski dalam tayangan ulang posisi Alba sudah offside, namun sepertinya wasit kurang jeli sehingga mengesahkan gol ini. Skor 3-0 untuk kemenangan Spanyol bertahan hingga peluit panjang sekaligus menahbiskan Spanyol sebagai tim pertama di Euro kali ini yang sanggup mencetak gol lebih dari 2 biji.

Highlights Spanyol vs Turki

Aggressive, Decisive, Wonderful, itulah gambaran untuk performa Spanyol dini hari tadi. Kendati demikian, saya pribadi belum dapat menjagokan tim ini untuk dapat mempertahankan gelar Euro yang diraih 4 tahun lalu. Penyebab utamanya tentu saja adalah karena lini belakang mereka belum benar-benar teruji. Lawan-lawan yang dihadapi sejauh ini lebih banyak sibuk untuk bertahan daripada menyerang. Namun begitu, Spanyol bukan tidak mungkin juga bisa melenggang sampai jauh karena jalur jadwal yang telah ditentukan (Baca : Bagan & Update Skor) membuat mereka kemungkinan besar memperoleh lawan-lawan yang tetap mudah sampai setidaknya babak perempat final.
Share This :