hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

USA 0-2 Kolombia : Tuan Rumah Canggung

USA 0-2 Kolombia : Tuan Rumah Canggung
Para pemain Kolombia merayakan gol Cristian Zapata. Sumber foto: Espnfc

Antusiasme publik Amerika Serikat meninggi seiring dengan ditunjuknya mereka sebagai tuan rumah Copa America Centenario. Harapan dan target tinggi pun segera dicanangkan kepada USMNT, julukan untuk tim nasional sepakbola mereka. Seperti tak kalah bersemangat, para bandar rumah taruhan terbesar dunia pun menjagokan Clint Dempsey dkk setidaknya akan bisa mencapai semi final. Dan ketika peluit kick-off dibunyikan sebagai tanda dibukanya pertandingan pembuka antara Amerika Serikat vs Kolombia, dengan segera impian dan harapan tuan rumah itu dihempaskan lagi ke bumi. Pasukan Juergen Klinsmann dibangunkan dari mimpi siangnya yang indah. Mereka seperti diingatkan kembali bahwa fitrah sejati mereka hanyalah 'tamu' di perhelatan Copa America.

Tuan rumah bermain dengan tempo sedang cenderung hati-hati sejak menit awal. Entah apakah mereka sedang mengalami demam panggung karena ini adalah pertama kalinya Copa America diselenggarakan di luar Amerika Latin, yang jelas kecanggungan yang menjurus pada ketidakpercayadirian terlihat cukup jelas pada permainan tim Paman Sam. Kredit minus terutama harus kita berikan pada barisan pertahanan Amerika Serikat, dimana 2 gol Kolombia semuanya dilakukan karena kesalahan barisan ini.

James Rodriguez, kapten Kolombia. Sumber foto: Goal
Gol pertama Kolombia dari sepakan voli Cristian Zapata terjadi karena seorang bek Amerika gagal mengkaver pergerakan penyerang yang masih tercatat sebagai pemain AC Milan tersebut. Gol kedua Kolombia yang merupakan hasil konversi sempurna kapten James Rodriguez dari titik putih, adalah berkat kesalahan bek DeAndre Yedlin yang entah karena reflek atau memang kecerobohannya, menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. Memasuki babak kedua, lagi-lagi barisan pertahanan Amerika membuat jantung publik tuan rumah berdegup kencang. Kali ini giliran kelambanan pergerakan mereka yang tak mampu menutup area pertahanan dengan baik, membuat Carlos Bacca lolos dengan mesra. Untungnya, sepakan striker yang mencuat bersama Sevilla itu hanya menerpa mistar gawang. USA pun selamat dari rasa malu yang lebih dalam lagi. Kolombia menutup mimpi tuan rumah dengan penampilan dan kemenangan yang nyaman, 0-2.

Highlights USA vs Kolombia


Dengan kekalahan di pertandingan pembuka, pastinya peluang tuan rumah untuk melaju ke babak selanjutnya akan terasa lebih berat. Game selanjutnya melawan Kosta Rika akan menjadi kunci, apakah mereka masih bisa bernapas, atau justru pasrah untuk sekedar menjadi tuan rumah yang baik.
Share This :