hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Higuain ke Juventus, Sinyal Kebangkitan Tim-Tim Italia (?)

Higuain ke Juventus, Sinyal Kebangkitan Tim-Tim Italia (?)
Gonzalo Higuain menjadi pemain termahal Serie A Italia. Sumber foto: Dailymail

Hari ini, Rabu, 27 Juli 2016, raksasa Italia Juventus resmi merekrut Gonzalo Higuain dari Napoli dengan memecahkan rekor transfer di Italia yang telah bertahan belasan tahun. Penyerang tim nasional Argentina itu diikat dengan durasi maksimal 5 tahun dengan nilai transfer sebesar 76 juta poundsterling. Tak pelak, pro dan kontra pun segera mencuat seiring terjadinya transfer ini. Tidak sedikit yang menganggap Higuain tak pantas dihargai sedemikian tinggi meski musim lalu berhasil menjadi top skorer Serie A.

Bahkan legenda hidup Argentina sekaligus Napoli, Diego Maradona, menganggap Higuain telah menyakiti hatinya. Seperti sedang memancing di air keruh, Maradona dengan enteng mengatakan bahwa mantan anak asuhnya di tim Tango tersebut telah mengkhianati kepercayaan fans Napoli, dimana Higuain sudah telanjur dicintai dan dianggap sebagai pewaris kebesaran Maradona yang paling dapat diandalkan. Dan dengan memutuskan pindah ke Juventus, tim yang secara tradisi justru dibenci oleh para Napolisti, sudah pasti label sebagai pengkhianat terkutuk akan tersemat di tubuh Higuain, selamanya.

Setidaknya itu dari sudut pandang pendukung Napoli. Dari sudut pandang para Juventini tentu saja kepindahan Il Pipito, julukan Higuain, adalah sebuah keberuntungan besar terlebih sejak The Old Lady sudah pasti kehilangan Alvaro Morata yang pulang kampung ke Real Madrid. Jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas lagi, kepindahan Higuain kali ini bisa jadi adalah sinyal kebangkitan tim-tim Italia terutama di kancah Eropa. Kok bisa?

Dalam beberapa tahun belakangan ini, Champions League dan Europa League hampir selalu dikuasai tim-tim asal La Liga Spanyol. Dan andai dihubungkan dengan bursa transfer pemain, jual-beli pemain bintang dengan nilai jumbo pun hampir selalu juga melibatkan nama mereka. Dimana Italia? Terakhir kali tim Italia mencatat angka fantastis di bursa transfer terjadi pada tahun 2001, hampir 2 dekade yang lalu, saat Juventus merekrut Buffon muda dari Parma. Bahkan setahun sebelumnya, klub sekelas Lazio sempat menjadi tim Serie A paling top menghamburkan fulus saat mendatangkan Hernan Crespo, juga dari Parma, tim yang sekarang bahkan sudah dinyatakan bangkrut.

Memang Italia masih dapat mengirimkan AC Milan dan Inter Milan sebagai yang terbaik di Eropa dalam satu dekade terakhir, namun melihat ketidakmampuan mereka berbicara banyak di bursa transfer beberapa tahun belakangan ini, secara perlahan juga mulai mengebiri prestasi mereka di kancah Eropa, pun nilai kepopuleran mereka di mata dunia.

10 Pemain termahal dunia. Sumber: Wikipedia

Kepindahan Higuain, meski menimbulkan banyak kontra, nyatanya juga bisa dipandang sebagai kebangkitan sepakbola Italia. Kepindahan ini selain menancapkan rekor baru Juventus sebagai klub Italia yang pernah membuat transfer paling mahal, juga mencatatkan rekor baru sebagai transfer lokal dengan nilai paling tinggi. Ya, nama Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo sebagai pesepakbola paling mahal saat ini, keduanya didapat Real Madrid dari tim di luar Spanyol. Gonzalo Higuain saat ini juga bisa dibilang adalah pesepakbola asal Amerika Latin paling mahal, melebihi nama-nama seperti Neymar, Luis Suarez, ataupun James Rodriguez. Bahkan Lionel Messi, yang dianggap sebagai pesepakbola terbaik di planet bumi, tidak akan lebih mahal dari Higuain, karena dia memang tidak pernah pindah ya, hehe.... Well, bukankah itu prestisius?

Memang transfer mahal tidak berkorelasi langsung dengan prestasi. Namun apa yang dilakukan Juventus kali ini bak membuka mata dunia bahwa Serie A Italia belum habis. La Vechia Signora seperti sedang menantang dunia bahwa mereka bisa memecahkan rekor apapun jika mereka mau. Bukan tidak mungkin, langkah yang dilakukan Juventus kali ini akan diikuti tim-tim besar tradisional Italia yang lain untuk kembali mendatangkan pemain-pemain terbaik, dengan harga berapapun, untuk kembali mendongkrak prestasi tim-tim Italia di kancah internasional. Hope so.
Share This :