hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Kante Resmi Dipinang Conte, Tantangan Baru Sang Tukang Angkut Air

Kante Resmi Dipinang Conte, Tantangan Baru Sang Tukang Angkut Air
N'Golo Kante kini resmi berbaju The Blues Chelsea. Sumber: Bleacherreport

Chelsea resmi meminang N'Golo Kante dari juara baru Premier League Leicester City dengan mahar yang disinyalir ada di kisaran 30 juta poundsterling. Transfer termasuk berjalan mulus karena sejak The Blues secara resmi mengajukan tawaran, Claudio Ranieri menyerahkan keputusan sepenuhnya pada gelandang yang cukup bersinar bersama Perancis di Euro 2016 tersebut.

"Musim pertama saya di Liga Inggris sungguh istimewa dan sekarang saya berharap dapat melakukan lebih baik lagi sebagai pemain Chelsea. Saya sangat senang dapat bergabung dengan salah satu tim terbesar di Eropa. Kesempatan untuk dapat bekerja dengan Antonio Conte, seorang pelatih yang brilian, dan bermain bersama pemain-pemain terbaik dunia sungguh sebuah kesempatan yang terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Ini seperti mimpi yang jadi kenyataan bagi saya", ujar Kante dalam jumpar pers perekrutan dirinya.

Musim lalu, Kante resmi dinobatkan sebagai gelandang bertahan terbaik menyusul timnya, Leicester City, yang secara luar biasa sukses memporak-porandakan dunia Kang Aow Premier League. Angka-angka statistik yang mengikuti Kante juga hampir selalu menggambarkan betapa hebatnya gelandang tukang angkut air yang satu ini. Intersepsi terbanyak, tackles terbanyak, hanya beberapa dari catatan pribadinya yang menunjukkan betapa sulit lawan melewati dirinya sebagai filter pertama pertahanan tim. Yang menarik, kedatangan Kante ke Chelsea artinya adalah perannya akan bergesekan dengan gelandang bertahan The Blues yang sudah lebih dulu mapan, Nemanja Matic.

Perbandingan statistik Matic vs Kante pada musim yang berbeda dimana keduanya dalam peak performance

Seperti kita tahu, sebelum Chelsea mengalami era kegelapan musim lalu, Matic adalah gelandang angkut air paling fenomenal. Di musim 2014/2015, musim dimana Chelsea berhasil menjadi raja Premier League, peran Matic hampir sama krusialnya dengan peran Kante di Leicester musim lalu. Tentu saja, Conte bisa memainkan keduanya berbarengan jika memungkinkan. Namun idealnya, jika satu gelandang bertahan saja sudah cukup demi mengejar banyak gol, untuk apa harus memasang 2 pemain dengan tipe yang sama? Jika opsi 1 gelandang bertahan yang dipakai Conte, bisa dipastikan satu diantara kedua pemain ini tidak akan betah duduk berlama-lama di bench. Kebetulan, Jose Mourinho tengah menggoda Matic untuk bergabung kembali bersamanya di MU. Jika Conte tak jeli mengakomodasi situasi semacam ini, bisa jadi Matic akan lepas ke tangan musuh.

Kedatangan Kante jelas akan membahagiakan para pendukung setia The Blues. Kante memiliki kemampuan somatotip (membangun serangan dari posisi bertahan) nan elegan dan efektif selama berbaju The Foxes. Tantangan bagi Kante saat ini tentu saja adalah mentransfer bakat alaminya tersebut ke tim barunya karena praktis Chelsea memiliki gaya bermain yang sama sekali berbeda dengan Leicester. Mampukah Kante menjawab tantangan tersebut?


sumber: Bleacher Report, Whoscored
Share This :