hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Permainan Mengesalkan Portugal Mengantar Mereka ke Semi Final Euro 2016

Permainan Mengesalkan Portugal Mengantar Mereka ke Semi Final Euro 2016
Ricardo Quaresma kembali menjadi penentu kelolosan Portugal ke babak berikutnya. Sumber foto: UEFA

Dalam ranah sepakbola Eropa, nama Portugal jelas tak sebesar Jerman, Spanyol, Italia, bahkan Inggris. Namun untuk urusan prestasi di kancah internasional khususnya dalam lingkup regional Eropa alias European Cup, ternyata performa Selecao terhitung stabil, sangat stabil. Praktis sejak Euro 2000, Portugal hampir selalu berhasil mencapai semi final. Dalam kurun waktu tahun 2000 sampai dini hari tadi, tim yang dijuluki sebagai Brazil-nya benua biru tersebut hanya sekali gagal melangkah ke semifinal yakni pada Euro 2008. Banyak yang bilang keberhasilan Portugal melangkah ke semi final di edisi terbaru Euro kali ini tak lepas dari masuknya mereka ke bagan jadwal yang lebih ringan (lihat Update Skor & Bagan Jadwal Euro 2016). Kendati demikian, hal tersebut tak dapat menutupi fakta bahwa kini Portugal sudah berada di semifinal keempatnya dari 5 edisi Euro terakhir. Mengagumkan.

Mengagumkan? Dari segi pencapaian mungkin benar, namun dari segi permainan atau cara mereka meraih prestasi itu mungkin dapat sedikit dipertanyakan. Sesuai prediksi kami sebelumnya, Portugal kembali tampil tidak mengesankan terutama di sepanjang babak kedua. Yang menjadi masalah adalah bukan karena sebenarnya mereka tidak tampil buruk, melainkan seperti sengaja tidak tampil maksimal.

Gol cantik Sanches menandai dirinya sendiri sebagai the next golden generations of Portugal. Sumber: UEFA

Berkat gol cepat yang dicetak Robert Lewandowski di awal babak pertama, kami sempat mengira prediksi kami tentang permainan Portugal akan salah. Untuk sesaat, permainan menjadi lebih hidup karena Portugal bersemangat untuk mengejar ketertinggalan sedangkan Polandia ngotot untuk menambah keunggulan. Sampai setengah jam kemudian, puncak permainan akhirnya tercipta saat Renato Sanches berhasil melesakkan gol cantik penyeimbang kedudukan berkat umpan backheel dari Nani. Dari gol ini, Anda bisa melihat betapa Portugal sejatinya memiliki kualitas eksplosif yang bisa saja mencengangkan.

Memasuki babak kedua, lagi-lagi sesuai prediksi kami sebelumnya, Polandia mulai menurunkan tensi. Kami tidak tahu apakah itu memang strategi yang mereka pakai atau karena mereka benar-benar kelelahan. Yang jelas, permainan menjadi tidak semenarik babak pertama. Sialnya, Portugal yang berpeluang mendominasi permainan justru tampil seenaknya. Mereka kembali memainkan strategi bad beat seperti saat mengandaskan perlawanan Kroasia di babak sebelumnya. Cristiano Ronaldo, sang bintang itu, sang superstar itu, yang memiliki 2 peluang emas untuk menyalip perolehan gol sepanjang masa milik Michel Platini, nyatanya hanya mau menendang angin saja meski bola-bola mudah diterimanya. Benar-benar mengesalkan.

Di masa perpanjangan waktu, Polandia mencoba mencuri kesempatan, namun sia-sia karena mereka begitu tampil tak bertenaga sejak babak kedua dimulai. Dan ketika babak adu penalti harus dimainkan karena skor tetap bertahan 1-1 hingga 120 menit, Polandia akhirnya menjadi tim pesakitan setelah sepakan Jakub Błaszczykowski berhasil diantisipasi Rui Patricio. Ricardo Quaresma yang menjadi penendang terakhir Selecao melakukan tugasnya dengan baik untuk mengantarkan timnya ke semifinal ke-4 mereka dari 5 edisi Euro terakhir. Selamat Portugal!

Highlights Polandia vs Portugal
Share This :