hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Prediksi Portugal vs Perancis, Final Euro 2016

Prediksi Portugal vs Perancis, Final Euro 2016
Ricardo Quaresma vs Dimitri Payet, siapakah yang akan menjadi yang terbaik di Euro 2016? Sumber: UEFA

Sebulan sudah kita menyaksikan pesta akbar Sepakbola Eropa 2016. Meski tak sedikit yang menganggap pagelaran Euro kali ini tidak semenarik yang sudah-sudah, tetap saja meninggalkan berbagai macam catatan menarik yang tentunya akan diingat orang sepanjang masa. Lihat bagaimana Wales dan Islandia, 2 negara yang kebetulan sama-sama berstatus debutan, mampu melaju jauh di turnamen ini dengan penampilan yang tak kalah impresifnya. Sebagai negara kecil, keduanya sanggup melewati babak-babak yang tak dapat dilewati negara-negara besar seperti Italia dan Inggris. Atau lihat juga Belgia, negara yang konon memiliki skuad paling mumpuni dan berperingkat paling baik di mata FIFA, harus terjungkal bahkan sebelum partai puncak digelar.

Pada 10 Juli 2016 malam, akan segera digelar partai puncak dari festival 4 tahunan ini yang akan mempertemukan dua tim yang secara ideologi sangat bertolak belakang, Portugal vs Perancis. Dari sudut pandang sejarah pertemuan kedua tim, orang dengan mudah akan menunjuk Perancis yang akan keluar sebagai pemenang untuk menggenapi rekor pribadi mereka menjadi pemilik 3 gelar Euro sepanjang masa. Namun seperti yang sudah pernah saya katakan sebelumnya, sepakbola bukanlah ilmu eksak meski prediksi kali ini pun tak akan jauh-jauh dari disiplin ilmu tersebut.

Portugal di satu sisi, secara luar biasa berhasil mencapai fase tertinggi Euro 2016 meski dengan penampilan yang tak pernah benar-benar mengesankan. Bahkan, Cristiano Ronaldo dkk hampir saja membuat rekor lolos ke final meski tak pernah menang dalam waktu normal 90 menit sebelum akhirnya mengandaskan Wales dalam rentang waktu yang wajar tersebut, meski yah, apa yang mereka capai sebelum bertemu Wales sudah merupakan rekor tersendiri.


Di sisi lain, Perancis sebagai tuan rumah, berhasil memenuhi ekspektasi semua orang, khususnya para fans setianya, untuk setidaknya dapat mencapai partai final. Tak pernah tampil mengesankan sejak babak grup, Les Bleus mulai menunjukkan jati dirinya yang sebenarnya sejak babak knock-out. Olivier Giroud cs seakan terlepas dari belenggu beban yang berat dan mulai menunjukkan permainan yang cair dan enak dilihat sejak fase gugur dimulai. Puncaknya tentu saja baru terjadi beberapa hari yang lalu saat mereka berhasil menghentikan langkah tim terbaik turnamen ini, Jerman.

Silakan cari sumber berita dari mana saja, Anda akan menemukan fakta yang sama, bahwa pertemuan antara Portugal vs Perancis ini ibarat kancil vs buaya, dimana Perancis tampil sebagai sang predator. Ya, dari 10 kali pertemuan terakhir diantara kedua tim, Perancis selalu menang! Dengan catatan itu, Selecao pun akhirnya tercatat sebagai mangsa paling empuk bagi Perancis setelah Luxembourg. Portugal = Luxembourg? Benar-benar perbandingan yang mengerikan.

Perbandingan statistik Cristiano Ronaldo vs Antoine Griezmann di Euro 2016. Sumber : Oulala

Kendati demikian, mengatakan Portugal akan kalah dengan mudah adalah sebuah kesalahan fatal. Faktanya Selecao kini telah mencapai partai final dan itu berarti mereka adalah tim terbaik yang pantas untuk mendapatkan perhatian. Dengan gaya bermain anti-football, pasukan Fernando Santos ini bagaikan the black hole wall yang akan menyedot semua benda ataupun kekuatan apapun yang dimiliki lawan. Mereka seperti magnet, mereka seperti Segitiga Bermuda. Jika Perancis, seperti tim lainnya, jatuh ke dalam perangkap itu, impian Perancis untuk memenangi gelar di negeri sendiri bisa sirna.

Kesempatan besar Les Bleus saya pikir akan ada pada babak pertama. Dengan taktik bermain yang seringkali hanya coba-coba selama 45 menit pertama, mereka bisa merusak ritme dan jebakan yang telah disiapkan oleh Portugal. Jika Perancis bisa unggul lebih dulu pada babak ini, saya pikir mereka akan selamat sampai tujuan. Unggul 2 gol akan lebih baik.

Jika Perancis gagal unggul pada babak pertama, peluang mereka akan lebih berat. Didier Deschamps akan saya asumsikan mengganti taktik untuk menggempur Portugal dari berbagai sisi, menggunakan berbagai macam cara untuk meruntuhkan tembok Selecao. Namun justru disanalah Antoine Griezmann dkk bisa jatuh lebih keras. Dengan tren penampilan Perancis yang membaik di babak kedua, saya prediksikan Portugal justru akan dapat mencuri gol di babak ini.

Prediksi Admin Bolaitubal.com

Dengan berhasil melaju sampai final, Perancis telah menciptakan rekor sebagai negara pertama yang sanggup mencapai babak akhir kompetisi mayor 3 kali beruntun dengan status sebagai tuan rumah. Tentu saja, rekor ini akan makin sempurna jika mereka juga sanggup memenanginya. Sementara itu, dalam 13 laga terakhir di turnamen mayor, Portugal hanya sekali saja mengalami kekalahan yakni atas Jerman pada babak grup Piala Dunia 2014. Ini membuktikan bahwa Selecao memang tim yang ulet dan sulit ditaklukkan.

Sulit rasanya menjagokan tim seperti Portugal untuk memenangi Euro kali ini. Andai toh mereka akhirnya nanti berhasil melakukannya, saya pribadi mungkin tak akan rela. Mereka bermain begitu buruknya dan tak pantas menang. Prediksi akhir kami, Portugal sepertinya akan sanggup memaksa Perancis untuk bermain melebihi batas waktu normal. Namun untuk mengangkat piala Henri Delaunay, kami akan tetap menjagokan Perancis, meski prediksi itu agak berbau harapan. ☺

Prediksi Portugal vs Perancis, Final Euro 2016 (90 menit)
1-1
Share This :