hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Ramadan Sobhi, Bintang Baru yang Siap Bersinar Terang

Ramadan Sobhi, Bintang Baru yang Siap Bersinar Terang
Dalam bidang ilmu astronomi, hampir setiap hari ilmuwan-ilmuwan ternama dunia menemukan bintang atau rasi bintang baru yang belum pernah terdeteksi sebelumnya atau memang baru saja tercipta dari siklus energi fusi yang rumit. Bintang-bintang baru tersebut ada yang semu (tak memiliki energi cahaya sendiri) dan ada yang nyata seperti halnya
matahari. Bintang-bintang itu ada yang dianggap biasa-biasa saja dan tak jarang ada pula yang dianggap sangat unik hingga dianggap dapat mempengaruhi keberadaan bintang yang lain. Gambaran itu mungkin yang paling tepat untuk mengilustrasikan 'muncul'-nya sosok Ramadan Sobhi, rekrutan resmi pertama Stoke City di bursa transfer musim 2016/2017.
Dihargai lebih dari 5 juta pounds untuk merampungkan proses kepindahannya, Sobhi dikenal publik Mesir sebagai bintang muda yang memiliki sinar amat terang dan menarik perhatian. Hanya dalam rentang 2 tahun sejak pertama kali melangkahkan kakinya di dunia sepakbola profesional, Sobhi sudah mengangkat 2 titel juara liga bersama Al Ahly. Penggila sepakbola di salah satu negara tertua di dunia itu kemudian menjulukinya sebagai 'Messi-nya Mesir', tentu saja, karena kemampuan keeping ball-nya yang memang di atas rata-rata dan gocekan-gocekannya dalam melewati hadangan lawan yang menawan, persis seperti sang maestro asal Argentina, hampir persis. Yang membedakan mungkin adalah Sobhi memiliki postur tubuh yang tegap dan ideal, yang menjadikannya cukup kokoh dan tidak mudah jatuh ketika berduel satu lawan satu dengan bek bongsor lawan.

"Untuk seluruh fans Stoke City yang belum terlalu mengenal Ramadan Sobhi, percayalah, kalian baru saja merekrut salah satu top talent dunia... Kalian akan suka melihat caranya bermain, believe me!" Celoteh Ahmed Mido Hossam, mantan penyerang Tottenham Hotspur dan tim nasional Mesir di akun sosial medianya.

Namun meski memiliki reputasi mentereng di usianya yang masih sangat muda (19 tahun) dan mendapat sanjungan setinggi langit, setidaknya dari publik Mesir sendiri, English Premier League bagaimanapun juga adalah medan tempur yang sama sekali berbeda. Jika tidak hati-hati, kekejaman Premier League bisa saja menghancurkan karier Sobhi dengan cepat. Hal ini diungkapkan oleh pelatih Stoke, Mark Hughes, bahwa ia mengharapkan anak buah barunya itu dapat beradaptasi dengan baik dengan kerasnya Premier League. Akan sangat sia-sia jika bintang baru yang menarik ini sampai gagal bersinar.

Kendati demikian, Martin Jol, mantan pelatih Tottenham Hotspur dan juga Fulham, yang merupakan pelatih Al Ahly saat ini, melihat bahwa sosok Ramadan Sobhi dalam sudut pandangnya justru sangat pas jika bermain di Premier League. Bahkan sebelum klub Al Ahly memutuskan melepas Sobhi ke Stoke, Jol sudah pernah menyarankan kepada Jose Mourinho untuk segera merekrutnya, yang sayangnya saran itu tak pernah terealisasikan.


Setelah mendapatkan Sobhi, dalam waktu yang hampir bersamaan, Stoke City juga akhirnya secara resmi mendapatkan tanda tangan Joe Allen, gelandang milik Liverpool, yang entah secara bercanda atau tidak sering disebut orang-orang sebagai Andrea Pirlo-nya Wales itu, dengan bandrol 13 juta pounds. Menilik kontribusi bagus Allen untuk Wales selama perhelatan Euro 2016 lalu, bisa jadi Stoke baru saja melakukan dua deal transfer yang bagus untuk menatap musim baru 2016/2017. Apakah Anda juga berpikir demikian?
Share This :