hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Takuma Asano, yang Perlu Anda Tahu Tentang Bomber Baru Arsenal

Takuma Asano, yang Perlu Anda Tahu Tentang Bomber Baru Arsenal
Takuma Asano menampilkan gaya khasnya dalam sesi pengenalan pemain baru Arsenal. Sumber: Espnfc

Seakan sudah menjadi tradisi dimana Arsenal dalam 1 dekade terakhir hampir selalu memiliki setidaknya 1 pemain Asia Timur dalam skuadnya, pada tanggal 3 Juli 2016 yang lalu The Gunners secara resmi telah merampungkan transfer penyerang milik klub Jepang Sanfrecce Hiroshima, Takuma Asano. Arsene Wenger seakan tak kapok dengan kenyataan bahwa 3 pemain Asia Timur yang pernah bekerja di bawah asuhannya selama ini tak pernah benar-benar dapat bersinar. Nama-nama seperti Junichi Inamoto, Ryo Miyaichi hingga Park Chu-Young, semuanya gagal bersinar meski kemudian menunjukkan nasib yang lebih baik justru ketika sudah tak berbaju Arsenal. Jadi, apakah Emirates Stadium akan menjadi 'kuburan' selanjutnya bagi Asano?

Tentu saja, menyamaratakan karir seseorang yang bahkan belum dimulai adalah tidak adil. Nama Asano juga jelas bukan nama yang diharapkan para fans The Gunners untuk mereka dengar sebagai opsi Arsene Wenger untuk memperkuat lini serang Arsenal. Entah apa yang dipikirkan para petinggi Arsenal saat menyetujui proses transfer ini. Apakah mereka benar-benar mengamini kemampuan pemuda 21 tahun ini, ataukah ini hanya demi keuntungan bisnis semata, karena sosok Asano jelas akan tetap menjaga nama Arsenal di kawasan Asia tetap disegani dan mau tidak mau harus dicintai. Well, kita tidak akan membicarakan hal itu. Setidaknya, mari kita menilai sosok Takuma Asano dari sudut pandang sepakbola, sudut pandang yang seharusnya.

~ Apa saja yang Perlu Anda Tahu Tentang Takuma Asano ~

aksi Takuma Asano. Sumber: The Sun
1. Asano adalah Tipe Striker Cepat, Bukan Kuat

Sebelum ini, Arsenal sering dikait-kaitkan dengan Jamie Vardy sebelum akhirnya memutuskan untuk bertahan di Leicester City. Asano, sekilas memiliki gaya bermain yang mirip dengan Vardy yakni mengandalkan kecepatan larinya. Namun dengan tinggi badan 'hanya' 5 kaki 6 inch, yang sebenarnya adalah tinggi badan ideal untuk rata-rata orang Asia, Asano mungkin tak sekuat Vardy. Namun, setiap ada kelemahan tentu juga ada kelebihan. Meski tinggi badannya bukanlah tinggi badan idaman seorang striker, menurut laporan surat kabar di Jepang, Asano sanggup melahap lintasan 50 meter dalam tempo 5,9 detik. Tebak apa, catatan waktu ini adalah sama dengan catatan waktu milik pemain tercepat Arsenal saat ini, Hector Bellerin dan Theo Walcott. Ditambah dengan speedster Arsenal yang lain seperti Alexis Sanchez atau Santi Cazorla, bisa kita bayangkan betapa cepatnya Arsenal dalam permainan.

Asano menerima penghargaan Young Player of The Year 2015
2. Di Asia, Asano adalah High Profile Wonderkid

Seberapa sering Anda mendengar istilah wonderkid? Hampir tiap musim baru, bursa transfer tak pernah sepi dari lalu lalang pemain yang disebut-sebut sebagai wonderkid, seorang pemain berusia sangat muda namun dianggap memiliki skill di atas rata-rata sehingga diperebutkan banyak tim besar sebagai bagian dari rencana jangka panjang tim tersebut. Bagi Anda pecinta sepakbola Eropa, tentu nama Asano masih asing. Namun bagi penggemar sepakbola Asia khususnya J1-League, Asano adalah salah seorang wonderkid yang memiliki profil paling tinggi dan paling cemerlang diantara para wonderkids lainnya. Di usianya yang masih muda, Asano telah meraih 2 titel juara J1-League, kasta tertinggi Liga Jepang, bersama Sanfrecce Hiroshima, serta sebuah penghargaan pemain muda terbaik Jepang pada 2015. Fakta ini kemudian dijadikan meme oleh sebagian Arsenal's haters, bahwa Asano mungkin adalah pemain yang lebih baik dari seluruh skuad Arsenal saat ini, yang belum pernah mencicipi gelar apapaun bersama The Gunners. Wah, sindiran yang kejam ya, hehehe....

"Takuma adalah penyerang muda yang sangat bertalenta dan jelas adalah bagian dari masa depan. Dia memiliki permulaan karir yang impresif di Jepang dan kami akan senang dapat melihat perkembangan dan perannya untuk kami dalam beberapa tahun ke depan", kata Wenger sesaat setelah peresmian Asano berbaju Arsenal.

Selebrasi khas Takuma Asano
3. Takuma Asano adalah Si Jaguar

Poin ini mungkin tidak terlalu penting, namun menjadi hal yang menarik karena akhir-akhir ini tidak banyak pemain yang memiliki julukan unik yang diberikan oleh para suporter. Dan ketika seorang pemain mendapatkan julukannya sendiri, itu berarti dia diakui sebagai salah satu yang terbaik dan pantas diingat. Julukan 'The Jaguar' muncul setelah Asano sering melakukan selebrasi unik seusai mencetak gol. Selebrasi itu adalah membuat gerakan mencengkeram layaknya seekor binatang buas. Fans Arsenal mungkin saja akan mendapati selebrasi semacam ini tidak akan terlalu mengintimidasi, namun jika Asano melakukannya sesering mungkin alias mencetak banyak gol untuk The Gunners, bisa saja selebrasi Sang Jaguar Asia ini akan menjadi tren sosial yang mewabah.


Takuma Asano kemungkinan besar akan disertakan dalam skuad Jepang menuju Olimpiade 2016 di Brazil pada bulan Agustus mendatang. Ajang tersebut dapat ia jadikan sebagai pembuktian bahwa Arsenal tak salah membelinya. Kendati demikian, ada juga wacana yang menyebutkan jika Arsenal akan langsung meminjamkan Asano ke klub lain terlebih dahulu, sehingga kemungkinan besar untuk dapat melihat aksinya bersanding dengan nama-nama seperti Mesut Ozil atau Olivier Giroud masih akan menunggu beberapa waktu lagi.
Share This :