hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Wawancara Pertama Jose Mourinho Sebagai Manajer Man.United

Wawancara Pertama Jose Mourinho Sebagai Manajer Man.United
Jose Mourinho saat sesi latihan untuk laga pramusim di Cina. Sumber foto: Dailymail

Jose Mourinho memberikan wawancara pertamanya bersama wartawan Chris Wheeler dari Sportsmail sejak ditunjuk menjadi manajer Manchester United. Sang Manusia Spesial membicarakan banyak hal tentang Zlatan Ibrahimovic, Juan Mata, hingga kemungkinan terjadinya mega-transfer atas nama Paul Pogba. Berikut adalah bebrapa petikannya yang kami anggap paling penting.

Pertanyaan (P) : Apakah kesan pertama Anda terhadap tim ini?
Jose Mourinho (JM) : Secara keseluruhan saya terkesan namun tidak terkejut. Dalam level ini para pemain bekerja sangat profesional. Mereka semua ingin bekerja maksimal. Dan saya terkesan bagaimana mereka menunjukkannya.

(P) : Bagaimana tentang Zlatan Ibrahimovic? Apakah dia masih bisa menjadi andalan di usianya yang sudah 34 tahun?
(JM) : Ya, tentu saja karena saya mengenalnya dengan baik. Tolong bedakan usia asli seseorang dengan usia yang tertera di kartu identitas. Bagi saya, usia asli tidak menggambarkan usia yang tercantum dalam kartu identitas, karena yang tertera disana hanyalah tanggal saat Anda lahir. Sedangkan usia asli Anda adalah, tubuh Anda, otak Anda, sikap Anda. Dan dari sudut pandang ini, Zlatan masih sangat muda. Fisiknya mengagumkan.

Saya katakan padanya, Zlatan, kamu akan pergi ke salah satu liga paling sulit di dunia. Jika kamu merasa bisa menaklukkan liga ini, datanglah. Jika kamu merasa tidak sanggup, maka pergilah ke Amerika, atau Cina, atau tetap tinggal di Perancis untuk satu musim lagi. Lalu dia berpikir, 'Saya ingin pergi dan saya akan menang'. Ok, let's do it.

(P) : Dalam segi sejarah klub dan pekerjaan yang menanti Anda, Bagaimana Anda membandingkan MU dengan klub-klub yang Anda tangani sebelumnya?
(JM) : Saya tidak ingin membandingkannya. Saya menghormati setiap tim dimana saya pernah bekerja. Tidak penting bagaimana besarnya sebuah klub, tidak penting apa misi utama tim tersebut, jadi juara ataukah menghindari degradasi, saya selalu bekerja dengan cara yang sama, memberikan segalanya. Saya merasa beruntung bahwa sejauh ini saya selalu bekerja di tim-tim terbaik dunia, termasuk tentu saja Manchester United. Rasanya saya sudah tidak perlu mendeskripsikan apa-apa untuk orang-orang tentang klub ini.

(P) : Bagaimana masa depan Juan Mata di Old Trafford mengingat Anda pernah menjualnya semasa melatih Chelsea?
(JM) : Saya menjualnya waktu itu karena dia yang memintanya. Tak ada seorang pun di Chelsea saat itu yang ingin menjualnya atau menekannya untuk pergi. Tidak, semuanya adalah murni keputusannya sendiri. Dia memang tidak selalu bermain, dia juga tidak jarang berada di bench, tapi saya juga selalu memainkannya. Kenyataannya, saya tak pernah meninggalkannya, dia selalu berada di tim utama saya.

Saat itu, kami menerima tawaran bagus dari MU dan Mata ingin pergi. Dalam kamus saya sangatlah jelas, saya tidak menginginkan pemain yang ingin pergi, saya menginginkan pemain yang datang dan ingin tinggal. Maka kami menjual Mata ke United. Tapi semuanya sudah sangat jelas diantara kami. Mata jelas pemain yang sangat berbakat namun saya menegaskan tidak ada jaminan untuk setiap pemain akan selalu bermain. Saya menginginkannya tinggal, dan sejauh ini, saya tak melihat tanda-tanda bahwa dia ingin pergi.

Jose Mourinho saat sesi latihan untuk laga pramusim di Cina. Sumber foto: Dailymail

(P) : Benarkah Paul Pogba dihargai 100 juta pounds? Apakah Anda pikir Anda akan mendapatkannya?
(JM) : Saya tidak ingin membicarakan pemain dari klub lain. Saat ini dia hanyalah pemain Juventus. Apa yang kami lakukan saat ini adalah pendekatan yang jujur, cara yang benar dan konstitusional. Satu-satunya yang dapat saya katakan tentang hal ini adalah bahwa kami sudah 75 persen merampungkan upaya kami dalam mendatangkan pemain-pemain yang kami butuhkan. Dua puluh lima persen sisa pekerjaan kami di bursa transfer bisa saja segera terjadi dalam waktu dekat, atau hingga nanti 31 Agustus. That's fine. Pada akhirnya kami akan mendapatkan pemain keempat kami, tetapi mungkin saja itu bukan seperti yang Anda bayangkan saat ini.

(P) : Apakah United akan menjadi pemburu gelar di bulan Mei?
(JM) : Saya tidak tahu tapi saya jelas menginginkannya. Saya tidak akan sembunyi di balik 3 musim yang buruk, saya tidak akan sembunyi dalam target 4 besar itu sudah cukup baik, tidak. Saya ingin memenangi gelar juara dan saya ingin para pemain juga merasakannya. Jika di akhir musim nanti kami kalah (dari perburuan gelar juara), maka itu artinya memang ada yang lebih hebat dari kami. Namun untuk saat ini, sebelum bendera start dikibarkan, saya tidak akan bilang bahwa saya tidak ingin memenangi gelar juara.

(P) : Apakah Wayne Rooney akan tetap menjadi kapten?
(JM) : Tentu saja.

(P) : Pertanyaan terakhir. Anda mengatakan pada kedatangan kedua Anda di Chelsea, Anda akan membangun sebuah dinasti di sana. Apakah Anda melihat Anda akan dapat bertahan lebih dari 3 tahun di United?
(JM) : Saya tidak berada di Chelsea saat ini karena pemilik tidak menginginkan saya. Jika dia (Roman Abramovich) menginginkannya, maka saya masih akan ada di sana. Saya memiliki surat kontrak. Jika nantinya saya mendapatkan perpanjangan kontrak di United tentu saya akan senang karena saat ini itulah yang saya inginkan. Namun tentu saja hal seperti itu akan tergantung banyak hal nantinya.

Lebih dari 3 tahun? Saya akan melakukan pekerjaan saya sebaik mungkin untuk membuat pemilik menyadari bahwa saya adalah orang yang tepat untuk pekerjaan ini.
Share This :