hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Wijnaldum Resmi ke Liverpool, Perlukah?

Wijnaldum Resmi ke Liverpool, Perlukah?
Giorgino Wijnaldum resmi membubuhkan tanda tangannya untuk Liverpool. Sumber foto: The Telegraph

Liverpool resmi mendatangkan Giorginio Wijnaldum dari Newcastle United dengan bandrol 25 juta pounds. Jika menilik bagaimana kontribusi pemain Belanda ini di Newcastle musim lalu, sejatinya transfer ini sangatlah bagus. Saya pribadi berpikir bahwa Liverpool baru saja melakukan langkah brilian karena mengamankan jasa pemain berkualitas namun dengan harga yang wajar, tidak overpriced seperti yang menjadi trademark mereka belakangan ini. Namun, ternyata tidak sedikit yang menilai bahwa transfer ini bisa saja mubazir. Mengapa?

Selidik punya selidik, suara-suara negatif yang mengiringi kedatangan Wijnaldum ke Anfield lebih banyak dikarenakan Liverpool sudah memiliki banyak tipe pemain yang sama seperti mantan pemain Feyenoord dan PSV tersebut. Nama-nama pemain seperti Roberto Firmino, Phillipe Coutinho, hingga Adam Lallana, sejatinya adalah tipe pemain yang sama dengan Wijnaldum. Jadi pertanyaannya sekarang, untuk apa menambah stok gelandang yang bertipe sama lagi?

Kita, sebagai penonton, jelas tidak tahu apa yang ada di kepala Juergen Klopp. Namun jika menilik statistik Wijnaldum musim lalu, gelandang kelahiran 26 tahun yang lalu ini memang seharusnya memiliki kesempatan untuk menjadi pembeda yang signifikan. Meski terkesan akan menumpuk gelandang bertipe sama, berikut adalah formasi kira-kira dari kami bagaimana Liverpool akan memainkan sepakbola mereka musim depan.


Dari susunan pemain di atas, 4 gelandang bertipe sama yang kami sebutkan, bisa bermain bersamaan dan bahkan saling tukar posisi jika memungkinkan. Adam Lallana yang tampil bagus sebagai penyerang sayap kanan selama perhelatan Euro 2016, kami prediksikan akan meneruskan posisinya itu di Liverpool. Mengapa kami menempatkan Wijnaldum lebih ke kiri? Karena menurut data statistik dari Whoscored, pria Belanda ini memang paling efektif ketika ditempatkan di sisi tersebut musim lalu, meski sejatinya dia bisa juga beroperasi di bagian kanan, seperti dapat dilihat pada infografis di bawah ini.


Jadi, jika ditanya apakah Liverpool memerlukan Wijnaldum, saya hanya akan bilang bahwa pembelian Liverpool kali ini adalah pembelian yang fantastis. Tidak sedikit fans The Reds yang menganggap bahwa klub kesayangan mereka seharusnya lebih banyak memperhatikan sektor pertahanan yang musim ini ditinggal Martin Skrtel dan Kolo Toure. Ragnar Klavan yang direkrut beberapa saat lalu dianggap para fans belum cukup untuk menambal sektor belakang.

Well, apapun itu, sekali lagi hanya Klopp yang paling tahu kebutuhan timnya. Lagipula bursa transfer masih panjang, bisa jadi nama Wijnaldum bukanlah nama terakhir yang akan didatangkan The Reds. Untuk saat ini yang perlu kita lakukan hanyalah menyambutnya. Welcome, Wijnaldum!
Share This :