hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Arti dan Makna Logo Klub-Klub Premier League 2016/2017

Arti dan Makna Logo Klub-Klub Premier League 2016/2017
Logo Manchester City 1997-2016
Logo kebesaran Manchester City yang musim ini resmi diganti. Sumber foto: Soccerbible

Beberapa saat lalu, publik dikejutkan dengan perubahan logo Manchester City yang terbilang cukup drastis. Suka atau tidak, lambang elang berwarna emas dengan 3 bintang di atasnya, yang sampai hari ini tak ada yang tahu apa makna dari ketiga bintang tersebut, cukup lekat di benak para penikmat bola secara umum sejak logo inilah yang identik dengan kebesaran The Citizens saat ini.

Dalam logo barunya, City 'membuang' begitu saja elemen sang elang dan menggantinya dengan perisai berbentuk bulat sempurna, yang ternyata (saya yakin sebagian besar fans diluar Inggris juga baru tahu) justru merupakan pola awal dari logo City sebelumnya, yang membuat logo dengan lambang elang justru revolusi drastis yang sebenarnya.

Yang jadi pertanyaan sekarang, mengapa City mengganti logo klubnya? Apa arti dari logonya yang baru? Berikut adalah rangkuman arti dan makna dari 20 logo klub-klub yang akan berlaga di Premier League musim 2016/2017 mendatang, seperti kami kutip dari situs Squawka.





-- Dari kiri ke kanan --
Arsenal : Mungkin sudah banyak yang tahu, gambar meriam pada logo Arsenal menggambarkan alat perang yang sebenarnya dari gudang penyimpanan senjata pada masa perang dahulu, yang merupakan markas awal dari The Gunners sendiri.
Bournemouth : Gambar orang menyundul bola itu ternyata adalah pemain Bournemouth di masa lalu, yaitu Gilbert James 'Dickie' Dowsett, penyerang legendaris The Cherries yang bermain pada periode 1957 hingga 1962 dan mencatat 169 penampilan.
Burnley : Singa pada logo Burnley melambangkan keluarga kerajaan yang mengunjungi stadion Turf Moor pada akhir abad ke-18. Tangan melambangkan motto kota, 'Hold to the Truth', sedangkan lebah melambangkan daerah perindustrian di kawasan tersebut. Burung bangau di bagian atas melambangkan keluarga bangsawan Starkie, sedangkan bulu yang ada di paruhnya melambangkan simpul Lacy, yang merupakan lambang dari keluarga terpandang lainnya dan berpengaruh, keluarga DeLacy.
Chelsea : Singa biru melambangkan Earl of Cadogan, keluarga bangsawan Cadogan yang secara turun-temurun mengabdi pada ketentaraan kerajaan Inggris. Keturuan ke-8, Charles Cadogan, pernah menjadi presiden Chelsea pada musim 1981/1982. Mawar merah melambangkan Inggris.





Crystal Palace : Jika ada yang menganggap lambang burung elang Palace mirip dengan milik Benfica, maka itu benar karena logo elang milik Palace ini  memang terinspirasi dari sana (beberapa orang bahkan salah mengidentifikasikan elangnya mirip logo Lazio). Sang elang terlihat mencengkeram sebuah bangunan yang tak lain adalah bangunan Crystal Palace yang amat terkenal di Inggris sana.
Everton : Tower yang terpampang di bagian tengah dikenal sebagai Prince Rupert's Tower, sebuah kastil penjara tua yang cukup terkenal. Motto klub yang tertulis dalam bahasa latin, 'Nil Satis Nisi Optimum' memiliki arti kurang lebih, 'Tidak ada yang lebih baik dari yang terbaik'.
Hull City : Pada 2014, Hull memutuskan untuk membuang kata 'The Tigers' dan bahkan nama klub Hull City AFC dari logo, sehingga menyisakan kepala harimau dan tahun berdirinya klub ini.
Leicester City : Logo Leicester adalah perpaduan dari lambang keluarga bangsawan Earl of Leicester, yakni bunga Cinquefoil putih berdaun lima, dan budaya berburu rubah di daerah itu. Lambang kepala rubahnya sendiri baru muncul pada 1948, yang kemudian mulai diberi warna kuning pada 1992.





Liverpool : Api abadi di kedua sisi adalah kenangan untuk mereka yang meninggal dalam tragedi Hillsborough. Ukiran di bagian atas adalah Bill Shankly's Gate. Burung Liver adalah lambang kota, juga menggambarkan makhluk mistis sebagai bentuk evolusi Liverpool di abad ke-20.
Manchester City : Tanpa banyak yang tahu, logo City original adalah yang mirip dengan yang dipakai musim depan nanti dan bukannya burung elang besar yang selama ini kita kenal. Kapal menggambarkan kota Manchester sebagai pusat lalu lalang perdagangan. Tiga strip biru di bawah kapal melambangkan 3 sungai, Irwell, Medlock dan Irk. Bunga mawar merah adalah lambang kota Manchester. Dan setelah berganti logo untuk ketiga kalinya ini, tahun berdirinya klub ini, 1894, untuk pertama kalinya disematkan ke dalam logo.
Manchester United : Gambar kapal adalah HMS Manchester, yang diambil dari lambang kota. Sosok Setan Merah sendiri diambil dari frasa yang dipopulerkan oleh dan pada era Sir Matt Busby. Sekedar info, sebelum masa tersebut MU memang tidak/belum dikenal sebagai The Red Devils.
Middlesbrough : Gambar singa merupakan lambang distrik Middlesbrough. Bentuk yang sekarang sudah diperkenalkan sejak 2007, mengganti dan menghilangkan bentuk bulat yang dipakai sejak masa likuidasi klub ini pada 1986.





Stoke City : Logo yang sekarang sudah diperkenalkan sejak 2001, dengan fitur utamanya yang terletak di bagian bawah, yakni julukan klub ini, The Potters. Logo ini mengalami perubahan cukup signifikan demi citarasa yang lebih komersil, yang dianggap sebagian fans justru kehilangan sentuhan khas kota Stoke-on-Trent.
Southampton : Lingkaran 'Halo' di bagian atas merepresentasikan julukan klub ini, The Saints. Syal bergaris merah putih ditujukan untuk menghormati para fans. Pohon menggambarkan hutan baru di Southampton. Air melambangkan air yang mengalir dari Solent dan sungai di sekitar kota. Bunga mawar putih adalah lambang kota.
Sunderland : Bagian utama logo ini dibagi menjadi empat bagian, dimana gambar di bagian kanan bawah adalah jembatan Wearmouth, sedangkan kiri atas adalah monumen Penshaw. Roda di bagian atas melambangkan industri pertambangan. Kedua singa di bagian sisi, yang bisa juga dianggap sebagai dua kucing hitam, sesuai julukan klub ini. Motto klub 'Consectatio Excellentiae' memiliki arti kurang lebih, 'Dalam pencarian akan keistimewaan'.
Swansea City : Logo yang sekarang telah dipakai sejak 2002, dimana sebelum saat itu lambang angsa yang dipakai adalah berwarna merah.





Tottenham Hotspur : Banyak yang salah mengira lambang Tottenham sebagai kalkun, padahal aslinya adalah seekor ayam jantan. Lambang ayam jantan mulai ada sejak tahun 1921 saat tim ini memenangi FA Cup pada tahun tersebut. Sejarah si ayam jantan sendiri lahir dari bangsawan Sir Harry Hotspur, atau dikenal juga sebagai Henry Percy, yang pada sekitar abad ke-15 memiliki sebuah pekarangan di daerah berawa Tottenham, yang menjadi tempatnya bersenang-senang dengan menonton pertunjukan sabung ayam.
Watford : Lambang utama Watford adalah seekor rusa jantan merah yang dalam istilah lokalnya disebut sebagai Hart. Lambang ini terinspirasi dari sebuah segel kuno dari sekitar tahun 731 sebelum masehi di daerah Hertfordshire.
West Bromwich Albion : Burung yang tersemat di logo adalah burung Throstle, atau dikenal juga sebagai Song Thrush, burung yang dikenal karena suka bernyanyi (mungkin sejenis burung beo - saya kurang paham). Gambar burung mulai dipakai sejak beberapa jenis burung ini ditemukan membuat sarang di area pembangunan stadion The Hawthorns, kandang WBA saat ini, pada tahun 1990.
West Ham United : Selain Manchester City, tim Premier League yang secara resmi mengganti logo klub sepakbolanya musim ini adalah West Ham. Tepat sekali, logo baru The Hammers hanya menyisakan 2 palu, menghilangkan logo benteng yang secara tradisional mengacu pada Boleyn Ground, kandang lawas mereka yang telah resmi ditinggalkan musim lalu.
Share This :