hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Dapat Williams, Everton Kini Layak Diperhatikan

Dapat Williams, Everton Kini Layak Diperhatikan
Ashley Williams, Everton, Swansea City
Ashley Williams resmi bergabung dengan Everton dari Swansea City. Sumber foto: 7msports

Tak butuh waktu lama bagi Everton untuk mendapatkan pengganti setelah merelakan salah satu putra terbaiknya, John Stones, demi menjadi bek termahal dunia setelah dipinang oleh Manchester City senilai 47,5 juta pounds. The Toffees resmi mendapatkan sosok pengganti Stones hampir tepat sehari sesudah kepergiannya. Dialah kapten Wales di Euro 2016 lalu, Ashley Williams. Kalau boleh jujur, jika Stones ibarat batu akik yang belum disepih dan bisa Anda dapatkan dengan harga 10 ribu rupiah di pinggir jalan, maka Williams adalah batu akik dengan warna-warni yang indah yang biasanya justru dijual jutaan rupiah. Everton telah melakukan langkah cerdas!

Uniknya, dalam dunia sepakbola tentu saja logikanya tidak berjalan sesuai logika batu akik. Stones dihargai lebih mahal karena usianya yang masih muda dan peluang berkembang yang masih terbuka lebar, sedangkan Ashley Williams sudah berusia 31 tahun yang performa terbaiknya bisa saja memudar dalam waktu singkat. Namun, jika ukurannya adalah jangka pendek, maka saya cukup yakin justru Williams-lah yang akan memberikan dampak krusial dibandingkan Stones di City.

Williams vs Stones, Squawka
Perbandingan statistik Williams vs Stones. Sumber: Squawka

Benar bahwa Pep Guardiola pernah memuji dan menyukai gaya bermain Stones, namun lihat saja statistik di atas, Williams unggul segala-galanya dan sangat jauh jika bandingannya 'hanya' Stones. Mulai dari defensive skills sampai leadership, Williams unggul sangat mutlak. Dengan mendapatkan dana 47,5 juta pounds dari hasil penjualan Stones dan kemudian membayar Swansea City 12 juta pounds untuk mendapatkan jasa Williams, pemain yang jauh lebih berpengalaman dengan data statistik yang jauh lebih bagus, menurut istilah teman-teman disini, Everton sudah 'menang banyak'.

"Saya sudah 8 tahun bermain untuk Swansea, bagi saya, tantangan baru saya pikir adalah yang saya butuhkan saat ini, jadi saya sangat senang dapat bergabung dengan Everton. Ini adalah tim hebat dengan manajer luar biasa - seorang legenda sepakbola - saya yakin Everton ada dalam jalan yang benar untuk sukses dan saya ingin menjadi bagian dari itu." - Ashley Williams

Musim lalu, Roberto Martinez membawa Everton menempati posisi ke-11 klasemen akhir setelah sempat beberapa kali hampir bersinggungan dengan zona merah, dengan rekor kebobolan 55 gol, terbanyak diantara tim papan tengah Premier League, rekor yang akhirnya mengakhiri hubungan kerja dengan sang pelatih asal Spanyol.

Dengan kedatangan Ronald Koeman dan sosok leader semacam Ashley Williams yang akan memimpin barisan pertahanan The Toffees, Everton kini benar-benar layak untuk diperhatikan. Bagi saya, sosok Williams adalah tambahan kekuatan sangat penting bagi Everton untuk mengarungi musim baru. Dengan Maarten Stekelenburg di posisi bawah mistar, Ross Barkley yang memimpin lini tengah dan si bongsor Romelu Lukaku (jika tidak pindah) di barisan depan, prediksi singkat saya Everton layak untuk bertarung memperebutkan 1 tempat di 8 besar klasemen akhir. Bagaimana menurut Anda?


Share This :