hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Leicester City vs Manchester United, Gong Pembuka Musim 2016/2017

Leicester City vs Manchester United, Gong Pembuka Musim 2016/2017
Community Shield Plate
Community Shield Plate. Sumber foto: 101GreatGoals

Tanpa terasa, salah satu panggung acara sepakbola paling prestisius sedunia akan segera dimulai. English Premier League secara resmi memang baru akan melakukan kick-off pekan perdananya pada 13 Agustus 2016 mendatang, namun gong pembuka tanda dimulainya musim liga yang baru akan ditabuhkan malam nanti, dengan menggelar pertandingan antara Leicester City vs Manchester United, sebagai perwakilan juara bertahan Liga Inggris melawan juara termutakhir Piala FA.

Sebagai juara baru Liga Primer Inggris, secara historis jam terbang The Foxes di pertandingan pembuka liga ini jelas kalah jauh jika dibandingkan pencapaian MU di ajang yang sama. Setan Merah telah tampil di ajang ini 30 kali, dimana 20 diantaranya berhasil mereka menangi. Jumlah itu sekaligus menjadi jumlah paling banyak diantara klub Inggris lainnya (paling dekat adalah Liverpool dengan 15 trofi).

Bagaimana dengan Leicester? Apakah ini laga Community Shield pertama bagi mereka? Ternyata tidak. The Foxes pernah meraih predikat juara ajang ini pada tahun 1971. Saat itu mereka hadir sebagai juara divisi 2 (sekarang Championship Division) dan mengalahkan Liverpool 1-0. Tentu saja, itu masa yang sudah cukup lampau dan rasanya tidak akan berguna untuk dijadikan sebagai patokan di masa kini.

Menilik dari laga-laga pra musim kedua kesebelasan, sulit rasanya memberikan prediksi pada pertandingan ini karena keduanya praktis belum benar-benar menunjukkan kekuatan yang sebenarnya. Namun jika patokannya adalah pertemuan musim lalu, maka jawabannya bisa jadi akan berimbang. Musim lalu, baik laga yang dihelat di King Power Stadium maupun yang mentas di Old Trafford, semuanya berakhir dengan skor identik, 1-1.

Ibra bisa menjadi faktor pembeda yang krusial untuk MU
Namun, dari sekilas pengamatan di atas lapangan, MU mungkin dapat sedikit diunggulkan karena 2 faktor, yakni Zlatan Ibrahimovic dan N'Golo Kante. Faktor pertama, Sang 'Dewa' Ibrakadabra, selama pre-season terbilang berhasil mengubah mental lini depan The Red Devils. MU terlihat berbeda dari musim lalu dimana kehadiran Ibra ibarat hormon yang membuat adrenalin seluruh punggawa MU ikut terpacu. Faktor mentality ini agaknya cukup signifikan dan saya pikir akan menjadi pembeda hasil akhir laga ini.

Faktor kedua adalah N'Golo Kante. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa faktor kunci The Foxes mengamankan gelar Liga Inggris musim lalu setidaknya terbantu karena keberadaan trio MKV maut mereka, Riyad Mahrez, Kante dan Jamie Vardy. Musim ini Kante sudah dipinang oleh Chelsea, keadaan ini mau tidak mau pastilah membuat keseimbangan Leicester sudah tidak sama lagi dengan musim lalu. Benar masih ada nama-nama seperti Daniel Drinkwater atau Andy King dimana keduanya kemungkinan besar akan ada di starting line-up, namun peran luar biasa Kante musim lalu tidak akan mudah digantikan begitu saja. Nampalys Mendy yang sengaja didatangkan sebagai suksesor langsung posisi Kante saya rasa masih akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Dari sudut pandang ini, seharusnya MU dapat diunggulkan. Sedikit.

Dalam era Premier League yang dimulai sejak 1992, sang juara bertahan liga sudah memenangkan 15 gelar community shield berbanding 8 yang dimenangkan oleh juara piala FA. Dari total 23 pagelaran dalam era tersebut, tim yang memenangi ajang pembukaan Liga Inggris ini memiliki persentase hingga 60% untuk dapat finish di atas tim yang mereka kalahkan di akhir musim kompetisi. Contohnya adalah Arsenal musim lalu yang berhasil finish di atas Chelsea setelah memenangi community shield 2015.

Yang menarik, ada kutukan yang mengerikan dari ajang ini dimana dalam 5 pagelaran terakhir, tak satupun tim yang memenangkan community shield bisa berhasil meraih titel juara liga di akhir musim. Terakhir kali tim yang berhasil menyandingkan gelar community shield dan juara liga adalah MU pada musim 2010/2011. Seperti sebuah takdir, apakah MU juga yang akan memutus kutukan ini nantinya? Kita lihat saja ya guys.

Prediksi skor Leicester City vs Manchester United : 1-2
Share This :