hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Manchester United Juara Community Shield 2016

Manchester United Juara Community Shield 2016
Manchester United, Community Shield 2016, Leicester City
Manchester United Juara Community Shield 2016. Sumber foto: The Telegraph

Fans Setan Merah kini mungkin bisa berharap lebih saat melihat penampilan tim kesayangannya semalam. Pasukan The Red Devils berhasil mengalahkan sang juara bertahan Premier League, Leicester City, di pertandingan amal pengawal liga bertajuk Community Shield, dengan skor 2-1. Jesse Lingard dan Zlatan Ibrahimovic berhasil menjadi protagonis bagi Setan Merah, sementara gol semata wayang The Foxes diciptakan tak lain oleh top skorer mereka musim lalu, Jamie Vardy.

Mengapa saya mengatakan bahwa fans setan merah dapat berharap lebih? Jawabannya mungkin sederhana, karena di bawah kendali Jose Mourinho, Manchester United menunjukkan perkembangan yang signifikan, entah itu dari segi permainan, taktik, maupun mentalitas tim secara keseluruhan. United berhasil mendominasi, dengan gaya yang elegan, sejak awal pertandingan. Ball Possesion yang sempat menyentuh angka 70% berbanding 30% milik Leicester menjadi penegas nyata bahwa Wayne Rooney cs memang sanggup mendikte lawan, sesuatu yang jarang kita temui musim lalu.

Ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari pertandingan community shield semalam. Mungkin hasil ini tidak menjamin MU akan dapat finish di atas Leicester City di akhir musim nanti seperti yang saya tulis sebelumnya di prediksi The Foxes vs Red Devils kemarin, namun setidaknya ada gambaran yang dapat sedikit diterka-terka akan seperti apa perjalanan kedua tim di musim 2016/2017 ini nantinya. Check it out!


Eric Bailly, Manchester United
Bailly hampir memenangkan seluruh duel di areanya
1. Eric Bailly Impresif

Mungkin sedikit tak terduga, panitia penyelenggara pertandingan community shield semalam akhirnya memutuskan bahwa bek yang baru saja didatangkan oleh United dari Villarreal ini dinobatkan sebagai man of the match. Bailly secara lugas mampu mentransfer skill bertahannya yang baik dari La Liga menuju Premier League, percayalah, tak banyak pemain yang langsung dapat beradaptasi secepat itu. Mourinho sendiri bahkan pernah mengatakan bahwa Bailly mungkin tak akan langsung dipasangnya sebagai pemain inti di jantung pertahanan Red Devils, tapi setelah melihat penampilan bek asal Pantai Gading ini semalam, pendiriannya mungkin saja telah berubah. Dan itu dapat dimaklumi jika nantinya Bailly menjadi salah satu pilihan tak tergantikan di lini belakang United.

Jesse Lingard
Lingard mencetak solo run goal indah
2. Luke Shaw dan Jesse Lingard Berkembang

Rasanya menyenangkan dapat melihat kembali penampilan Luke Shaw setelah cedera horor yang menimpanya selama kurang lebih 8 bulan belakangan ini. Sang wonderkid Inggris tampil baik dan terlihat makin matang berkat sentuhan Mou. Pun demikian dengan Jesse Lingard yang mencetak gol istimewa ke gawang Kasper Schmeichel setelah melewati 4 sampai 5 pemain Leicester. Lingard, yang ditakutkan banyak orang bakal tersingkir karena dianggap tak cocok dengan gaya kepelatihan Mou, nyatanya mampu berkembang menjadi pion kunci lini serang MU. Gol yang dibuatnya semalam juga menjadikan Lingard pemain MU pertama setelah era Eric 'The King' Cantona, yang sanggup mencetak gol di final Piala FA dan community shield di tahun yang sama. Wow, bukankah itu fantastis?

Wayne Rooney, MU, Paul Pogba
Akankah Rooney tersingkir oleh Pogba?
3. Seseorang Hampir Pasti Tersingkir

Saat pertandingan antara Leicester City vs Manchester United ini berjalan semalam, ada kabar menyenangkan bagi fans MU yang menyebutkan bahwa Paul Pogba sedang melakukan tes medis dan bersiap secara resmi hijrah ke Old Trafford. Jika menilik komposisi lini tengah MU semalam, saya jadi mengerti mengapa Pogba begitu diperlukan oleh Mourinho. Meski mendominasi permainan, MU belum dapat memberikan tekanan yang mampu mengintimidasi lawan. Disinilah (seharusnya) peran Pogba nantinya untuk MU. Banyak yang bilang Wayne Rooney-lah yang akan tersingkir dengan kedatangan Pogba, namun saya pribadi memrediksi Marouanne Fellaini, yang kebetulan sekali melakukan blunder fatal semalam, yang mesti rela menyerahkan tempatnya untuk Pogba. Bagaimana menurut Anda?

Jamie Vardy, Marouane Fellaini
Vardy mencetak gol memanfaatkan error Fellaini
4. Leicester adalah ... Leicester

Benar bahwa saya pernah mengatakan jika Leicester bakal kehilangan setengah kekuatannya ketika ditinggal N'Golo Kante, dan itu terbukti di pertandingan semalam saat pasukan Claudio Ranieri tampak kesulitan menahan bola dan menambah posesi, sesuatu yang menjadi spesialisasi Kante. Kendati demikian, hal tersebut tidak lantas membuat The Foxes kehilangan sentuhan untuk melakukan serangan. Tim ini masih memiliki spirit dan pace yang sama yang menjadikan mereka juara Inggris musim lalu. Hanya, untuk dapat mempertahankan gelar juara rasanya adalah cukup mustahil meski bukan tidak mungkin. Setidaknya, jika dilihat dari pertandingan ini, ada tim yang mampu bermain lebih baik dari The Foxes, itu cukup meyakinkan saya untuk tidak menjagokan mereka kembali untuk menguasai puncak klasemen.


Apa? Saya lupa menyebutkan penampilan Ibra? Sudahlah, dia kan Dewa, sudah jangan ganggu dia.... ☺

sumber foto: The Telegraph, The Independent, Dailymail
Share This :