hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Menakar Peluang Milik Menjadi Suksesor Higuain

Menakar Peluang Milik Menjadi Suksesor Higuain
Arkadiusz Milik, Ajax, Napoli
Arkadiusz Milik saat pertama kali diperkenalkan kepada publik Naples. Sumber foto: IamNaples

Jika Anda mengikuti blog ini selama perhelatan Euro 2016 yang baru lalu, mungkin Anda masih ingat bahwa saya pernah mengatakan bahwa Arkadiusz Milik, yang menjadi top skorer Ajax Amsterdam musim lalu dan tampil cukup bagus bersama Polandia, tidak akan mengejutkan jika dipinang oleh Bayern Munchen atau salah satu tim besar Bundesliga lainnya karena memang ia pantas untuk itu.

Prediksi saya akhirnya antara tepat dan tidak. Tepat karena talenta sebagus Milik memang terlalu sayang untuk dilewatkan, Tidak tepat karena ternyata bukan klub Bundesliga yang mendapatkannya melainkan Napoli, peserta Liga Italia Serie A. Sudah jelas, Milik diproyeksikan untuk menggantikan posisi Gonzalo Higuain, predator paling subur di kancah Serie A musim lalu, yang memutuskan menerima lamaran Juventus demi menjadi pemain termahal ke-3 dunia.

Pertanyaannya sekarang, Mampukah Arkadiusz Milik menjadi suksesor Higuain? Tentu saja, pertanyaan ini hanya akan bisa dijawab nanti saat Serie A telah benar-benar berjalan. Namun jika menilik bagaimana seorang Marc Overmars, salah satu legenda hidup Arsenal, yang saat ini bekerja sebagai direktur teknik Ajax, dimana orang ini menjadi yang paling vokal menentang dijualnya Milik ke Napoli, bisa jadi sosok Milik memang memiliki keistimewaan tersendiri yang patut mendapatkan atensi kita semua.

Gonzalo Higuain, Arkadiusz Milik
Statistik Higuain vs Milik musim 2015/2016. Sumber: Whoscored

Secara nyata, Ajax Amsterdam tidak lagi memiliki sosok striker haus gol seperti Milik semenjak ditinggal Luis Suarez dan atau Klaas-Jan Huntelaar. Milik secara signifikan, dalam hanya 2 tahun berbaju Ajax, terlibat dalam jumlah gol lebih banyak daripada yang pernah dilakukan oleh Zlatan Ibrahimovic dalam rentang waktu dan klub yang sama. Milik menghasilkan 47 gol dan 23 assist, sementara Sang 'Dewa' Swedia menghasilkan 30 gol dan hanya 7 assist. Menilik bagaimana alumni predator Ajax rata-rata mendulang sukses di negeri lain, Milik jelas memiliki potensi besar untuk dapat menjadi suksesor Higuain yang gemilang.

"Arkadiusz Milik memiliki kaki kiri seperti tongkat sihir" - Dennis Berkamp

Salah satu kelebihan Milik yang paling menonjol adalah pergerakan tanpa bolanya. Dia mungkin melewatkan beberapa peluang emas sepanjang Euro 2016 lalu, yang membuatnya kemudian menjadi salah satu striker dengan persentase konversi gol paling buruk, namun kecerdasan dan instinct-nya dalam mencari ruang alias menempatkan dirinya sendiri dalam posisi yang tepat untuk membuka pertahanan lawan ataupun menerima bola sangatlah mengagumkan.

Memang, harus diakui menggantikan peran Higuain, yang musim lalu memecahkan rekor gol terbanyak Serie A (36 gol) dalam semusim, yang telah bertahan dan berusia lebih dari 65 tahun, jelas bukan pekerjaan mudah. Terlebih, Milik memiliki curriculum vitae gagal sebagai youngster saat mengenakan seragam Bayer Leverkusen dan Augsburg, membuatnya tak sedikit yang meragukan apakah ia sanggup mengisi peran yang ditinggalkan penyerang berkebangsaan Argentina tersebut.

Menurut Zibi Boniek, seorang legenda Juventus dan AS Roma, Napoli disebutnya bagai surga para pemain khususnya para penyerang. Dengan style bermain tim asal Naples yang identik dengan passing-passing cepat dan mengalir, Milik disebutnya memiliki peluang sukses yang besar. "Saya pikir Arek (panggilan kecil Milik) akan butuh waktu untuk beradaptasi, siapapun membutuhkan itu. Namun kita tahu kemampuannya. Dengan kaki kirinya yang bagus, Arek bisa menciptakan banyak kerusakan. Saya pikir, dia akan sukses," tutup sang legenda.

Bagaimana menurut Anda?

sumber: Whoscored
Share This :