hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Prediksi Chelsea vs West Ham : Adu Gaya Kante vs Payet

Prediksi Chelsea vs West Ham : Adu Gaya Kante vs Payet
Antonio Conte, Chelsea
Antonio Conte akan memimpin partai resmi EPL perdananya pada Senin (15/08/2016). Sumber foto: Standard

Prediksi Chelsea vs West Ham
Gameweek 1 Premier League 2016/2017
Stamford Bridge - 15 Agustus 2016

Laga derby antara Chelsea vs West Ham United akan menjadi laga penutup pekan perdana sejak entah apa maksudnya laga ini dimainkan pada Senin malam atau Selasa dini hari alias digelar paling bontot. Diakui atau tidak, laga ini akan menjadi arena adu gaya antara dua pemain yang musim lalu paling banyak menyedot perhatian publik karena kelihaiannya mengolah si kulit bundar, N'Golo Kante vs Dimitri Payet.

Pada bahasan sebelumnya, saya menulis betapa krusial pengaruh hilangnya Kante dalam permainan Leicester City. Dan ketika sosok yang dimaksud itu kini bergabung dengan tim yang secara materi lebih besar, bisa dibayangkan akan sedahsyat apa impact-nya. Pelatih Antonio Conte sendiri memuji habis performa Kante saat Chelsea menaklukkan AC Milan 3-1 dalam laga pramusim beberapa waktu lalu. Memang laga pramusim tak dapat dijadikan tolok ukur utama. Namun semua tentu sepakat bahwa keberadaan Kante setidaknya sudah memberi jaminan rasa aman bagi pertahanan Chelsea.

N'Golo Kante, Chelsea
Peran Kante akan sangat vital bagi Blues
Di sisi lain, West Ham akan datang dengan sejumlah rekrutan baru yang tampak menjanjikan. Sampai tulisan ini saya buat, sudah ada sembilan pemain baru yang didatangkan Slaven Bilic. Tiga diantaranya yang patut mendapatkan perhatian utama adalah Havard Nordveit, Sofiane Feghouli dan yang mungkin paling menyita perhatian baru-baru ini, Andre Ayew yang berhasil dibajak dari Swansea City. Kendati demikian, sosok protagonis utama dari The Hammers saya pikir tetap adalah Payet sejak gelandang yang menyumbang 2 gol di perhelatan Euro 2016 lalu itu telah ikut andil dalam 11 gol dari 12 pertandingan terakhir West Ham musim lalu (3 gol dan 8 assists).

Chelsea sudah tidak pernah kalah dari West Ham sejak 2002 tiap kali pertandingan mentas di Stamford Bridge. Statistik ini juga diperkuat dengan fakta bahwa Chelsea tidak pernah kalah dalam game pembuka selama 13 musim berturut-turut, memenangkan 10 diantaranya. Menariknya, musim lalu, musim dimana Chelsea mengalami salah satu musim yang buruk sedangkan West Ham justru dikenal sebagai The Giant Killer, The Blues tak pernah sekalipun dapat mengalahkan West Ham dengan menelan 1 kekalahan dan 1 kali hasil draw. Fakta ini tentu menjadi teori yang saling tarik-menarik. Interesting.

Jika sudah demikian, maka sosok pelatih adalah item terakhir yang dapat dijadikan pertimbangan dari prediksi ini. Benar bahwa Bilic melakukan pekerjaan hebat musim lalu, namun apa yang dilakukan Conte bersama Italia selama perhelatan Euro 2016 jelas tak dapat dihiraukan begitu saja. Dengan skuad yang kata beberapa orang termasuk minor, Italia ternyata sanggup dibawa Conte melakukan langkah besar hingga sampai ke perempat final sebelum akhirnya disingkirkan Jerman. Praktis, Conte disanjung setinggi langit baik oleh fans maupun media. Prestasi ini membuat orang kembali melihat ke masa lalu apakah Conte sebaik itu saat menangani Juventus.

Andre Ayew, West Ham United
Andre Ayew siap jadi ujung tombak The Hammers
Dan jawabannya adalah excellent! Terakhir kali menjabat sebagai pelatih sebuah klub, Conte mencatat rekor hanya sekali kalah dari 30 pertandingan terakhirnya. Oke, tentu saja Juventus tidak sama dengan Chelsea atau agak mengada-ada membandingkan Serie A dan Premier League. Hanya, kehadiran Conte jelas sangat berpengaruh terhadap mentalitas para punggawa yang terutama ambruk berkat performa yang buruk musim lalu.

N'Golo Kante saya pikir akan memberikan presence luar biasa di lini tengah The Blues. Nemanja Matic yang tampil off-form musim lalu mungkin akan dipinggirkan untuk memberikan jalan bagi Cesc Fabregas memaksimalkan bakatnya. Masalah ada di pilihan barisan pertahanan sejak Kurt Zouma akan absen akibat cedera. Gary Cahill yang tampil loyo di Euro 2016 dan John Terry yang menua, kemungkinan besar akan menjadi duet utama pertahanan tuan rumah. Pada titik ini, saya kira West Ham akan dapat mencuri setidaknya 1 gol.

Jawaban gol The Blues akan bertumpu pada sosok Diego Costa dan Eden Hazard, apakah keduanya dapat mengembalikan performa masing-masing 2 musim lalu atau tidak. Michy Batshuayi yang baru didatangkan dari Marseille, seharusnya akan menjadi senjata rahasia yang paling pamungkas yang dapat diandalkan Conte. Dengan menimbang rekor pertemuan kedua tim, saya pikir Chelsea akan dapat memenangkan pertandingan ini, meski West Ham akan melakukan perlawanan super alot.

Prediksi skor Chelsea vs West Ham : 2-1
Share This :