hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Saran Bek Tengah Untuk The Gunners Arsenal

Saran Bek Tengah Untuk The Gunners Arsenal
Skhodran Mustafi, Valencia, Arsenal
Skhodran Mustafi, buruan utama Arsenal jelang penutupan bursa transfer musim panas. Sumber foto: Squawka

Entah kenapa, terus terang saja saya ikut merasa sedih ketika membaca berita yang lalu lalang di media tentang Arsenal beberapa waktu terakhir ini. Kebanyakan isinya adalah memojokkan Arsene Wenger untuk segera mundur menyusul hasil kurang maksimal di liga maupun pergerakan di bursa transfer yang tidak maksimal. Desakan ini sebenarnya bukan tanpa alasan. Melihat bagaimana para tim pesaing melaju kencang di klasemen dengan barisan pemain-pemain barunya yang mahal, melihat Arsenal ibarat mesin tua yang sudah ketinggalan zaman, yang sialnya tidak mau diperbaiki atau tidak boleh disentuh.

Saking iritnya belanja Arsenal, meme-meme tentang Arsenal atau Arsene Wenger pun banyak bermunculan, dimana yang paling lucu sekaligus menusuk adalah digambarkannya pelatih asal Perancis tersebut selalu membawa celengan berbentuk babi, menggambarkan betapa fans geram akan 'kekikiran' dan 'kepelitan' bos yang sebenarnya berjasa sangat besar terhadap berkembangnya tim ini menjadi seagung sekarang.

Yang termutakhir, nama Skhodran Mustafi menjadi incaran yang seakan-akan paling dapat terealisasi meski nyatanya sampai tulisan ini saya buat, transfer itu tak pernah terjadi. Valencia konon sebagai pemilik Mustafi, menurut Wenger, mencoba mengambil keuntungan dari situasi Arsenal yang kurang kondusif, dengan menaikkan harga jual bek internasional Jerman tersebut hingga mencapai angka 50 juta pounds. Angka yang jelas membuat Wenger bergidik.

Marcel Tisserand - AS Monaco
Marcel Tisserand (atas) - AS Monaco
Ah, jangankan Wenger, saya pun tak akan mau jika harus membeli Mustafi dengan harga yang jauh lebih mahal dari John Stones. Mengetahui Valencia bermain 'licik' agar mendapatkan keuntungan besar, Arsenal pun tak kalah cerdiknya. The Gunners mencoba mempublikasikan ketertarikan kepada bek lain demi (mungkin) menurunkan harga Mustafi. Nama Marcel Tisserand dari AS Monaco dan Johnny Evans dari West Bromwich Albion kemudian menjadi alternatif.

Menurut situs Squawka, baik Tisserand maupun Evans, meski secara statistik keseluruhan masih di bawah Mustafi, keduanya memiliki kelebihan masing-masing yang patut dipertimbangkan untuk benar-benar direalisasikan. Tisserand memiliki persentase tackles won lebih baik dari Mustafi, sedangkan Johnny Evans berpengalaman di Premier League dan Euro 2016 dengan persentase intercepts yang lebih baik dari Tisserand. Hanya saja, sebagian besar fans The Gunners agaknya kurang sreg terhadap Evans, yang bahkan tersingkir dari skuad utama Manchester United.

Situs Squawka juga menambahkan nama Omer Toprak (Bayer Leverkusen) dan Kostas Manolas (AS Roma) sebagai alternatif bek yang dapat dibidik Arsenal andai gagal mendapatkan Mustafi. Namun, Bolaitubal juga tidak tinggal diam. Kami berkelana keliling dunia, mm, yang sebenarnya mengambil data dari Squawka juga, hehe..., untuk mendapatkan defender-defender terbaik yang agaknya luput dari pantauan bursa transfer.

Tadinya kami mendapatkan 10 nama termasuk Francesco Acerbi, bek milik Sassuolo. Namun setelah melakukan seleksi lebih ketat, akhirnya kami mengerucutkan pilihan kepada 3 nama saja. Mungkin tulisan ini tak akan pernah dibaca oleh Wenger atau petinggi Arsenal lainnya. Ini hanyalah tulisan untuk sekedar dibaca saat makan siang, sebagai penyemarak Liga Inggris, atau boleh juga Anda anggap benar-benar serius hingga layak untuk dikonsumsi secara global. Jadi, inilah 3 bek tengah pilihan kami sebagai alternatif selain Mustafi untuk The Gunners Arsenal.

1. Joel Veltman (Ajax Amsterdam)

Pemain ini baru saja mentas dari Jong Ajax dan saat ini baru berusia 24 tahun. Musim lalu ia sudah menjadi pilihan utama di lini belakang De Godenzonen dan mencetak rataan tackle tertinggi di Eredivisie. Tentu saja, jika Anda membandingkannya dengan catatan milik Mustafi, rataan tackle milik Veltman jauh lebih tinggi, bahkan lebih tinggi dari Tisserand yang secara aktual tengah didekati Arsenal. Menurut situs Transfermarkt, harga Veltman tak lebih dari 7 juta pounds. Atau jika benar-benar diburu oleh Arsenal, mungkin harganya tak akan lebih dari 15 juta pounds, masih lebih murah dari Mustafi.

2. Virgil van Dijk (Southampton)

Oke, nama ini mungkin sudah tidak asing. Namun saya cukup kaget tidak banyak tim besar yang mencoba membajak pemain Belanda yang baru berusia 25 tahun ini. Musim lalu Van Dijk menjadi bagian tak terpisahkan dari kisah sukses Soton menembus posisi 6 klasemen akhir Premier League. Perawakannya yang tinggi besar (193 cm) seakan menjadi jaminan mutu untuk memenangi duel-duel udara. Dan itulah yang ternyata memang benar-benar terjadi. Mantan bek Glasgow Celtic ini menjadi bek dengan persentase aerial duel won tertinggi musim lalu di EPL. Sejak Soton dikenal sebagai klub yang suka menjual pemain, membidik van Dijk adalah kegiatan yang masuk akal. Hanya, harganya mungkin tak akan murah, bisa mencapai 25 hingga 30 juta pounds, meski angka itu sebenarnya layak untuk kualitasnya.

3. Pedro Bigas (Las Palmas)

Pilihan terakhir kami. Sebenarnya data statistik Bigas tak sebaik Veltman ataupun van Dijk di daftar bek pilihan kami, namun ternyata ia memiliki catatan intercepts yang sangat baik. Andai Wenger suatu ketika memakai opsi 3 bek tengah, Bigas rasanya paling cocok untuk dijadikan alternatif. Atau, dengan kemampuan take ons-nya yang juga mumpuni, ia bisa saja digeser di depan 2 center-back utama terlebih karena catatan defensive error-nya juga cukup tinggi. Andai Mustafi gagal didapat, atau siapapun bek yang diburu Arsenal gagal didapat, Bigas bisa menjadi opsi terakhir tentu saja karena ia 'hanya' bermain di Las Palmas, yang secara teori pastilah lebih mudah didapat, dan tentunya lebih murah.

Skhodran Mustafi, Joel Veltman, Virgil van Dijk, Pedro Bigas
Statistik perbandingan Mustafi vs 3 bek pilihan Bolaitubal.com. Sumber data: Squawka

Itulah 3 bek tengah alternatif selain Mustafi yang kami sarankan untuk Arsenal. Apakah Anda juga memiliki saran untuk The Gunners? Silakan kirim komentar Anda, siapa tahu tulisan ini, dan saran Anda itu, dilirik oleh Arsenal ya, hehe.... ☺
Share This :