hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Sekarang Atau Tidak Sama Sekali, Ox!

Sekarang Atau Tidak Sama Sekali, Ox!
Alex Oxlade-Chamberlain, Arsenal
Sejak pertama bergabung, Ox selalu menjadi pemain yang menjanjikan. Sumber foto: Calcioweb

Senin, 1 Agustus 2016, Arsenal mampu menampilkan permainan yang cukup mengesankan dalam salah satu pertandingan tur pramusimnya di Amerika. Pasukan Arsene Wenger berhasil melibas tim kuat asal Meksiko, Chivas Guadalajara, dengan skor 3-1. Satu pemain yang kemudian mendapatkan atensi lebih dibandingkan pemain lainnya pada saat itu adalah Alex Oxlade-Chamberlain, yang mencetak gol kedua Arsenal berkat aksi briliannya melewati 3 pemain belakang Chivas. Muka lama tapi seperti memberikan impact baru untuk tim Gudang Peluru.

Ya, nama Chamberlain, yang kemudian mendapatkan julukan The Ox dari fans The Gunners dan juga media Inggris, sudah bermain untuk Arsenal sejak musim 2011/2012, sudah bisa dibilang bukan pemain baru lagi. Kenyataannya, Ox sudah bisa dianggap sebagai salah satu pemain senior Arsenal meski usianya tahun ini baru genap 23 tahun. Namun disitulah masalahnya. Sampai detik ini, Ox masih juga disebut sebagai promising player ketimbang status yang seharusnya ia dapatkan, pemain inti.

Tidak sedikit para Gooners, julukan untuk fans Arsenal, yang menganggap Chamberlain sebagai the next Thierry Henry, sang legenda hidup, karena kemiripan gaya bermain keduanya. Bahkan cukup banyak pula yang menganggap bahwa Ox bisa saja melampaui pencapaian pendahulunya tersebut karena dianggap memiliki power dan pace lebih baik. Namun, sejauh ini hal itu tak pernah benar-benar terjadi. Jangankan melampaui pencapaian Henry, menit bermain mantan youngster Southampton itu saja terbilang minim. Lima musim berseragam merah The Gunners, menit bermain Ox tak unggul terlalu jauh dari Francis Coquelin yang baru 2 musim bergabung. Mengapa?

Ox mencetak gol lawan Chivas
Aksi brilian Ox melewati 3 pemain Chivas
Banyak yang menyebut bahwa tersendatnya karir Ox terlebih karena dirinya sering cedera, dan memang benar demikian, sehingga ketika ada momen dimana Ox seharusnya mampu naik ke puncak, cedera melemparkannya kembali ke dasar. Yang unik, Sang Profesor, Arsene Wenger, tidak melihat dengan sudut pandang yang sama. Memang benar cedera membuat karir Ox seperti jalan di tempat, namun menurut Wenger, masalah utama yang dihadapi anak asuhnya tersebut bukanlah melulu karena cedera.

"Rasa kepercayaan diri adalah masalah utama yang dipunyai Ox. Saya melihat dia sering tidak yakin dengan kemampuannya sendiri, merasa kurang bagus, dan sebagainya. Saya pikir terkadang saya melihat dia terlalu kritis terhadap dirinya sendiri. Ketika suatu kali ia gagal memanfaatkan peluang, yang seharusnya bisa dengan mudah berbuah gol, dia biasanya menjadi terlalu terpukul. Kita kemudian tak akan melihatnya bermain dengan cara yang sama lagi. Saya kira, itulah level terakhir dari perkembangan skill-nya yang harus dia benahi dan tuntaskan," kata Wenger.

Saat ini, kontrak Chamberlain bersama The Gunners masih menyisakan 2 musim lagi. Ini jelas periode yang krusial bagi kedua belah pihak. Terutama Arsenal, mereka jelas tak ingin kehilangan Ox dengan harga murah, di lain sisi, mereka juga enggan membayar lebih untuk pemain yang tak bisa mengatasi kelemahannya sendiri.

Bagi Wenger, Chamberlain jelas adalah salah satu asetnya yang paling berharga. Musim lalu, Ox selalu diberi kesempatan pertama oleh Sang Profesor meski Joel Campbell mampu tampil baik tiap kali diturunkan. Sayang seribu sayang, kepercayaan itu tak terbayar. Ox sekali lagi, menunjukkan kelemahannya yang paling mengganggu, dan lagi-lagi cedera yang datang menghampiri. 

Kemenangan melawan Chivas Guadalajara dan sebuah gol cantik seharusnya dapat dijadikan sebuah tonggak baru bagi perjalanan karir pemain bernama lengkap Alexander Mark David Oxlade-Chamberlain tersebut. Terlihat jelas Arsene Wenger masih sangat mempercayai kemampuannya dan mengharapkannya untuk dapat memarkahi satu tempat inti untuk dirinya sendiri. Jika Chamberlain gagal lagi mengatasi rasa percaya dirinya musim ini, kemungkinan besar kita tak akan lagi melihatnya berbaju Arsenal musim depan. Jadi, sekaranglah saatnya untuk membuktikan diri, atau tidak sama sekali, Mr. Ox!

sumber: Espnfc
Share This :