hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Deadline Day : Rekrutan Terpenting di Detik Terakhir

Deadline Day : Rekrutan Terpenting di Detik Terakhir
Deadline Day 2016
Ilustrasi foto oleh Skysports

Jika di negara kita Indonesia hari super sibuk biasanya adalah saat-saat kampanye pemilihan Presiden, walikota maupun pemilihan pejabat-pejabat pemerintah lainnya dalam tingkatan yang berbeda-beda, di benua Eropa hari paling sibuk bisa jadi berlaku setiap tanggal 31 Agustus setiap tahunnya. Ya, inilah hari terakhir setiap klub sepakbola dari liga-liga teratas benua biru diperbolehkan melakukan transaksi jual beli pemain yang akhirnya populer dengan sebutan Deadline Day.

Saya sendiri tidak terlalu paham mengapa kebanyakan klub suka bersibuk ria di hari, menit dan detik terakhir jelang penutupan bursa transfer jika pemain-pemain yang mereka butuhkan sebenarnya dapat mereka peroleh sejak jauh-jauh hari. Kebanyakan dari alasan itu bisa bermacam-macam. Mulai dari negosiasi harga yang super alot, sampai tarik ulur kepentingan demi menekan atau justru meroketkan harga pemain bersangkutan.

Bursa transfer pemain, khususnya di Inggris, secara resmi ditutup pada 31 Agustus 2016 pukul 23.30 waktu setempat. Untuk transfer yang berstatus pinjaman, masih dapat dilakukan sampai pukul 00.00, walau untuk beberapa kasus transfer jenis ini masih dapat ditolerir meski telah melampaui batas waktu. Contoh termutakhir dari kasus ini yang terjadi semalam adalah masih diperbolehkannya proses kepindahan Markus Henriksen dari AZ Alkmaar menuju Hull City dengan status loan. Menurut catatan BBC, transfer ini terjadi pada pukul 00.04.

Deadline Day hampir selalu mencatat perpindahan-perpindahan menarik. Selain nama-nama yang sudah sejak jauh-jauh hari memang menjadi target buruan, tak jarang muncul nama-nama mengejutkan yang bisa jadi malah lebih menarik dari target utama. Inilah daftar lengkap transfer Deadline Day (khusus transfer masuk ke klub EPL) dan rekrutan-rekrutan yang kami anggap penting demi mulusnya perjalanan klub destinasi mengarungi musim kompetisi baru.

David Luiz, Chelsea 2016
CLBK David Luiz dan Chelsea. Sumber: Dailymail
David Luiz (PSG ke Chelsea) - 34 juta pounds

Bisa jadi, ini adalah salah satu transfer paling mengejutkan di Deadline Day tahun 2016 ini. Kedatangan kembali David Luiz ke Stamford Bridge setelah sempat berpisah pada 2014 ini sukses memecah opini para suporter The Blues sendiri. Masih segar dalam ingatan, bagaimana Luiz menjadi sosok paling bertanggung jawab terhadap kekalahan dengan skor memalukan 1-7 Brasil di Piala Dunia 2014 lalu saat menghadapi Jerman di babak semi final. Sebagai seorang yang bertugas menjaga lini belakang tim, Luiz malah sering meninggalkan posnya dan 'menghilang' entah kemana. Hasil di Piala Dunia tersebut akhirnya sedikit banyak mempengaruhi keputusan Chelsea saat itu untuk menjual Luiz ke Paris St. Germain.

Banyak fans yang menganggap perekrutan kembali David Luiz sebagai panic buying karena Chelsea gagal mendapatkan target utama di pos center-back seperti Leonardo Bonucci atau Alessio Romagnoli. Kendati banyak memiliki atribut negatif, bukan berarti Luiz tak berharga sama sekali. Sebagai seorang bek, Luiz termasuk cukup produktif dalam urusan menjebol gawang lawan. Di 3 tahun pertamanya bersama The Blues dalam kurun waktu 2011-2014, ia mencetak total 12 gol. Sedangkan dua tahun bersama PSG, ia berhasil melesakkan 8 gol dan memenangi semua gelar lokal bersama klub Perancis tersebut.

Pertanyaan terbesarnya kini, akankah Luiz bisa fit bersama Antonio Conte yang sangat menginginkan pertahanan yang rapat sedangkan dirinya bukan jenis bek semacam itu? Bagaimanapun juga, Luiz memang seorang pemain yang memiliki profil di atas rata-rata. Menarik ditunggu bagaimana Conte menangani kesukaannya melakukan blunder dan atau keseringannya meninggalkan pos pertahanan.

Moussa Sissoko (Newcastle United ke Tottenham) £30 juta
Alvaro Arbeloa (Real Madrid ke West Ham) Free
Mario Balotelli (Liverpool ke Nice) Free
Georges-Kevin Nkoudou (Marseille ke Tottenham) £9 juta
Eliaquim Mangala (Manchester City ke Valencia) Pinjam

Jack Wilshere, Bournemouth 2016
Duet Wilshere-Howe patut dinantikan. Dailymail
Jack Wilshere (Arsenal ke Bournemouth) - Pinjam

Yang ini antara mengejutkan dan tidak. Transfer Wilshere tidak mengejukan karena sejak sering dihantam cedera, ia kesulitan mendapatkan tempat sebagai starter di Arsenal. Yang cukup mengejutkan mungkin adalah Wilshere menolak kesempatan bergabung dengan AS Roma, yang sangat serius mendekati dan mengiming-iminginya dengan gaji besar, dan lebih memilih bergabung dengan The Cherries. Konon keputusan akhir Wilshere memilih Bournemouth ketimbang Roma atau Crystal Palace, yang juga meminatinya, adalah karena faktor adanya Benik Afobe, teman dekatnya semasa menjadi youngster Arsenal.

Keputusan ini, meski dipandang banyak orang sebagai penuruan karirnya, dimana ia sempat dijuluki sebagai wonderkid-nya The Gunners dan atau tim nasional Inggris, kenyataanya hal ini justru bisa menjadi keputusannya yang paling tepat. Para pundit kelas atas justru memandang kesempatan bermain di bawah arahan Eddie Howe bisa menyelamatkan karir Wilshere. Sempat digadang-gadang sebagai the next England manager, Howe memiliki reputasi sebagai pelatih muda dengan ide-ide cemerlang. Terkhusus musim lalu, Bournemouth dibawa Howe sebagai kesebelasan papan bawah yang paling menarik dilihat dari segi permainannya. Jika saat ini Bournemouth baru menuai 1 poin dari 3 kali kesempatan bertanding, tidak menutupi kenyataan bahwa Howe memang pelatih yang bagus.

Bermain di level tekanan yang lebih rendah, saya pikir Wilshere akan mampu mengeluarkan talenta terbaiknya. Ia bisa menjadi box-to-box midfielder canggih, atau playmaker handal yang menjadi pusat permainan tim. Boleh dibilang, ia adalah pemain dengan profil tinggi dan skill paling lengkap di tubuh Bournemouth saat ini. Kerjasamanya dengan Eddie Howe layak untuk dinantikan.

Marcos Alonso (Fiorentina ke Chelsea) sekitar £23 juta
Jeff Hendrick (Derby ke Burnley) £10.5 juta
Didier Ndong (Lorient ke Sunderland) £13.6 juta
Samir Nasri (Manchester City ke Sevilla) Pinjam
Wilfried Bony (Manchester City ke Stoke) Pinjam
Joe Hart (Manchester City ke Torino) Pinjam

Islam Slimani, Leicester City 2016
Slimani bisa menciptakan duo pivot maut bersama Mahrez
Islam Slimani (Sporting Lisbon ke Leicester City) - 29 juta pounds

Hanya sekitar 2 bulan yang lalu, kita melihat bagaimana Leicester City, merogoh koceknya dalam-dalam demi mendapatkan Ahmed Musa dan menjadikannya transfer termahal sepanjang sejarah klub dengan nilai 16 juta pounds. Kini, menjelang ditutupnya bursa transfer musim panas 2016/2017, rekor transfer termahal itu sudah mereka pecahkan dengan nilai yang hampir dua kali lipatnya, yakni 29 juta pounds, demi merekrut penyerang berkebangsaan Algeria dari klub Portugal, Sporting Lisbon, Islam Slimani.

Bagi saya, ini adalah perekrutan yang sangat brilian. Sejak tampil memukau bersama Algeria pada Piala Dunia 2014 lalu dimana ia berhasil membuat 2 gol, saya memang salah satu orang yang cukup terkesan dengan penampilannya dan sangat mengharapkan ada klub Inggris yang mau meminangnya. Slimani secara total membuat 27 gol musim lalu bersama Lisbon, menjadikan kedatangannya ke Inggris, dan terlebih bakal bekerjasamanya ia dengan kompatriotnya di tim nasional Algeria, Riyad Mahrez, sangat patut untuk dinantikan. Sejak Leicester City terlihat begitu kesulitan menjebol gawang lawan di 3 pertandingan awal, kehadiran Slimani akan makin mempertajam dua skema penyerang yang sejauh ini selalu menjadi favorit Claudio Ranieri.

Markus Henriksen (AZ Alkmaar - Hull City) Pinjam
Hal Robson-Kanu (Reading - West Brom) Free
Enner Valencia (West Ham - Everton) Pinjam
Dieumerci Mbokani (Dynamo Kiev - Hull City) Pinjam
Jason Denayer (Manchester City - Sunderland) Pinjam
James Weir (Man Utd - Hull) Tidak Disebutkan
Allan Nyom (Watford - West Brom) Tidak Disebutkan
Pau Lopez (Espanyol - Tottenham) Pinjam
Cameron McJannett (Luton - Stoke) Tidak Disebutkan
Adama Traore (Aston Villa - Middlesbrough) Tidak Disebutkan
Lee Grant (Derby - Stoke) Pinjam

Musim panas ini, total uang yang mengalir untuk jual beli pemain di Inggris disinyalir telah menembus angka 1 miliar pounds (1,165), yang tentu saja dengan mudah menumbangkan rekor musim lalu yang ada di kisaran 870 juta pounds, atau jauh di atas rekor transfer musim 2003/2004 misalnya, yang 'hanya' ada di angka 215 juta pounds.  Fenomena ini terjadi lantaran hak siar televisi khususnya tayangan Premier League yang makin hari makin menanjak gila-gilaan, menjadikan Liga Primer Inggris sekali lagi layak dinobatkan sebagai liga paling mahal di dunia, dan mungkin juga yang terbaik dalam sudut pandang tertentu.

Untuk daftar lengkap transfer masuk Premier League musim 2016/2017 dapat Anda akses di halaman ini.
Share This :