hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

PSG vs Arsenal : Pembuktian Rekor Mewah Wenger

PSG vs Arsenal : Pembuktian Rekor Mewah Wenger
Alexis Sanchez, Prediksi PSG vs Arsenal, Champions League 2016
Alexis Sanchez bakal jadi andalan Arsenal meraih poin maksimal di Parc des Princes

Saat Paris St. Germain menunjuk Unai Emery sebagai pelatih baru menggantikan Laurent Blanc, ada harapan sekaligus keraguan yang menghinggapi klub kaya Perancis tersebut. Harapan terbesar tentu saja karena dengan reputasi Emery yang begitu menonjol di kancah Europa League bersama Sevilla, Emery diharapkan dapat menularkan passion juara yang dimilikinya ke pasukan Les Parisien. Sedangkan keraguan terpancar karena bersama Sevilla, prestasi Emery di kancah lokal bisa dibilang tak terlalu cemerlang.

Bukti keraguan fans PSG sedikit banyak mulai terwujud pada akhir pekan lalu, ketika Angel di Maria dkk ditahan di rumah sendiri oleh St. Etienne. Bahkan sebelum jeda internasional, PSG dihancurkan AS Monaco 3-1, sesuatu yang sekonyong-konyong tak pernah mereka alami selama masa kepelatihan Laurent Blanc. Apakah ini menjadi pertanda dominasi PSG di kancah lokal mulai pudar? Bisa jadi, meski 4 laga awal sejatinya belum dapat dijadikan tolok ukur kekuatan PSG dan dimana posisi akhirnya nanti di klasemen tahun depan.

Pertengahan pekan ini, kapasitas Emery akan mulai benar-benar diuji tatkala PSG akan dibawanya mengarungi laga perdana di kancah Eropa musim ini, kancah yang konon katanya mulai identik sebagai spesialisasinya. Namun, Emery jelas wajib waspada, karena kancah Europa League, yang dimenanginya 3 kali beruntun itu, jelas sama sekali berbeda dengan Champions League, sebuah panggung yang jauh lebih besar dan tentunya jauh lebih keras.

Kewaspadaan itu patut dicanangkan tinggi-tinggi karena rekor Emery sendiri di kancah ini sangat jauh dari kata mengesankan terlebih jika dibandingkan dengan prestasinya di Europa League. Dari 4 kali keikutsertaannya di Liga Champions, Emery hanya pernah sekali saja mampu mencapai fase knock-out. Sisanya, selalu gugur di babak grup, dimana salah satunya adalah Sevilla yang dibawanya merajai Europa League. Dari poin ini, ambisi PSG untuk dapat melaju jauh di kompetisi ini sejatinya dapat sedikit diragukan.

Keraguan itu dipertegas dengan lawan yang akan dijamu pada laga perdana Liga Champions musim ini, Arsenal. Jika Anda termasuk salah satu orang yang meragukan kemampuan Arsenal sejak penampilan di kompetisi lokal cenderung stagnan bahkan kadang terlihat kepayahan, maka Anda perlu memberikan respect lebih terhadap wakil Inggris yang satu ini karena sebenarnya justru Arsenal adalah salah satu tim paling konsisten di kompetisi tertinggi benua biru ini.

Edinson Cavani, Prediksi PSG vs Arsenal, Champions League 2016
Hanya mencetak 1 gol dari 9 penampilan terakhir di Champions League, Edinson Cavani jadi andalan yang meragukan untuk PSG

The Gunners saat ini mencatat rekor keikutsertaan di Liga Champions 19 musim berturut-turut, bahkan tim seperti Bayern Munchen dan atau Barcelona belum ada yang mampu meraih pencapaian ini. Real Madrid menjadi satu-satunya tim di Eropa yang memiliki rekor lebih baik dari Arsenal dengan catatan 20 kali keikutsertaan berturut-turut. Meski sejauh ini trofi juara UCL tak pernah mampir di rak lemari The Gunners, konsistensi pasukan arahan Arsene Wenger tak dapat dipandang sebelah mata.

Berbicara tentang Arsene Wenger sendiri juga menjadi ancaman tersendiri untuk tuan rumah. Apalagi jika dibandingkan dengan 'hanya' Unai Emery, jam terbang Wenger di kancah ini terpaut sangat jauh dan mencolok. The Professor telah memimpin Arsenal dalam 176 pertandingan di Liga Champions. Jumlah ini adalah yang paling banyak diantara manajer lain yang masih aktif saat ini. Hanya Sir Alex Ferguson yang melewati catatan ini dengan 190 pertandingan. Rekor yang sangat mewah.

Tak hanya itu, rekor Wenger saat menghadapi klub-klub Perancis, terutama saat melakukan partai away, juga sangat baik. Arsenal saat ini mencatat rekor 12 pertandingan tanpa kalah saat bertandang ke Perancis, dimana 7 pertandingan terakhir malah diakhiri dengan kemenangan. Catatan ini sedikit banyak memengaruhi kami untuk tidak menjagokan tuan rumah Paris St. Germain pada pertandingan kali ini.

Meski dari musim ke musim pencapaian PSG tampak makin baik dan selalu mampu melaju lebih jauh dari pencapaian Arsenal, transisi kepemimpinan dari Blanc ke Emery, selain kepergian sang ikon Zlatan Ibrahimovic, saya pikir menjadi transisi yang tak terlalu mulus. Setidaknya sejauh ini. Pengalaman Wenger saya kira akan menjadi faktor penentu di laga ini. Jika tak waspada, PSG bisa mengalami kekalahan perdana di kandang musim ini.

Prediksi skor Paris St. Germain vs Arsenal : 1-1 
Share This :