hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Man City 0-0 Man United : Mou Memang Cerdik!

Man City 0-0 Man United : Mou Memang Cerdik!

Pada ulasan prediksi Manchester City vs Manchester United yang sebelumnya saya buat, saya mengira bahwa Jose Mourinho akan memainkan skema 3 bek dan menumpuk banyak gelandang di tengah seperti ketika mereka mengalahkan Chelsea beberapa pekan sebelumnya. Namun dengan cederanya Paul Pogba, saya sempat berpikir apakah strategi tersebut dapat dilakukan karena peran Pogba sangat sentral disana. Dan ketika starting line-up MU muncul di layar televisi, saya termasuk salah satu yang lumayan terkejut.

Demi menekan lini tengah City yang dipenuhi talenta-talenta kreatif, Mou rupanya menerapkan pola 4-3-3 tanpa penyerang murni (Zlatan yang cedera). Terdengar familiar? Ya, ini adalah strategi copas dari gegenpressing-nya Juergen Klopp! Seperti kita tahu, dalam dua kali pertemuan dengan Liverpool musim ini, City tak mampu memenangkan satu lagapun. Saya tidak tahu secara detil bagaimana strategi ini bekerja, namun dengan skema ini, secara ajaib MU lumayan berhasil membuat para pemain Citizen melakukan tembakan-tembakan off target yang sia-sia. Mourinho memang cerdik. Bloody brilliant!

Namun namanya strategi imitasi, hasilnya pun tak dapat maksimal. Beberapa kali pemain City, terutama Sergio Aguero, berhasil memberikan ancaman yang membuat jantung pendukung MU berdetak kencang. Beruntung David de Gea tampil luar biasa hingga peluang-peluang City pun menguap begitu saja. Demikian juga dengan trio Martial-Rashford-Mkhitaryan yang dipasang di lini depan sebagai duplikat dari trio Coutinho-Firmino-Mane, tak dapat menyumbangkan gol yang dibutuhkan meski beberapa kali mendapatkan peluang emas.

Catatan lainnya dari pertandingan yang berkesudahan 0-0 ini adalah kembali dipercayanya Claudio Bravo untuk berdiri sebagai manusia terakhir di jantung pertahanan City. Saya termasuk salah satu yang mengernyitkan dahi ketika mantan kiper Barcelona ini memasuki lapangan. Keheranan yang hampir saja membunuh pasukan Pep tatkala Bravo dengan ceroboh dan gegabahnya mengantisipasi umpan lambung Martial. Bola hasil antisipasi tak sepenuh hati itu mendarat mulus di kaki Mkhitaryan. Beruntung sepakan kapten Armenia tersebut kemudian hanya mengarah tepat di pelukannya. Selamatlah Bravo dari cap blunder fatal.

Beberapa saat yang lalu saya juga menulis bagaimana hubungan Mou dengan para pemain muda. Di artikel tersebut saya sempat menulis Marcus Rashford yang performanya terhitung stagnan sejak ditangani Mourinho. Namun, harus saya akui bahwa belakangan ini justru penampilan Rashford-lah yang menunjukkan peningkatan signifikan (juga Ander Herrera). Khusus pertandingan melawan City semalam, Rashford beberapa kali sukses melakukan manuver brilian, termasuk diantaranya 2 kali mempecundangi Nicolas Otamendi, yang sayang sekali masih lemah dalam finishing terakhir hingga akhirnya gol gagal tercipta.

Dengan hasil imbang ini, Mou akhirnya berhasil menyamai rekor unbeaten milik Sir Alex Ferguson di angka 24 pertandingan dalam 1 musim kompetisi. Mou bahkan berkesempatan besar melampaui rekor ini karena di pekan depan hanya akan menghadapi Swansea yang lemah dalam laga tandang. Jika berhasil, harus kita akui bersama bahwa Mou memang benar-benar pelatih berkelas yang luar biasa cerdik! 😁
Share This :