hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Semi Final FA Cup 2017 - Chelsea 4-2 Tottenham : Lilywhites Belum Siap

Semi Final FA Cup 2017 - Chelsea 4-2 Tottenham : Lilywhites Belum Siap

Masih cukup saya ingat dengan jelas bagaimana Tottenham Hotspur mampu menghentikan laju Chelsea dengan kemenangan 2 gol tanpa balas di White Hart Lane beberapa saat lalu di ajang liga. Saat itu, Chelsea hampir-hampir tak berkutik menghadapi Spurs yang bermain sangat taktis dan terorganisir. Sebelum laga semi final ini digelar, saya pun menjagokan Harry Kane dkk untuk setidaknya tidak kalah dalam waktu normal 90 menit.

Di awal laga yang digelar di tempat netral, The New Wembley Stadium, The Blues berhasil mengambil alih permainan atas Spurs yang seolah-olah seperti demam panggung. Benar saja, tak menunggu lama, Chelsea berhasil unggul cepat lewat sepakan freekick keras Willian. Sampai beberapa menit setelah tertinggal, pasukan Lilywhites bahkan belum dapat keluar dari tekanan yang diberikan seteru sekotanya tersebut. Sampai kemudian sebuah gol balasan Harry Kane yang menerima umpan tendangan bebas Christian Erikssen, perlahan mengubah arah angin pertandingan.

Gol balasan itu rupanya berhasil membuat Spurs lebih pede. Chelsea yang tadinya tampak menakutkan jadi terlihat biasa-biasa saja. Kesalahan Nathan Ake yang terlalu soft menjaga Kane hingga terciptanya gol penyeimbang, sedikit banyak menumbuhkan kepercayaan para pemain Spurs bahwa mereka bisa mencetak gol yang lainnya lagi. Tak terkecuali saya, saya pun kembali yakin bahwa Spurs dapat meraih sesuatu di sini.

Namun sial, terlalu asyik menyerang sepertinya membuat para pemain Spurs sedikit lengah. Son Heung-min melakukan tekel yang sedikit terlambat di area kotak terlarang, yang seperti aji mumpung dimanfaatkan oleh Victor Moses dengan menjatuhkan diri seolah ia benar-benar dilanggar dengan keras. Hadiah penalti pun dihadiahkan pada Chelsea. Penalti yang sedikit berbau diving. Willian yang dibebani tanggung jawab mengeksekusi penalti tak menyia-siakan kesempatan ini. Gol, Chelsea berhasil kembali unggul 2-1 jelang turun minum meski banyak tertekan. For some reason, I didn't like how things were going.

Memasuki babak ke-2, dan sepanjang menit sesudahnya hingga menit-menit sebelum mereka kembali tertinggal, saya pikir Hotspur berhasil menampilkan permainan yang lebih baik. Meski Chelsea beberapa kali berhasil memberikan ancaman melalui fast break, tak dapat dipungkiri bahwa Dele Alli cs memang bermain sedikit lebih baik kemarin malam. Nama terakhir ini kemudian berhasil membuat kedudukan kembali imbang melalui sontekan terarahnya menerima umpan lagi-lagi dari Erikssen pada menit ke-7 babak ke-2.

Namun, ibarat untaian kata bijak yang sering terdengar, bahwa tim terbaik tak selalu mendapatkan hasil yang terbaik pula, ternyata juga terjadi pada pertandingan ini. Antonio Conte melakukan double subtitution pada pertengahan babak kedua dengan memasukkan Eden Hazard dan Diego Costa, pergantian yang kemudian ternyata berhasil sekali lagi mengubah arah angin pertandingan. Hazard menjadi bintang pertandingan setelah 1 sepakan kerasnya berhasil membuat Chelsea kembali unggul, dan tak lama kemudian sukses membuat 1 umpan yang berhasil dikonversi menjadi sebuah gol spektakuler oleh Nemanja Matic. Sebuah gol yang akhirnya benar-benar merontokkan mental bertanding pasukan London Utara. 

Sampai pada titik ini, permainan bagus saja benar-benar tak cukup untuk memenangkan pertandingan. Conte dengan Chelsea-nya seperti mengajari Spurs bagaimana bermain dengan mentalitas baja. The Lilywhites benar-benar tampak belum siap benar untuk bermain di level yang berbeda dengan kompetisi liga. Kekalahan di semi final ini mau tidak mau membuat saya pesimis menatap peluang mereka berkompetisi di kancah Liga Champions (andai lolos) musim depan. Perbandingan yang terlalu jauh memang, tapi Mauricio Pochettino jelas harus menggenjot mentalitas anak asuhnya jika tak ingin tersingkir terlalu dini di kompetisi Eropa mapapun yang mereka ikuti musim depan.

Selamat untuk Chelsea. Sambil menunggu hasil semi final lainnya antara Arsenal vs Manchester City, selangkah lagi mereka akan berhasil mempersembahkan satu trofi bergengsi untuk sang pelatih baru, Antonio Conte.

Share This :