hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Everton, Kuda Hitam yang Makin Serius Berbenah

Everton, Kuda Hitam yang Makin Serius Berbenah
Mantan akademisi Manchester Utd, Michael Keane, bergabung dengan Everton dengan mahar 30 juta pounds

Jika di Italia ada AC Milan yang selama periode Juni-Juli 2017 getol membeli pemain-pemain baru berlabel bintang, maka di Inggris ada Everton yang termasuk gencar memperkuat skuad dengan barisan pemain anyar nan mahal. Melihat nama-nama yang bergabung, rasanya sulit menilai Everton hanya akan numpang lewat. Bukan tidak mungkin, mereka kini sedang mengejar target yang lebih besar, gelar juara atau minimal zona Eropa (top five).

Memang, bicara tentang The Toffees, label sebagai kuda hitamnya Premier League tidak akan pernah bisa dilepaskan. Setiap musim baru digelar, Everton selalu dijagokan untuk menjegal kenyamanan tim-tim besar dan nyatanya mereka selalu sukses melakukan hal itu. Bahkan ketika kondisi mereka tak terlalu baik dan hampir terdegradasi, nyatanya mereka selalu bisa survive. The Everton things memang kerap kali yang membuat hitung-hitungan siapa juara EPL biasanya menjadi susah ditebak.

Memasuki musim baru 2017/2018, Everton menggebrak di pasar transfer dengan mendatangkan (sejauh ini) 5 pemain dimana 3 diantaranya langsung masuk dalam jajaran top transfer mereka sepanjang masa. Jordan Pickford yang didatangkan dari Sunderland langsung menjadi pemain termahal mereka dengan nilai lebih dari 30 juta pounds. Pembelian terakhir sampai tulisan ini dibuat, ada nama Michael Keane yang berhasil didatangkan dari Burnley dan sukses menjadi pembelian termahal kedua The Toffees sepanjang sejarah.


Terlepas dari tradisi tim ini yang selalu berstatus kuda hitam yang di akhir musim bahkan kesulitan menyentuh 5 besar klasemen, ada secercah harapan bagi para pendukung The Toffees ini khususnya, bahwa tim mereka akan mampu menampilkan sesuatu yang lebih bagus lagi musim ini. Kedatangan konglomerat Farhad Moshiri perlahan namun pasti mengubah wajah Everton menjadi lebih garang dan tentunya siap bersaing. Benar-benar siap bersaing. Bicara kans juara mungkin masih terlalu dini, namun tak ada yang tak mungkin dalam sepakbola.

Ambisi inilah yang menarik perhatian Ronald Koeman musim lalu hingga akhirnya tega meninggalkan Southampton, tim yang sebenarnya tidak kalah bagus. Di bawah kuasa Moshiri, Koeman seperti mendapatkan kebebasan dalam menggunakan uang demi mendapatkan siapa saja pemain yang ia inginkan. Hal ini pulalah yang membuat saga transfer Romelu Lukaku yang diinginkan baik Chelsea maupun Manchester United menjadi sulit terwujud karena ada ambisi besar dari bos Everton itu untuk membangun tim yang benar-benar kompetitif.

Selain dana segar untuk transfer pemain, Moshiri juga merencanakan pembangunan stadion baru dan meng-upgrade fasilitas pembibitan pemain muda. Saat ini saja akademi sepakbola Everton sudah dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Inggris, dengan rencana jangka panjang yang tengah disusun, bukan tidak mungkin kelak kita akan melihat tim ini dipenuhi talenta-talenta lokal sekaligus wara-wiri di kancah Eropa. Everton jelas makin serius berbenah, jika tim-tim tradisional big six tak segera memahami gerak ambisius langkah The Toffees dalam membangun skuad ini, bisa jadi salah satu dari the old gangs itu akan terdepak..

Daftar 10 Pemain Termahal Everton
(Sampai 4 Juli 2017)

Share This :