hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Penjelasan Chip "Free Hit" dan Perubahan Penting FPL 2017/2018

Penjelasan Chip "Free Hit" dan Perubahan Penting FPL 2017/2018

Meski gelaran resmi Liga Primer Inggris musim 2017/2018 belum dibuka, namun Fantasy Premier League sudah resmi di-reset alias sudah dapat Anda utak-atik sejak 10 Juli 2017 yang lalu. Tak seperti beberapa musim sebelumnya, FPL 2017/2018 ternyata memiliki beberapa pembaruan penting yang bisa jadi akan mengubah secara signifikan peta kekuatan ataupun strategi para manajer yang sedang berkompetisi. Perubahan apa sajakah itu?

Yang pertama adalah adanya chip bantuan baru yang diberi nama "Free Hit". Jika beberapa musim sebelumnya FPL identik dengan tiga chip-nya, yakni "All Out Attack", "Bench Boost", serta "Triple Captain", maka di musim yang baru ini chip "Free Hit" akan hadir sebagai pilihan strategi baru para manajer. Namun, sebagai konsekuensinya chip "All Out Attack" akan dihilangkan, sehingga jumlah chip bantuan akan tetap sama berjumlah 3 buah, diluar kartu wildcard. Mengapa chip "All Out Attack" dihilangkan? Hmm, alasannya bisa beragam, namun saya pikir masalah pokoknya ada pada perubahan strategi di atas lapangan.

Musim lalu, saya pribadi menjadi salah satu pemain FPL yang kesulitan menemukan momen memakai chip "All Out Attack" ini dikarenakan hampir semua defender saya adalah seorang full-back atau wing-back yang belakangan perannya makin vital. Memakai chip "All Out Attack" artinya justru seperti mengebiri peran dan kekuatan tim sendiri. Well, memang tidak selalu seperti itu, namun saya pikir kegunaan chip yang makin tidak terlalu signifikan inilah yang menjadi alasan digantinya bantuan yang satu ini.

Jadi, apa fungsi dari chip baru yang bernama "Free Hit" ini? Secara sepintas, chip "Free Hit" memiliki fungsi yang mirip dengan wildcard, yakni mengganti seluruh skuad kita tanpa khawatir terkena pengurangan poin. Yang membedakan adalah chip "Free Hit" ini hanya berlaku selama 1 gameweek saja. Apa maksudnya mengganti seluruh skuad hanya untuk satu pekan saja? Berikut adalah gambaran singkatnya:

Skuad kita di gameweek 2:
Pickford-Bailly-Verthongen-Baines-Alli-Coutinho-Sanchez-Ozil-Deeney-King-Kane

Lalu kita pakai chip "Free Hit" di pekan ke-3 dan mengganti seluruh skuad utama kita:
Lloris-Lindelof-Matip-Rose-Hazard-Son-Mane-Barkley-Gray-Vardy-Lukaku

Pada gameweek ke-4, skuad utama kita akan kembali persis sebelum menggunakan chip "Free Hit":
Pickford-Bailly-Verthongen-Baines-Alli-Coutinho-Sanchez-Ozil-Deeney-King-Kane

Segala perubahan harga yang mengikuti saat kita memakai chip "Free Hit" juga tidak akan dihitung. Misalnya dari contoh di atas, harga Jamie Vardy pada saat kita pakai pada pekan ke-3 adalah 10 juta, ternyata memasuki pekan ke-4 harganya naik jadi 10,5 juta, selisih harga ini sama sekali tidak akan memengaruhi saldo kita karena Vardy hanyalah pemain "Free Hit".

Kapan saat yang paling tepat memakai chip "Free Hit" ini? Pertanyaan ini sejatinya bersifat obyektif, artinya tidak ada waktu yang benar-benar tepat karena setiap manajer pastilah memiliki strategi yang berbeda-beda dimana yang satu tidak akan lebih baik dari lainnya. Namun sebagai gambaran umum, musim lalu ada gameweek yang hanya memainkan 4 partai dikarenakan tertabrak jadwal Piala FA, sehingga menyebabkan ada double gameweek yang dihelat di waktu yang berlainan. Anda dapat mempertimbangkan kemungkinan ini untuk memaksimalkan pemakaian chip "Free Hit" ini.

CHANGE POSITION

Perubahan kedua yang tak kalah pentingnya adalah perubahan posisi pemain. Berdasarkan perubahan strategi oleh pelatih di dunia nyata, beberapa pemain akhirnya memiliki status tak berada di posisi semestinya di kancah FPL. Satu yang paling menonjol adalah nama James Milner. Berposisi asli sebagai seorang pemain tengah atau midfielder, musim lalu Milner justru ditempatkan oleh Juergen Klopp, pelatih Liverpool, pada posisi left-wing-back alias bek sayap kiri. Dengan Liverpool yang musim lalu menghasilkan 12 clean sheets, Milner sebagai midfielder akhirnya hanya mendapatkan tambahan 1 poin setiap kali timnya berhasil mengakhiri pertandingan tanpa kebobolan. Bayangkan jika musim lalu Milner sudah berposisi sebagai seorang defender, nilai totalnya bisa membengkak hingga 2 kali lipatnya.

Untungnya, pihak FPL tidak menutup mata dengan kenyataan ini. Mulai musim 2017/2018 ini, sejumlah pemain diubah posisinya dan disesuaikan dengan strategi pelatih di dunia nyata. Ini jelas kabar bagus karena kita tidak lagi perlu khawatir akan kekurangan stok pemain berkualitas pada posisi yang kita idam-idamkan. Berikut adalah daftar lengkap pemain yang posisinya telah diubah di FPL.

Sumber: Fantasy.PremierLeague

Bagaimana, sudah ada gambaran strategi macam apa atau siapa-siapa sajakah pemain yang akan mengisi skuad Anda nanti? Jangan lupa pertandingan pembuka pada pekan perdana Premier League musim 2017/2018 tidak dilakukan secara serentak seperti biasanya, melainkan satu pertandingan tunggal yang dihelat lebih dulu yang mempertemukan Arsenal vs Leicester City pada Jum'at malam atau Sabtu dini hari, 12 Agustus 2017 pukul 01.45 WIB. Deadline gameweek 1 FPL tentu saja satu jam sebelum kick-off pertandingan ini. Don't missed it!
Share This :