hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Romelu Lukaku vs Striker-Striker Legendaris. Sehebat Apa Dia?

Romelu Lukaku vs Striker-Striker Legendaris. Sehebat Apa Dia?

Manchester United baru saja resmi mendatangkan striker ganas asal Belgia, Romelu Lukaku, dengan dana transfer yang disinyalir sebesar 75 juta pounds. Angka itu menjadikan Lukaku sebagai striker termahal Premier League (sampai 10 Juli 2017). Namun, Apakah Lukaku benar-benar hebat sampai ia harus dihargai semahal itu? Banyak orang bilang MU 'terpaksa' merogoh kocek dalam-dalam bukan lain karena kebutuhan mendesak mereka akan seorang striker kelas A menyusul dilepasnya Zlatan Ibrahimovic dan Wayne Rooney (Lihat Daftar Transfer Lengkap Premier League 2017/2018).

Bulan Mei 2017 lalu, Lukaku baru genap berusia 24 tahun, yang mana hal tersebut turut mengatrol label harganya karena ia tepat berada di fase usia emas seorang pemain bola. Di usia ini, Lukaku secara luar biasa telah menjalani 374 pertandingan pada level pro dan mencetak 165 gol, menjadikannya setara dengan striker-striker hebat yang pernah dilahirkan..

Kendati demikian, kepantasan harga 75 juta pounds untuk seorang Lukaku sejatinya juga masih bisa diperdebatkan. Angka ini saya pikir, lebih layak untuk Ronaldo Luis Nazario de Lima alias Ronaldo Brazil alias Ronaldo plontos, dihitung saat sang legenda berada di fase usia yang sama. Persentase gol Il Phenomenon jauh di atas striker manapun di dunia saat ini, menjadikannya pantas disebut sebagai yang terbaik sepanjang masa.

Data diambil dari situs Squawka

Dari tabel di atas, Lukaku boleh dibilang tidak lebih baik dari Michael Owen ataupun Gonzalo Higuain. Namun ibarat roda kehidupan yang berputar, tak ada yang tahu what happen next. Lihat Thierry Henry, sebelum berusia 22 tahun, dia bukanlah siapa-siapa. Namun ketika pindah ke Arsenal, gelontoran golnya, assists-nya, hingga pengaruhnya di atas lapangan hampir-hampir tak terbendung. Atau lihat bagaimana Michael Owen, sang ex-wonderkid, harapan terbesar yang pernah dimiliki Inggris, yang pada usia 24 tahun mulai terkena cedera parah dan pelan-pelan menggerogoti kariernya.

Pada poin tertentu, Lukaku bahkan sebenarnya bisa dibilang sedang menapaktilasi perjalanan karir seorang Cristiano Ronaldo. Dari data di atas, tampak Lukaku memiliki persentase gol lebih baik dari CR7. Namun saat memasuki usia 24 tahun, Ronaldo kemudian pindah ke Real Madrid dan julukan alien mulai tersemat. Gelar juara dan gelontoran golnya seakan unstoppable. Mengingat bagaimana jumlah gol Lukaku ini sebagian besar didapat dengan "hanya" menjadi pemain Everton, bukan tidak mungkin ketika ia pindah ke markas yang lebih besar, di usia yang sama dengan Ronaldo ketika dia pindah, peruntungan dan pundi-pundi golnya akan meningkat pesat. Yah, mungkin saja.

Sekali lagi, tidak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Lukaku bisa menjadi lebih hebat dari sebelumnya, juga bisa mengalami downgrade seperti halnya Owen. Sebagai catatan, Lukaku pun pernah gagal ketika berseragam biru milik Chelsea, tim yang saat ini dianggap tak lebih kecil dari MU. Jadi, menurut Anda, pantaskah Lukaku dihargai 75 juta pounds, harga yang sama yang dimiliki Luis Suarez ketika pindah ke Camp Nou? Bagaimana nasib Lukaku di MU menurut Anda, Apakah akan sukses atau kembali terpuruk? Berikan pendapat Anda di kolom komentar.
Share This :