hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Merekrut Paulinho Dianggap Sebagai Transfer yang Memalukan

Merekrut Paulinho Dianggap Sebagai Transfer yang Memalukan

Barcelona baru saja resmi membeli gelandang asal Brazil yang bermain di Liga Cina bersama Guangzhou Evergrande, Paulinho, senilai 40 juta Euro. Namun alih-alih bahagia, banyak Cules (sebutan untuk suporter setia Barcelona) yang merasa kecewa dengan proses transfer ini. Bahkan tak sedikit yang menganggap bahwa transfer ini sungguh transfer yang memalukan. Mereka tak dapat melihat apa urgensinya harus merekrut pemain seperti Paulinho.

Sejatinya, tak ada yang salah dengan merekrut Paulinho. Dalam performa terbaiknya, gelandang berusia 29 tahun itu adalah seorang tackler yang handal, seorang midfielder dengan tenaga badak yang mau berlari kesana kemari demi menjemput dan merebut bola. Namun sayangnya, gaya main seperti itu tidak ada dalam darah Blaugrana. Di Cina, Paulinho sejatinya bahkan termasuk ke dalam stranieri yang sukses meski orang mungkin lebih banyak mengenang kegagalannya selama membela Tottenham Hotspur.

Dulu, Paulinho termasuk satu dari sedikit pemain yang didatangkan Tottenham demi menambal lubang yang ditinggalkan Gareth Bale. Namun, seperti yang kita tahu, Paulinho tak pernah benar-benar bisa menjadi penyumbat lubang tersebut. Ketika Guangzhou Evergrande kemudian datang dengan tawaran 10 juta pounds untuk mendapatkan tanda tangan Paulinho, Tottenham seakan tak memercayai keberuntungan mereka. Proses penjualan pun dilakukan dengan cepat seakan Spurs takut kalau-kalau klub dari negeri jauh itu berubah pikiran.

Jadi, dengan masa lalu seperti itu, mengapa Barcelona merekrutnya? Memang, di Guangzhou di bawah komando Luiz Felipe Scolari, Paulinho seakan-akan menemukan kembali bentuk permainan terbaiknya, bentuk terbaik yang dahulu pernah membuat Tottenham kepincut untuk meminangnya. Bahkan dalam sebuah pertandingan internasional baru-baru ini, Paulinho sukses mencetak hat-trick ke gawang Uruguay yang kelihatannya dia sendiri pun merasa heran dengan hal itu. Namun keheranan terbesar mungkin tetap adalah ketertarikan Barca untuk meminangnya meski ia sudah berusia 29 tahun dan skill-nya sama sekali tak cocok dengan gaya bermain Barcelona.

Sebelum Paulinho, Barcelona sebenarnya lebih bernafsu untuk mendapatkan Marco Veratti dari Paris St. Germain. Namun klub kaya tersebut membuat prosesnya menjadi sulit dan tak mengijinkan Veratti pergi. Bahkan Xavi Hernandez sendiri sudah merestui Veratti sebagai suksesornya, sembari menyebut Jean Michael Seri dari Nice sebagai alternatif lain yang lebih pantas untuk berbaju Blaugrana. Apalagi dengan harga tebus yang kurang lebih sama, memburu Seri yang berusia 26 tahun terasa lebih masuk akal ketimbang mendapatkan Paulinho yang sudah 29 tahun. Benar-benar transfer yang aneh.

Secara teori, Paulinho sebenarnya cocok menjadi pelindung baik Andres Iniesta maupun Sergio Busquets. Namun misi Blaugrana sejak awal musim sudah jelas, mereka membutuhkan seorang kreator dan pengatur tempo, seorang wing-back kanan dan kini butuh juga seorang penyerang sayap kiri sejak Neymar pergi meninggalkan tim. Dan, Paulinho jelas tidak masuk dalam kategori apapun dari kebutuhan mereka. Ini seperti pengulangan sekaligus pengingat bagaimana mereka pernah mendatangkan pemain-pemain seperti Alex Song ataupun Andre Gomez, yang memiliki skill bagus namun tak cocok dengan kebutuhan tim.

Musim baru La Liga 2017/2018 baru saja dibuka dengan leg pertama Super Copa dimana Barcelona menelan kekalahan 1-3 dari Sang rival abadi, Real Madrid. Pasukan Ernesto Valverde tampak sekali kekurangan stok di lini tengah maupun di lini serang. Paulinho mungkin menjadi tambahan tenaga yang berharga bagi Barca, namun banyak orang rupanya berpikir hal tersebut tak membuat mereka serta merta menjadi lebih baik. Belum.

Apakah Paulinho Akan Sukses Bersama Barcelona?

Ya
Tidak
Do Quizzes

sumber: Goal
Share This :