hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Prediksi Pencapaian Tiga Tim Promosi EPL 2017/2018

Prediksi Pencapaian Tiga Tim Promosi EPL 2017/2018

Prediksi Pencapaian Tiga Tim Promosi EPL 2017/2018 - Prediksi ini saya buat (lebih tepatnya, saya tulis ulang) berdasarkan metode sederhana yang ditulis oleh seorang kolumnis web Fantasy Football Scout yang memiliki nama sandi Firetog. Dengan pengalamannya bergelut di dunia fantasi sepakbola selama puluhan tahun, metode sederhana ini ia temukan untuk memrediksi nasib tiga tim promosi EPL, yang musim ini kebetulan diwakili oleh Newcastle United, Brighton & Hove Albion, serta Huddersfield Town.

Seperti apakah metode Firetog (karena metode ini belum ada namanya, maka kita sebut saja demikian) tersebut? Metode ini ternyata hanyalah membandingkan jumlah gol dan kebobolan dari ketiga tim promosi serta pencapaian akhirnya di klasemen akhir EPL di musim tersebut. Meski tampak sederhana, Anda akan terkejut betapa metode ini mungkin adalah metode paling masuk akal yang dapat digunakan untuk memrediksi nasib dari 3 tim promosi EPL, setiap musimnya!


Dari tabel metode Firetog di atas, dapat kita ambil kesimpulan sederhana bahwa tim promosi memang hampir selalu kesulitan mengarungi musim baru di wahana yang baru. Dari perhitungan selama 5 musim terakhir, rata-rata pencapaian tim promosi ternyata hanya berperingkat 16, dengan West Ham United menjadi tim promosi terbaik (dalam 5 musim terakhir) yang mampu menembus posisi 10 besar pada musim kompetisi 2012/2013.

Nah, lalu, Bagaimana cara memrediksi nasib dari Newcastle, Brighton dan Huddersfield? Coba perhatikan nilai rata-rata gol dan kebobolan pada tabel di atas. Setiap tim promosi seperti mendapatkan shock therapy alias terapi kejut yang hebat tiap kali berpindah dari divisi Championship ke Premier League. Jumlah gol mereka akan selalu tereduksi sedangkan jumlah kebobolan mereka akan selalu bertambah. Hanya Crystal Palace pada musim 2013/2014 satu-satunya tim promosi yang sanggup menekan angka kebobolan mereka menjadi lebih sedikit. And they are survived, till now! 

Berdasarkan nilai rata-rata pada tabel di atas, maka jumlah gol yang dicapai oleh ketiga tim promosi akan dikurangi 37, sedangkan jumlah kebobolan musim lalu akan ditambah 17. Dengan demikian, maka gambaran pencapaian dari ketiga tim promosi kita musim ini akan terlihat seperti tabel di bawah ini:


Sebenarnya masih ada tambahan perhitungan persentase terhadap nilai sesungguhnya untuk menghitung nilai rata-rata, namun saya pikir hasilnya tidak akan jauh berbeda. Andai angka-angka di atas dikomparasikan dengan pencapaian atau klasemen akhir EPL musim lalu, maka jumlah gol milik The Magpies akan menyamai jumlah gol milik West Ham (peringkat 11) atau Leicester City (12), namun jumlah kebobolan mereka akan menyamai jumlah kebobolan milik Stoke City yang ada di peringkat 13. Jadi prediksi terbaik untuk Newcastle United dengan metode Firetog ini adalah mereka akan mampu bertahan di Premier League dan berada di posisi akhir antara 11 atau 12.

The Seagulls Brighton, dengan metode perhitungan di atas, maka pencapaian gol dan kebobolan mereka akan menyamai catatan milik Burnley (16). Itu artinya, Brighton diprediksikan akan fight till the end untuk dapat bertahan di Premier League. Kami perkirakan posisi akhir mereka nantinya akan ada di peringkat 16 atau 17. Peluang untuk degradasi juga cukup besar, namun saya pikir merek akan selamat. Dan terakhir, Huddersfield adalah yang paling mengkhawatirkan, setidaknya jika dilihat dari sudut pandang metode ini. Dengan pencapain gol yang diprediksi sangat minim dan jumlah kebobolan yang sangat banyak, Huddersfield diprediksi akan menjadi tim pertama yang terdegradasi musim ini.

Akhir kata, ini hanyalah hitung-hitungan sederhana dari seorang fans sepakbola demi membuat gelaran liga utama Inggris terasa makin semarak. Entah nantinya benar atau tidak, semuanya akan tergantung pada banyak hal yang tentunya akan sangat sulit diperkirakan. Kalau Anda sendiri, kira-kira akan bagaimanakah perjalanan dari ketiga tim promosi EPL 2017/2018 ini nantinya? Berikan pendapat terbaik Anda di kolom komentar. 😎
Share This :