hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Bermain Algoritma Untuk Menentukan Skuad Terbaik FPL

Bermain Algoritma Untuk Menentukan Skuad Terbaik FPL
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI, kata Algoritma memiliki arti : prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas. Singkatnya, Algoritma dapat diartikan sebagai kombinasi perhitungan dari beberapa langkah untuk memunculkan hasil yang dapat diukur. Misalnya ada algoritma pemrograman, dapat diartikan sebagai hitung-hitungan untuk menguraikan sebuah program untuk kemudian digunakan sebagai tujuan dari program itu sendiri. Bingung? Saya juga. 😂

Semakin maju peradaban manusia, semakin penting pula peranan sebuah algoritma. Dalam ranah sepakbola, algoritma dipakai dalam banyak bidang-bidang yang terkait dengannya. Seperti perhitungan membuat bola, perhitungan membuat stadion, hingga perhitungan kemampuan para pemain yang kemudian diaplikasikan dalam sebuah game misalnya. Algoritma yang digunakan untuk menghitung catatan-catatan yang berkaitan dengan sepakbola kemudian kita kenal juga dengan nama Statistik.

Lalu, bagaimana jika sebuah algoritma digunakan untuk menentukan skuad FPL? Ternyata sangat bisa. Algoritma yang dipakai dalam menentukan skuad FPL, yang sebagian besar akan didasarkan pada pendapatan poin seorang pemain, pada akhirnya memunculkan 2 kelompok besar persentase peluang sebuah tim, yakni persentase Mencetak Gol dan persentase Kemasukan Gol.

Sejak artikel ini saya tulis menjelang bergulirnya gameweek ke-7 EPL musim ini, semua data yang ditampilkan adalah data yang valid untuk pekan ke-7 saja. Algoritma diambil dari hasil game-game termutakhir, sejarah pertemuan kedua tim, hingga faktor cedera dari kedua kubu. Dan berikut adalah penampakan hasilnya.


Dari tabel di atas, kolom tabel sebelah kiri adalah hasil akhir dari algoritma tim yang berpeluang mencetak gol paling tinggi, sedangkan kolom tabel sebelah kanan adalah persentase tim mendapatkan clean sheet. Semakin tinggi angka yang tertera, semakin tinggi pula peluang sebuah tim mencetak gol maupun sebaliknya, mencetak clean sheet. Atau Anda bisa juga melihat dari warna pada kolom bersangkutan. Hijau berarti peluangnya sangat besar, sedangkan merah berarti sebaliknya. Sampai di sini apakah Anda sudah paham?

Jika sudah paham, Apakah Anda sudah dapat mulai menyusun skuad terbaik FPL Anda berdasarkan algoritma ini? Jika menilik tabel di atas, maka saran skuad terbaik untuk gameweek ke-7 adalah sebagai berikut (tanpa menghitung budget atau aturan apapun).


Manchester United menjadi tim yang para punggawanya seharusnya akan paling banyak mendulang poin di pekan ke-7 ini. 'Hanya' akan menghadapi Crystal Palace yang belum mampu mencetak sebiji gol pun musim ini, algoritma MU baik untuk lini serang maupun lini belakang akhirnya menjadi yang paling tinggi persentasenya. Di tempat kedua ada Arsenal yang seperti terlahir kembali. Hanya akan menghadapi Brighton yang baru berhasil mencetak 1 gol di partai away, para punggawa Arsenal mulai dari kiper sampai penyerang layak untuk dijadikan pilihan.

Sebenarnya, skuad Everton juga layak untuk dilirik karena memunculkan algoritma yang juga tinggi. Hanya saja penampilan yang kurang meyakinkan sampai pekan ke-6 lalu menjadikan kami enggan untuk memilih satu orang di antara mereka. Pilihan terakhir adalah Stoke City yang akan menghadapi Southampton, dimana kedua tim ini memiliki peluang clean sheet yang sama besarnya. Sebenarnya ini pilihan yang agak terburu-buru tadi. Anda dapat mengganti Choupo-Moting dengan Mohamed Salah, atau siapapun dari skuad Liverpool, yang memiliki persentase tertinggi kelima dalam urusan menjebol gawang lawan

Apakah persentase ini berlaku untuk pekan ke-8 nanti? Saya takut tidak. Mengapa? Karena persentase di pekan ke-8 nanti sedikit banyak akan tergantung dengan hasil di pekan ke-7 ini. Meski mungkin nilainya tak akan terlalu jauh berubah, tetap saja hasil yang tak terkira akan selalu menjadi faktor X yang bisa merusak seluruh algoritma. Lalu, selain di blog ini, darimana saja saya dapat menyusun skuad berdasarkan algoritma ini? Sangat banyak, Google adalah bantuan terbesar untuk mencari ide-ide menyusun skuad seperti ini. Algoritma hanyalah salah satu jalan untuk membentuk skuad idaman FPL Anda. Berusahalah. 😉

Share This :
avatar

Ini mantep artikelnya nih. Warbyazah

Delete 29 September 2017 at 23:07
avatar
Steven Oei person

Terima kasih ya gan :)

Delete 29 September 2017 at 23:14