hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

David Moyes, Pelatih Baru West Ham yang Disambut dengan Skeptis

David Moyes, Pelatih Baru West Ham yang Disambut dengan Skeptis

West Ham menunjuk mantan bos Everton dan Manchester United David Moyes sebagai manajer baru mereka pada hari Selasa setelah memecat Slaven Bilic menyusul serangkaian hasil buruk yang membuat klub tersebut terperosok di zona degradasi EPL musim ini. The Hammers berpisah dengan Bilic pada hari Senin, dua hari setelah kekalahan 1-4 di kandang sendiri atas Liverpool meyakinkan ketua koalisi David Sullivan dan David Gold bahwa klub tersebut membutuhkan perubahan untuk menghentikan tren penampilan yang buruk.

Lengsernya Bilic sejatinya menjadi pemandangan yang cukup menyedihkan untuk disaksikan. Mantan pemain The Hammers ini sukses mengantarkan West Ham ke posisi tertinggi musim lalu (ke-7) selama kiprahnya di Premier League. Awal-awal kepelatihan gaffer asal Kroasia itu bahkan dimulai dengan indah dengan mampu mengalahkan tim-tim besar seperti Arsenal dan Liverpool. Dimitri Payet kemudian menjadi salah satu pemain bintang yang paling diingat di era kepelatihannya dengan pertunjukan skill-nya yang aduhai. Bagaimanapun juga, Bilic jugalah pelatih terakhir yang menjadi saksi berakhirnya era Boleyn Ground sebagai markas WHU selama kurang lebih seabad. Melihatnya pergi dengan cara seperti ini (dipecat) jelas tak enak untuk disaksikan.

Mendekam di posisi ke-18 dengan hanya dua kemenangan dari 11 pertandingan, West Ham akhirnya mencoba mengakuisisi pengalaman Moyes di papan atas Liga Inggris dengan harapan tentu saja untuk dapat  mengangkat mereka keluar dari zona bahaya meskipun tahu catatan manajerial Moyes agak tak meyakinkan. Moyes telah diberi kontrak jangka pendek (6 bulan) dengan misi yang jelas yakni untuk mengangkat klub tersebut menjauh dari area degradasi dan masa depannya akan dievaluasi pada akhir musim nanti.

"Kami membutuhkan seseorang dengan pengalaman, pengetahuan tentang Liga Primer dan para pemain di dalamnya, dan kami yakin David adalah orang yang tepat untuk membalik keadaan dan mendapatkan yang terbaik dari para pemain di klub," kata Sullivan. "Dia sangat dihormati baik di luar maupun di dalam permainan, dan akan membawa ide, organisasi serta antusiasme baru di klub ini."

Namun alih-alih disambut dengan pelukan hangat, para pendukung The Hammers lebih suka menyambut Moyes dengan tatapan sinis dan sikap skeptis. Penyebabnya apalagi kalau bukan kegagalan demi kegagalan yang tercantum dalam curriculum vitae Moyes dalam beberapa tahun terakhir. Yang paling jelas terpampang nyata musim lalu, dimana Moyes sukses menenggelamkan Sunderland dan melemparnya ke divisi Championship.

Moyes memang cukup terkenal sebagai pelatih berpengalaman terlebih berkat 11 tahun masa baktinya yang cukup baik di Everton terhitung sejak tahun 2002, sebelum meninggalkan klub tersebut untuk menggantikan Sir Alex Ferguson di Manchester United untuk kemudian dipecat setelah hanya 10 bulan bertugas. Gagal di United, Moyes mencoba peruntungan di Spanyol dengan menangani Real Sociedad yang ternyata berakhir dengan tak kalah mengecewakannya, meski sempat memetik kemenangan bersejarah atas Barcelona.

Menarik ditunggu apakah Moyes memiliki peruntungan yang lebih baik di West Ham sejak klub ibukota tersebut di atas kertas jelas memiliki skuad maupun sumber daya yang lebih baik ketimbang Sunderland yang dihancurkannya. Menurut Anda, apakah West Ham akan menjadi lebih baik bersama Moyes, atau malah akan bernasib sama seperti Sunderland musim lalu? Berikan komentar Anda. 😌

Share This :