hasil bola, bola news, sepakbola dunia, berita bola hari ini, hasil pertandingan, score bola, live bola, berita bola dunia, dunia bola, hasil sepakbola, prediksi sepakbola, jadwal pertandingan, live streaming bola

Prediksi Juventus vs Barcelona, Matchday 5 Champions League 2017/2018

Prediksi Juventus vs Barcelona, Matchday 5 Champions League 2017/2018

Jika Bayern Munchen sering disebut banyak orang sebagai miniatur tim nasional Jerman, maka Juventus boleh dibilang adalah miniatur tim nasional Italia. Mengapa saya membahas hal ini? Terus terang saja, sejak timnas Italia dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2018 setelah lebih dari 50 tahun sebelumnya selalu ikut serta, ada rasa kehilangan yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata, dimana imbas rasa dari efek kehilangan ini mengarah langsung ke Juventus, tim duplikat versi mininya. Dalam sudut pandang awam, dengan tersingkirnya Italia dari perhelatan internasional, ada anggapan, bayangan, dugaan atau apapun Anda menyebutnya, bahwa pasukan The Old Lady akan selalu bermain dengan hati yang terluka.

Tentu saja itu tak sepenuhnya berkorelasi. Ada banyak stranieri alias tenaga asing di skuad Si Nyonya Tua yang menjadi andalan seperti sebut saja duo striker-nya yang berkebangsaan Argentina, Sami Khedira yang orang Jerman, atau Juan Cuadrado yang berdarah Amerika Latin. Mereka akan bermain seperti biasa dan tak peduli apakah Italia lolos ke Piala Dunia atau tidak. Tapi, rasa itu sulit dihilangkan. Sebagai klub yang selalu menjadi role model atau destinasi impian pemain-pemain lokal terbaik Italia, melihat mereka berjuang saat ini untuk kemudian menjadi penonton di ajang yang lebih bergengsi tahun depan, rasanya semuanya menjadi sia-sia belaka. Oke, Anda dapat mengabaikan hal ini. It's just my personal feeling.

Sial bagi Italia (mini) yang tengah berduka, mereka harus kedatangan musuh yang tak pernah diharapkan, Barcelona. Benar bahwa pasukan inilah yang menyingkirkan Blaugrana musim lalu di ajang yang sama, namun melihat bagaimana tren performa Messi dkk saat ini, Si Nyonya Tua pantas untuk khawatir. Barcelona memuncaki klasemen Grup D Liga Champions dengan hanya kebobolan 1 gol dari 4 pertandingan. Pasukan Ernesto Valverde juga mencatat rekor hampir sempurna di liga lokal Spanyol dan hanya kebobolan 4 gol sampai pekan ke-12, salah satu catatan paling baik yang pernah mereka raih dalam sejarah mereka sendiri.

Sebaliknya bagi tuan rumah Juventus, mereka baru saja mengalami kekalahan keduanya musim ini di Serie A, dan sudah kebobolan 14 gol dari 13 penampilan musim ini. Masih terhitung baik sebenarnya, namun untuk standar Juventus, angka ini sebenarnya boleh dibilang tak terlalu baik.

Meski sekilas Barcelona tampak jauh lebih superior, pasukan asal Catalan ternyata memiliki rekor tandang yang tak terlalu baik. Dalam 13 partai tandang terakhirnya di Liga Champions, Barcelona hanya bisa menang 5 kali dan sudah 5 kali pula menderita kekalahan. Dalam partai tandang termutakhir, Luis Suarez cs bahkan tak bisa memetik kemenangan atas tuan rumah Olympiakos, tim terlemah dalam Grup D Liga Champions musim ini. Sebaliknya bagi Juventus, mereka termasuk superior terlebih dalam konteks menjadi tuan rumah saat menjamu tim-tim asal Spanyol.

Dalam 14 tahun terakhir, Juventus mendapat kesempatan 24 kali menjamu tim-tim asal Negeri Matador di ranah Liga Champions dan hanya 1 yang berakhir dengan kekalahan. Kekalahan itu diderita atas Deportivo La Coruna pada musim 2003/2004 yang saat ini bahkan sudah tidak lagi menjadi tim kuat yang sama. Dengan catatan impresif seperti ini, sulit rasanya membayangkan Juventus akan kalah kali ini. Idealnya, pertandingan akan berakhir imbang demi keduanya memuluskan jalan untuk menuju babak selanjutnya. Namun kembali ke wacana awal prediksi ini, dimana saya lebih suka membayangkan Juventus akan bermain dengan mental yang sedikit terpuruk pasca gagalnya Italia melaju ke Piala Dunia, saya pribadi lebih suka memihak Barcelona untuk mendobrak tradisi sulit menang di kota Turin.

Prediksi skor Juventus vs Barcelona : 1-2
(hasil : Flashscore)
Share This :