Prediksi Real Madrid vs Barcelona, GW17, 23 Desember 2017

Prediksi Real Madrid vs Barcelona, GW17, 23 Desember 2017

Memasuki masa libur Natal, pecinta bola dunia akan disuguhi salah satu pertandingan sepakbola yang paling banyak disaksikan di seantero jagad, setiap tahunnya. Ya, inilah El Clasico, pertandingan yang mempertemukan Real Madrid dan Barcelona, dua tim yang dalam 2 dekade terakhir bisa dibilang sebagai dua kesebelasan terbaik di dunia. Untung bagi kita yang tinggal di Indonesia, pertandingan ini akan kick-off sekitar pukul 19.00 WIB, yang mana artinya kita tidak perlu harus bangun pagi-pagi untuk sekedar menyaksikan mega big match dari tanah Spanyol ini.

Dalam 3 musim terakhir, pencapaian kedua tim ini di klasemen hampir selalu berimbang dan saling tak berjauhan. Makanya menjelang El Clasico jilid I musim ini, keanehan tampak terlihat karena kini Madrid sudah tertinggal 11 poin (meski masih memiliki tabungan 1 pertandingan) dari Barcelona yang berada di puncak klasemen. Ini situasi yang tak biasa sekaligus a must win match untuk Madrid. Andai kalah dalam pertandingan ini, secara tersirat mereka sudah boleh melemparkan handuk untuk menyerahkan gelar juara mereka kepada sang bitter rival.

Secara Head 2 Head, Real masih unggul atas Barcelona walau sangat tipis, hanya selisih 4 kemenangan di semua ajang. Namun, dalam dua pertemuan terakhir di ajang liga di Santiago Bernabeu, tuan rumah justru selalu kalah. Pada musim 2015/2016, Real Madrid malah mengalami salah satu kekalahan paling memalukan atas rival beratnya ini, yakni ketika pasukan yang saat itu dilatih Rafael Benitez, dipermak 4 gol tanpa balas. Untuk satu dan beberapa alasan yang sulit dijelaskan dengan kata-kata, Blaugrana boleh dibilang setengah tingkat lebih baik dari Madrid. Setidaknya yang tampak saat ini pun demikian.

Membicarakan El Clasico saat ini tak akan lepas dari dua sosok, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Siapa yang lebih baik diantara keduanya? Saya yakin saya akan dihujat jika mengunggulkan salah satunya. Namun jika menilik dari rekor kedua individu istimewa tersebut dalam hubungannya dengan El Clasico, maka harus diakui bahwa Messi bisa dibilang setingkat lebih baik. Sang kapten Argentina secara luar biasa terlibat dalam 37 gol dari 36 partai El Clasico (24 gol dan 13 assists), sementara Ronaldo 'hanya' menyumbang 17 gol dan 2 assists dari 31 laga.

Jadi, apakah itu artinya Barcelona bisa memenangkan pertandingan ini atau paling tidak menghindari kekalahan? Kemungkinan untuk itu memang besar. Namun Real sejujurnya tengah mengalami tren yang membaik belakangan ini dengan puncaknya menjuarai Club World Cup beberapa saat lalu. Skuad Los Merengues juga boleh dibilang lebih komplit kali ini karena punggawa utama hampir tidak ada yang terganjal cedera atau akumulasi kartu. Sementara Barcelona kehilangan Samuel Umtiti, Ousmane Dembele dan kemungkinan juga Rafinha, yang saya pikir akan membuat Ernesto Valverde memainkan taktik yang berbeda.

Prediksi skor Real Madrid vs Barcelona : 2-1
(Hasil : Livescore)
Share This :