Review Pekan ke-23 EPL 2017/2018

Review Pekan ke-23 EPL 2017/2018

Tak ada yang lebih layak dibahas pada pekan ini selain terjungkalnya sang pimpinan klasemen sementara Manchester City oleh Liverpool dalam pertandingan mendebarkan dengan skor yang cukup mencolok, 4-3. Pertandingannya sendiri berjalan cukup menarik namun saya pikir bukan yang terbaik sejauh ini. Barisan penyerang tuan rumah Liverpool tampil ganas seperti biasanya, namun barisan pertahanan City justru tampak tak begitu terorganisir dengan baik. Belum lagi penampilan kiper Loris Karius yang bak pemain bola amatir, menjadikan level pertandingan ini sedikit menurun meski tercipta banyak gol.

Lebih konyol lagi, Juergen Klopp mengatakan kepada media bahwa ia begitu yakin untuk menjadikan Karius sebagai kiper nomer 1 Liverpool. Entah ia hanya bercanda atau sekedar melindungi pemainnya dari cercaan pers Inggris yang terkenal jahat, saya pikir jika rencana ini benar terealisasi, Liverpool akan menghadapi banyak masalah di kemudian hari. Saya sendiri tak paham bagaimana karir Karius di Jerman, namun dari yang terlihat di sepanjang musim ini di tanah Inggris, Karius rasanya belum layak untuk menjadi kiper nomer 1 The Reds.

Untuk Manchester City sendiri, mungkin kehilangan David Silva menjadi masalah paling serius bagi Pep Guardiola. Sejauh ini, berkat poros segitiga Kevin de Bruyne, Fernandinho dan David Silva-lah yang sukses membuat City menjadi penguasa tunggal kompetisi dan memecahkan berbagai macam rekor. Kehilangan Silva cukup kentara terasa karena meski City berhasil mendominasi ball possessions, namun tak benar-benar sukses mendikte Liverpool. Bernardo Silva ataupun Ilkay Gundogan sebagai pengganti David Silva cukup dapat diandalkan namun keduanya memiliki gaya bermain yang sangat berbeda. Ini PR untuk Pep.

Jarak City dengan peringkat kedua kini terpangkas menjadi 12 poin setelah Manchester United sukses meraup poin penuh di pertandingan terakhir gameweek ini. Walau saya tak begitu yakin City akan terkudeta dari posisinya dalam 15 partai sisa musim ini, namun yang jelas apapun masih mungkin terjadi. Untuk sementara ini, kita perlu memberikan applause yang meriah kepada Liverpool karena berhasil menjadi tim pertama yang menorehkan kekalahan kepada City setelah lebih dari setengah musim berjalan dengan jumawa. 🙌🙌

Share This :