Review Pekan ke-28 EPL 2017/2018

Review Pekan ke-28 EPL 2017/2018
Review Pekan ke-28 EPL 2017/2018

Liverpool 4-1 West Ham United
Dengan performa seperti ini, saya pikir Liverpool lebih layak berada di top 2 ketimbang Manchester United. Mohamed Salah terus menerus menjadi buah bibir sejak hampir selalu terlibat dalam gol yang dicetak Liverpool tiap pekan. Ya, tiap pekan! Saya sangat berharap Liverpool dapat menjadi penantang serius gelar juara untuk musim depan. Semoga tidak ada degradasi performa di skuad mereka dan musim ini saya harap bukan puncak dari permainan mereka. Ayo Pool, kamu bisa!

Manchester United 2-1 Chelsea 
Meski menang, saya lagi-lagi tak melihat MU bermain dengan gaya yang ingin saya lihat. Kebobolan terlebih dulu di pertandingan ini rasanya menjadi wajar karena lagi-lagi MU bermain defensif (terutama di babak pertama) meski bermain di kandang sendiri. Barulah di babak kedua MU dapat bermain lebih lugas sehingga mampu menekan pertahanan Chelsea. Namun, pada poin ini juga saya menyadari bahwa jika MU lebih memaksakan diri untuk bermain menyerang, pertahanan mereka menjadi sedikit lebih longgar. Beruntung, Chelsea tak dapat memaksimalkan longgarnya lini pertahanan MU di babak kedua. Sedikit banyak, saya jadi lebih memahami mengapa Jose Mourinho keukeuh mempertahankan pola permainan defensifnya. Mungkin memang karena kualitas lini belakangnya yang kurang mumpuni. Sebuah kemenangan yang berharga di tengah kejaran dari para pesaing yang terus mendekat.

Arsenal 0-3 Manchester City
Ada apa denganmu, Monsieur Wenger? Bisa jadi ini adalah salah satu degradasi performa yang bisa saya rasakan dan lihat dengan nyata terjadi perlahan namun pasti dari tahun ke tahun. Musim lalu saya pikir Arsenalnya Arsene Wenger berada di titik paling nadirnya karena terlempar ke posisi 6 klasemen akhir dan otomatis memutus rantai reguler mereka di Liga Champions. Namun ternyata degradasi penampilan itu belum berakhir. Musim ini nyatanya performa mereka satu level lebih buruk lagi ketimbang musim lalu. Ada gosip para petinggi The Gunners sudah kasak-kusuk menyiapkan pengganti Wenger untuk musim depan. Langkah yang saya pikir sudah harus mereka lakukan beberapa musim yang lalu. Saya sangat menghormati bagaimana Wenger mengubah wajah Arsenal bahkan Liga Inggris secara keseluruhan. Tapi it's time to say goodbye. Sesuatu harus berubah dan memensiunkan Wenger adalah jalan paling tepat untuk Arsenal.

Share This :